Taman Gandrung Terakota, Destinasi Wisata Dengan “Gandrung Sewu” yang Memikat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Taman

Taman Gandrung Terakota, Destinasi Wisata Dengan “Gandrung Sewu” yang Memikat

taman gandrung terakota

travel.tribunnews.com

Lokasi Taman Gandrung Terakota

Berbicara tentang Banyuwangi, maka Banyuwangi identik sebagai Kota Gandrung. Gandrung sendiri merupakan tarian selamat datang. Gandrung akan ada dimanapun, baik itu di kegiatan formal, maupun non formal. Tari Gandrung akan selalu tampil sebagai pembuka acara.

taman gandrung terakota

kemenpar.go.id

Nah untuk sekarang, setiap tahun kamu bisa menyaksikan festival Gandrung Sewu, dimana kamu bisa melihat seribu patung penari Gandrung yang ditempatkan secara cantik di hamparan sawah yang hijau. Tempat ini dinamakan Taman Gandrung Terakota.

Taman Gandrung Terakota sendiri terletak di sebuah penginapan bernuansa seni, tepatnya di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi. Letaknya memang cukup jauh dengan Kota Banyuwangi, tetapi dekat sekali dengan alam.

Daya Tarik Taman Gandrung Terakota

Saat masuk ke dalam kawasan Taman Gandrung Terakota, kamu akan disambut barisan ratusan patung penari yang tersebar di berbagai spot persawahan. Patung tersebut ditempatkan di lahan persawahan terasering yang merupakan sawah produktif dengan luas 3 hektar.

Patung tersebut diletakkan berjajar di empat sudut berbeda di pinggiran sawah. Meskipun begit, sawah tetap dibiarkan ditumbuhi padi. Sehingga keberadaan patung menyatu dengan alam sekitar. Patung tersebut terus ditambah sampai mencapai 1000 patung Gandrung.

taman gandrung terakota

travel.tribunnews.com

Leave a Reply