Sejarah Dan Makna Tari Keurseus - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat, Budaya

Sejarah Dan Makna Tari Keurseus

Tari Keurseus

Tari Keurseus

Tari Keurseus – Tari Keurseus adalah tarian tradisional dari Rancaekek, Jawa Barat, dan merupakan tarian pergaulan di kalangan menak atau bangsawan Sunda tempo dulu.

Tarian ini sendiri tercipta dariĀ hasil proses perkembangan gerak-gerak tari Tayuban, yakni gerakan menarinya laki – laki dengan kain dan bendo serta baju bagus lalu menghadapi beberapa orang ronggeng.

Bagaimana sejarah dan makna Tari Keurseus?

Untuk selanjutnya membahas lebih dalam sejarah dan makna Tari Keurseus, simak rangkumannya di bawah ini.

Ketahui juga Tari Adat Tradisional Dari Jawa Barat yang lainnya.

Sejarah Dan Makna Tari Keurseus

Sejarah dan makna Tari Keurseus erat kaitannya dengan Tari Tayub. Tarian ini memiliki gerak tari yang tidak berpola khusus sehingga setiap penari bebas menarikan gerakan yang diinginkan.

Tari Keurseus

Tari Keurseus – youtube Solihin Ahmed

Hal tersebutlah yang membuat tarian tayub kadang kala tidak terkendali kemudian menjadi ajang silaturahmi antar penari dan arena perebutan ronggeng di bawah pengaruh minuman keras.

Sekelompok penggemar nayuban tidak menyukai hal demikian sehingga mereka berusaha menertibkan tariannya. Mulai dari situ tarian pun mulai diberi struktur dalam gerakannya yang kemudian disebut Ibing Patokan.

Salah satu pelopornya adalah R. Gandakoesoemah, seorang Bupati Sumedang, yang di kalangan seni tari Sunda juga dikenal dengan nama Aom Doyot. Pada saat itu ia merupakan Camat Leuwiliang Bogor.

Aom Doyot menjadi panutan bagiĀ  R. Sambas Wirakoesoemah yang masih kerabat Bupati Sumedang tersebut. Beliau kemudian meningkatkan lagi Ibing Patokan, mulai dari gerakan sampai struktur tariannya.

Dari sinilah kemudian lahir istilah Tari Keurseus, sebagai bagian dari sejarah dan makna Tari Keurseus.

Tari Keurseus

Tari Keurseus – Foto: asepndog

Leave a Reply