Tapi Ingat Pulang

Alam, Pantai, Uncategorised

Mengunjungi Pantai Cacalan di Banyuwangi, Spot untuk Melihat Sunrise yang Cantik

Pantai Cacalan

Pantai Cacalan - Sumber: Catatannobi.com

Mungkin kalian masih asing dengan Pantai Cacalan di Banyuwangi. Terlebih lagi ada pantai serupa yang lebih populer dengan ombak besarnya yang disukai para peselancar internasional yakni Pantai Pulau Merah. Namun Pantai Cacalan ini juga nggak kalah menarik dan indah jika dibandingkan dengan pantai lain di Banyuwangi. Pantai Cacalan di Banyuwangi ini menawarkan daya tarik wisata yang unik bagi wisatawan.

Pantai yang terletak di Lingkungan Sukowidi, Kabupaten Banyuwangi ini sudah layak dan menarik untuk dikunjungi wisatawan. Pantai Cacalan kini sudah lebih terawat dan menarik jika dibandingkan dulu. Berbagai spot menarik seperti ayunan dan tempat duduk sudah tersedia agar wisatawan yang datang bisa lebih nyaman berada di Pantai Cacalan ini.

Nah, untuk kalian yang penasaran dengan Pantai Cacalan di Banyuwangi yang ramai di kalangan masyarakat mulai tahun 2017 ketiak lingkungannya semakin terawatt, mari simak informasi singkat mengenai Pantai Cacalan di Banyuwangi ini.

Sejarah nama Pantai Cacalan

Pantai Cacalan

Pantai Cacalan di Banyuwangi -Sumber: Joecandra.com

Sebenarnya sejarah mengenai asal-usul nama Pantai Cacalan di Banyuwangi ini tidak diketahui pasti, apalagi dulunya pantai ini tidak dikenal masyarakat dan jarang dikunjungi wisatawan. Sehingga pemberian nama Pantai Cacalan pun bukanlah hal yang penuh arti historis tertentu.

Namun menurut masyarakat sekitar Pantai Cacalan, pantai ini dinamakan demikian karena di sekitaran pantai ini banyak ditumbuhi pohon Jajang atau Bambu. Pada saat itu hendak dibuka lahan pertanian sehingga pohon tersebut di cacal atau di pacul untuk sebutan lainnya. Karena itu namanya menjadi Pantai Cacalan.

Baca Juga ya : 

Daya Tarik Pantai Cacalan di Banyuwangi

Pantai Cacalan

Sunset di Pantai Cacalan -Sumber: Catatannobi.com

Berlokasi di bagian Timur Pulau Jawa, Banyuwangi dikenal menyimpan pantai-pantai indah yang terkenal sampai ke mancanegara. Pesona pantai di Banyuwangi memang berbeda, dan salah satunya adalah Pantai Cacalan yang berada di Banyuwangi. Pantai ini pun juga jadi incaran para wisatawan karena keindahannya.

Jarak Pantai Cacalan dan pusat Kota Banyuwangi hanya sekitar 5 km saja. Sehingga akses untuk sampai ke Pantai Cacalan tidak terlalu sulit. Lokasinya juga sangat dekat dengan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, jadi buat kalian yang lagi keliling di daerah Banyuwangi bisa banget untuk menunjungi Pantai Cacalan ini.

Di Pantai Cacalan ini, kalian dapat menikmati keindahan perairan Selat Bali dari lepas Pantai Cacalan. Bisa juga melakukan aktivitas seru seperti bermain dan berolahraga di bibir pantai, lalu jika wisatawan ingin ke tengah laut, tersedia perahu yang disewakan oleh masyarakat sekitar.

Perahu tersebut juga bisa membawa wisatawan menyeberang ke Pulau Santen dan Pantai Boom. Pemandangan rerumpuan dan perairan yang menyatu menjadikan Pantai Cacalan ini punya view yang istimewa dan menarik untuk dijelajahi.

Pantai Cacalan di Banyuwangi ini terbagi menjadi dua area. Area pertama dengan luas sekitar 1.2 hektar yang berada di sepanjang garis pantai. Sedangkan 2.2 hektar lainnya merupakan bangunan yang dibangun oleh pemerintah setempat menjadi fasilitas publik seperti area playground anak-anak, restoran, toilet, dan tempat beristirahat.

Baca Juga ya : 

Berburu sunset indah di Pantai Cacalan

Pantai Cacalan

Sunset dPantai Cacalandi banyuwangi – Sumber: travelkompas.com

Bukan hal asing lagi kalo wisatawan banyak datang ke Pantai Cacalan ini karena ingin berburu matahari terbit yang katanya sangat menawan. Namun kalian perlu memperhatikan waktu yang tepat ketika berniat melihat sunrise Pantai Cacalan. Karena jika kalian terlambat, maka kesempatan untuk melihat sunrise yang cantik pun akan terlewatkan.

Jika ingin merasakan pengalaman yang berbeda, Pantai Cacalan bisa jadi tempat yang tepat. Posisinya yang manhadap ke timur dan utara sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbit. Waktu yang paling tepat untuk melihat sunrise di Pantai Cacalan adalah pukul 4.30 pagi. Namun wisatawan diharapkan datang lebih awal agar bisa melihat matahri terbut mulai dari gelap hingga muncul dengan sempurna.

Tak salah jika Banyuwangi diberi julukan The Sunrise of Java karena kebanyakan pantai dengan pemandangan sunrise terbaik ada di Banyuwangi, salah satunya adalah Pantai Cacalan ini.

Nah, itulah sekilas mengenai Pantai Cacalan, salah satu pantai di Banyuwangi yang populer karena pemandangan matahari terbitnya yang menawan. Kapan, nih berencana mengunjungi Pantai Cacalan di Banyuwangi?

Leave a Reply