Tapi Ingat Pulang

Masjid

Pesona Masjid Al Fathu Soreang Bandung yang Megah

Masjid Agung Al Fathu Soreang di Soreang

Masjid Agung Al Fathu Soreang di Soreang - foto ig @mulkisalman

Masjid Al Fathu Soreang – Kota Bandung terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang patut untuk kalian kunjungi. Mulai dari tempat wisata alam, tempat wisata dengan spot yang instagramable, wisata kuliner yang kekinian, dan juga wisata sejarahnya.

Namun, terlepas dari itu semua ternyata di kota Bandung ini juga terdapat destinasi wisata religi yakni dengan adanya bangunan Masjid yang berdiri kota ini.

Masjid Agung Al Fathu Soreang

Masjid Agung Al Fathu Soreang – foto ig @mulkisalman

Salah satu Masjid yang megah dan konon sedang mengalami tahap pembangunan ini adalah Masjid Al-Fathu yang lokasinya berada di daerah Soreang, Bandung Jawa Barat

Seperti yang kita ketahui, masjid adalah  rumah ibadah umat muslim untuk melaksanakan salat lima waktu dan juga bisa menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Kemudian, masjid juga bisa dijadikan tujuan wisata religi. Biasanya keindahan bangunan masjid itu berasal dari desain arsitektur masing-masing sehingga punya ciri khas tersendiri.

Masjid Agung Al Fathu Soreang  di Soreang

Masjid Agung Al Fathu Soreang di Soreang – foto ig @mulkisalman

Pada dasarnya setiap daerah mempunyai desain arsitektur yang berbeda-beda termasuk di kota Bandung ini yang mempunyai bangunan masjid dengan gaya yang unik dan megah.

Maka tak heran apabila banyak wisatawan dari luar daerah ingin berkunjung ke kota Bandung dan ingin lebih dekat mengetahui bangunan masjid tersebut serta  dapat menikmati segala aktivitas di dalamnya.

Masjid Agung Al Fathu Soreang

Masjid Agung Al Fathu Soreang – foto ig @nasrullah.mauludin

Sementara itu, dapat mengabadikan bangunan masjid dengan kamera bisa menjadi hal yang luar biasa.

Meskipun masjid adalah tempat ibadah yang suci, tetapi sekarang ini masyarakat umum sudah lebih terbuka dan memperbolehkan orang luar untuk mengunjungi masjid yang ada di daerahnya.

Daya Tarik Masjid Al-Fathu Soreang Bandung

1. Awal mula berdirinya Masjid Al-Fathu

Masjid Al-Fathu Soreang

Masjid Al-Fathu Soreang, foto: ig/ pesonakabupatenbandung

Awal mula berdirinya Masjid Agung Al-Fathu ini sudah cukup lama yakni pada tahun 1985 di Soreang, Kabupaten Bandung.

Berdirinya Masjid ini juga bebarengan dengan kepindahan Ibukota Kabupaten Bandung dari Baleendah ke Soreang.

Pada saat itu, para Ulama dan Umaro setempat telah sepakat untuk menjadikan peristiwa perpindahan yang merujuk pada hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah yang tengah membangun masjid pertama, yakni Masjid Quba.

Masjid Agung Al Fathu Soreang

Masjid Agung Al Fathu Soreang – foto ig @niks.photograph

Hal ini sama juga dengan Masjid Agung Al fathu dimana terjadi perpindahan pemerintahan Ibukota dan diawali juga dengan peletakan batu pertama Masjid Agung Kabupaten Bandung Soreang.

Pemberian nama Masjid ini pun dilakukan oleh para Ulama saat melaksanakan sholat Istikharoh dan memetik dari Surat An-Nasr Ayat I : Al-Fathu yang berarti Kemenangan.

Jadi bisa dibilang Masjid Al-Fathu ini memiliki nilai sejarah, budaya dan juga religi yang kental. Ternyata ada filosofi yang bagus dan menarik di balik awal mula bangunan ini berdiri kokoh hingga saat ini.

2. Pesona Masjid Agung Al-Fathu Soreang Bandung

Pembangunan Skywalk di Masjid Al-Fathu

Pembangunan Skywalk di Masjid Al-Fathu, foto: ig/ cimahidrone

Masjid Agung Al-Fathu ini awalnya dibangun pada lahan milik warga yang dibeli oleh Pemerintah. Kemudian Masjid ini dibangun pada lahan seluas 2000  meter persegi. Wah, sungguh megah sekali tentunya.

Proses pembangunan Masjid Al-Fathu bisa berdiri dari APBD dan juga tidak lepas dari kontribusi masyarakat yang ikut memberikan sumbangan bantuan melalui infaq.

Masjid Al-Fathu Soreang ini mempunyai desain arsitektur khas Jawa Barat yang dikenal dengan istilah Julang Ngapak. Lalu, pada bagian atap masjidnya, tidak mempunyai kubah.

Tepatnya pada 25 Agustus 1995 Masjid ini baru diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat yang tengah menjabat waktu itu adalah R. Nuryana.

Masjid Agung Al Fathu Soreang  di Soreang Kab Bandung

Masjid Agung Al Fathu Soreang di Soreang Kab Bandung – foto ig @cahya_2108

Hingga pada tahun 2007, Pemerintah Jawa Barat mengucurkan bantuan kepada Dewan Kemakmuran Masjid Agung Al-Fathu Soreang Kabupaten Bandung untuk melakukan renovasi pada Masjid Agung Al-Fathu. Termasuk dibangunlah kubah.

Sekarang ini di sekitar Masjid sudah dikelilingi bangunan lain seperti Gedong Sabilulungan, Bale Rame dan juga Gedung Science.

Lalu informasi terakhir tahun 2020 kemarin sedang dibangun skywalk atau pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) yang menghubungkan Masjid Al Fathu dan Gedong Budaya Sabilulungan.

Nantinya hal ini berfungsi sebagai salah satu pusat perekonomian serta layanan masyarakat terpadu dan ditargetkan pembangunan tahap dua rampung pada akhir 2020.

Lokasi Masjid Al Fathu Soreang Bandung

Lokasi Masjid ini berada di kompleks Pemkab Bandung, tepatnya di seberang Taman Soreang Gedong Sabilulungan, Bale Rame dan juga Gedung Science.

Bangunan ini akan terlihat apabila kalian keluar dari jalan Tol Soroja Soreang.

Sumber: soreangku.com, wisatabandung.com

Leave a Reply