Pendakian Gunung Dukono, Tobelo Halmahera Utara - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Gunung, Info Pendakian, Pendaki

Pendakian Gunung Dukono, Tobelo Halmahera Utara

pendakian Gunung Dukono di halmahera

pendakian Gunung Dukono di halmahera - dimensinews.co.idfoto

Gunung Dukono – Pesona alam Indonesia tidak pernah ada habisnya, salah satunya di Pulau Halmahera. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Kepulauan Maluku, dan memiliki luas area sekitar 17.780 km2 dan populasi penduduk sebanyak 162.728 jiwa. Terbagi menjadi 10 kabupaten diantaranya: Kabupaten Halmahera, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Kepulauan Morotai, Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Pulau Talibau.

Pulau-Tawale-Pulau-Kasiruta-Halmahera-Selatan-Maluku-Utara-1

Pulau Halmahera, Foto: keposiasi.com

Tobelo merupakan suatu kawasan yang menyimpan banyak panorama alam yang dikelilingi dengan pulau-pulau kecil disekitarnya. Selain pantai dan telaganya yang mempesona, ternyata di Pulau Halmahera terdapat gunung dengan pemandangan yang menakjubkan.

Salah satunya gunung dukono, yang merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga kini. Memiliki ketinggian mencapai 1.185 mdpl, dengan profil agak melebar dan terdapat beberapa puncak dalam satu kompleks Malupang Wariang seluas 1 km2.

Mengenal Gunung Dukono

gunung-gamalama-di-ternate-maluku-utara_20180921_144946

Gunung Dukono, Foto: tribunnews.com

Gunung Dukono, mudah ditemukan di Desa Mamuya yang merupakan salah satu kampung perbatasan antara Tobelo dan Galela. Wilayah Mamuya terkenal dengan sumber air panas dan telaga biru. Sejak tahun 1933 hingga kini, Gunung Dukono telah terjadi erupsi kecil secara terus menerus.

Kawah gunung yang terus bergemuruh sehingga terdengar sampai pusat kota Tobelo. Asap putih yang tebal mengepul sekira 400-500m ke langit. Pada tahun 1550 Gunung Dukono pernah meletus hebat, dimana aliran lavanya menutupi selat antara Halmahera dan Pulau Mamuya, keduanya merupakan pulau terpisah.

Baca Juga ya : 

Pendakian ke Gunung Dukono

Gunung Dukono

Kawah Gunung Dukono, Foto: superadventure.co.id

Gunung Dukono memiliki banyak kawah gunung yang masih aktif diantara kawah masih aktif di Malupang-Warirang, yang dapat menyemburkan lava. Ini yang membedakan dengan gunung berapi lain di Indonesia. Aktifitas kawah menyebabkan puncak dukono terlihat gersang kontras dengan lereng dan kaki gunung yang penuh dengan kehijauan.

Gunung Dukono merupakan salah satu dari barisan gunung api di Indonesia. Pendakian awal dimulai dari Desa Mamuya atau Desa Ruko. Untuk mencapai permukiman warga atau desa mamuya dapat menggunakan kendaraan bermotor atau mobil.

pendakian Gunung Dukono di halmahera

pendakian Gunung Dukono di halmahera – dimensinews.co.idfoto

Leave a Reply