Taman, Taman Nasional

Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Terbesar Di Asia Tenggara

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz - Sumber: Google Maps/Zulkifli SE

Taman Nasional Lorentz – Apa kamu mencari taman nasional terbesar di Asia Tenggara? Maka kamu tidak perlu jauh-jau ke luar negeri karena taman tersebut berada di Indonesia.

Ya, Taman Nasional Lorentz saat ini masih dinobatkan sebagai taman nasional paling besar yang ada di Asia Tenggara.

Memang masih ada beberapa orang yang belum mengenal Taman Nasional Lorentz, namun bukan berarti taman in tidak terkenal.

baca juga :

Pemandangan Taman Nasional Lorentz. Foto: travel.kompas.com

Pemandangan Taman Nasional Lorentz. Foto: travel.kompas.com

Setiap hari, ada banyak wisatawan yang datang ke Taman Nasional Lorentz. Mereka yang datang bukan hanya dari Indonesia melainkan dari luar negeri.

Wisatawan yang datang ke sini ingin mengetahui kira-kira seperti apa taman yang paling besar di Asia Tenggara atau Asia Pasifik tersebut.

Ditambah lagi ketika UNESCO memasukkan Taman Nasional Lorentz sebagai salah satu situs warisan dunia, wisatawan yang datang ke sini pun semakin banyak.

Lokasi Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Terbesar Di Asia Tenggara 2

Lokasi Taman Nasional Lorentz, Foto: muffingraphics.com

Sebenarnya letak Taman Nasional Lorentz ada di beberapa kabupaten, yakni Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Fak-Fak, Kabupaten Pantai, dan Kabupaten Merauke.

Sebagai sebuah taman dengan konseverasi yang paling luas dan juga memiliki ekosistem yang paling lengkap di Asia Pasifik, Taman Nasional Lorentz membentang luas dari puncak Pegunungan Cartenz sampai menuju tepi Laut Arafura.

Daya Tarik Taman Nasional Lorentz

1. Memiliki banyak koleksi flora dan fauna

Keindahan Taman Nasional Lorentz bisa kamu lihat dari banyaknya flora dan fauna yang ada di sini. Beberapa tumbuhan yang bisa kamu jumpai dan hidup subur di sini seperti nipah dan bakau.

flora di Taman Nasional Lorentz

flora di Taman Nasional Lorentz – foto ig @lorentznationalpark

Sementara untuk koleksi fauna, setidaknya ada 123 jenis mamalia dan kurang lebih 630 jenis burung yang hidup di taman nasional terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Beberap hewan yang tinggi di sini antara lain: kucing hutang, walabi, kanguru pohon, babi moncong panjang dan duri pendek, dan masih banyak yang lainnya.

Sementara untuk burung yang tinggal di sini antara lain: cendrawasih ekor panjang, burung puyuh salju, kasuari, dan lain sebagainya.

2. Pusat ekosistem hayati terlengkap

Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Terbesar Di Asia Tenggara 3

Pusat ekosistem hayati terlengkap, Foto: muffingraphics.com

Taman Nasional Lorentz merupakan sebuah tempat dengan ekosistem hayati paling lengkap dibandingkan seluruh taman nasionanl di Asia Tenggara.

Taman ini mencakup semua ekosistem jika ditinjau dari keberagaman ekosistemnya, seperti ekosistem pesisir, hutan rawa, perairan laut, hutan rawa air payau, hutan pantai, hutan dataran rendah, hutan pegunungan rendah, sub alpin, hutan pegunungan tinggi, hutan pegunungan salju abadi, serta ekosistem alpin.

Koleksi spesies yang ada di sini pun juga ikut berkontribusi terhadap kekayaan hayati di Papua.

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz – Sumber: Google Maps/Zulkifli SE

Bayangkan saja, di sini kamu akan menemukan sekitar 123 spesies mamalia, 150 amfibi dan juga reptil, 1500 jenis tumbuhan yang berbunga, 411 jenis burung, dan lain-lain.

3. Taman Nasional Lorentz Memiliki 34 vegetasi

Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga

Wisata Taman Nasional Lorentz Nduga – sumber: IdnTimes.com

Taman nasional terbesar di Asia Tenggara ini juga memiliki setidaknya 34 vegetasi diantaranya: hutan sagi, hutan tepi sungai,  hutan rawa, padang rumput, dan lain sebagainya.

Kekayaan inilah yang menyebabkan Taman Nasional Lorentz dianugerahi oleh kekayaan tambang dan mineral yang sangat banyak.

Di sini juga kamu akan menemukan sebuah keunikan dimana kamu akan melihat sungai yang menghilang ke dalam tanah.

3. Kekayaan budaya

Taman Nasional Lorentz di Kabupaten Paniai. Foto: www.goodnewsfromindonesia.id

Taman Nasional Lorentz di Kabupaten Paniai. Foto: www.goodnewsfromindonesia.id

Taman Nasional Lorentz juga memiliki anugerah yang lainnya yakni keberagaman budaya yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang datang ke sini.

Selain itu, usia dari kebudayaan yang ada di taman ini mencapai 30 ribu tahun. Banyak suku yang hidup berdampingan seperti suku Amungme, suku Asmat, suku Nduga, suku Sempan, Suku Dani Barat, dan masih banyak suku yang lainnya.

Dijamin kamu akan langsung tertarik untuk melihat dan mempelajari tentang suku-suku tersebut.

bagaimana? kamu terarik datang ke Taman Nasional Lorentz langsung?

 

Leave a Reply