Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Taman, Bukit

Taman Wisata Kopeng Semarang

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng - foto @wisata_oke

Taman Wisata Kopeng Semarang adalah salah satu destinasi wisata terbaru yang ada di kabupaten Semarang dan tempat wisata ini kini tengah menyita banyak perhatian wisatawan karena menjadi salah satu tempat rekreasi atau tempat liburan keluarga baru di Semarang.

Hutan Pinus di Taman Wisata Kopeng

Hutan Pinus di Taman Wisata Kopeng – foto @dykap21

Taman Wisata Kopeng ini berada tepat di kaki gunung Merbabu yakni salah satu gunung terindah dan tertinggid di Jawa Tengah selain gunung Slamet. Kawasan yang ada di  Taman Wisata Kopeng juga sudah termasuk  kedalam daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.450 meter dari atas permukaan laut. Makanya udara dan Hawa ditempat ini sangat sejuk.

Baca juga ya :

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng – foto @wisata_oke

Selain itu juga Taman Wisata Kopeng Semarang memiliki banyak sekali fasilitas wisata yang bisa dinikmati para pengunjung baik itu aktivitas outdoor, atraksi maupun kuliner.

Kalo Soal pemandangan alamnya jangan ditanya, Taman Wisata Kopeng Semarang menyuguhkan keindahan alam yang khas dengan nuansa pegunungan. Bahkan deretan pohon pinus dilerang-lereng bukit akan menambah keindahan tersendiri pada tempat ini.

Lokasi Taman Wisata Kopeng Semarang

Bagi temen-temen yang ingin datang melihat langsung keindahan Taman Wisata Kopeng, Lokasi Taman Wisata Kopeng Semarang ini berad adi Jalan Raya Salatiga – Magelang KM 15, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, provinsi Jawa Tengah. Taman Wisata Kopeng Semarang berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota Semarang.

Lokasi  Taman Wisata Kopeng

Pemandangan alam di Taman Wisata Kopeng – foto @asolechan

Sebenarnya secara jarak, Taman Wisata Kopeng Semarang ini jauh lebih dekat jika ditempuh dari kota Salatiga dibandingkan jika ditempuh dari kota Semarang atau Jogjakarta. Makanya banyak wisatawan yang beranggapan jika Taman Wisata Kopeng ini adalah tempat wisata di kota Salatiga.

Cara Menuju Taman Wisata Kopeng Semarang

Seperti yang sudah disampaikan diatas jika Taman Wisata Kopeng Semarang ini berada di kecamatan Getasan yang masih masuk wilayah Kabupaten Semarang. Lokasi tepatnya berada dijalur lintas Salatiga – Magelang.

Dari Arah Kota Semarang 

Jika kalian datang dari arah kota Semaranf, maka arahkan laju kendaraan menuju Jalan Lingkar Selatan Salatiga, atau bisa juga melalui Jalan Muncul Raya. Nah jika kalian melewati rute Jalan Lingkar Selatan Salatiga maka kalian tinggal lurus saja ke arah Selatan sampai tiba di Jl Kyai Mbilung.

Baca juga ya :

Taman di Taman Wisata Kopeng

Taman di Taman Wisata Kopeng – foto @soedomofjc

Dari sana kalian tinggal Ikuti saja Jalan Kyai Mbilung kemudian menuju Jalan Wonosari Pakis hingga menuju ke Pasar Getasan.Jika kalian bertemu dengan sebuah pasar nah itu adalah Pasar Tradisional Pasar Kopeng. Tidak jauh dari Pasar Kopeng ini kalian akan menjumpai sebuah baliho besar berisi informasi tentang Taman Wisata Kopeng yang artinya kalian sudah sampai.

Dari Arah Yogyakarta

Buat kalian yang datang dari Jogjakarta, kalian harus melewati  jalur Muntilan lalu Sawangan. Sebenarnya secara jarak dari Joagjakarta ke  Taman Wisata Kopeng Semarang Ini lumayan jauh yakni hampir mencapai 2-3 jam perjalanan dengan kendaraan motor atau mobil.

Kulineran di Taman Wisata Kopeng

Kulineran di Taman Wisata Kopeng – foto @tamanwisatakopeng

Setibanya kita di Sawangan hingga bertemu di perempatan lampu merah, arahkan kendaraanmu menuju ke kanan atau ikuti rambu petunjuk arah menuju kawasan Ketep. Llau kalian tinggal arahkan saja menuju Pasar Kopeng hingga akhirnya berjumpa dengan Taman Wisata Kopeng. Tapi jika kalian masih bingung, kalian bisa menggunakan maps atau ditanyakan langsung ke warga.

Fasilitas dan Wahana Taman Wisata Kopeng Semarang

Taman Wisata Kopeng Semarang ini memeiliki banyak sekali fasilitas atau wahana umum yang menjadi pilihan par apengunjung. Jika kalian tertarik dengan aktifitas menantang dan memacu adrenalin seperti Atv, flaying Fox hingga Paint Ball tersedia ditempat ini.

wahana Atv di Taman Wisata Kopeng

wahana Atv di Taman Wisata Kopeng

Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola Taman Wisata Kopeng Semarang ini adalah wahana kolam renang baik untuk anak maupun orang dewasa dan juga arena camping ceria maupun berkuda. Bahkan karena Taman Wisata Kopeng Semarang ini menjadi wisata pilihan keluarga maka sudah dibangun tempat bermain khusus anak-anak alias playground.

Kolam Renang di Taman Wisata Kopeng

Kolam Renang di Taman Wisata Kopeng – foto @ahmadyuanaputra

Di Taman Wisata Kopeng Semarang juga sudah ada resortnya loh jadi kalian bisa menginap disini. Tercatat ada 19 kamar dan 9 unit Resort. Ditempat ini juga kita bisa bermain bilyard hingga menikmati kawasan kuliner khas Jawa maupun modern yang sangat menggugah selera.

Pasar buah Taman Wisata Kopeng

Pasar buah Taman Wisata Kopeng – @griyabatiknuri

Sementara untuk fasilitas umum lainnya yakni Toilet yang bersih, parkiran yang luas, masjid atau mushola, toko souvenir hingga ada pasar sayur segar yang dijual langsung oleh petani disekitar kawasan Taman Wisata Kopeng.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kopeng

Tertarik untuk datang ke Taman Wisata Kopeng ini? Tenang saja guys karena saat ini harga tiketnya masih sangat terjangkau yakni hanya dikenakan HTM sebesar Rp 10 ribu per pengunjung.

Taman Wisata Kopeng Semarang

Taman Wisata Kopeng Semarang – foto @ayusilvia51

Namun bagi kalian yang ingin menikmati wahana lainnya, kalian masih harus membayar lagi untuk masing-masing wahana yang kalian coba. Harganya beragam mulai dari Rp 15.000 – 35.000 per wahana.

CATATAN

  1. Untuk Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi (0298) 318344.
  2. Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kopeng : Rp 10.000
  3. Jam Operasional Taman Wisata Kopeng : 08.00 – 16.30 WIB

Leave a Reply