Alam, Air Terjun, Daftar Wisata, Gua

5 Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah

goa boki maruru, Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah

goa boki maruru, Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah - foto gramho

Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah – Weda adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Indonesia. Kabupaten Halmahera Tengah memiliki 37 pulau-pulau kecil, namun hanya 2 pulau yang berpenduduk, yaitu Pulau Gebe dan Pulau Yoi.

Dengan banyaknya pulau yang dimiliki, tentu saja Halmahera Tengah memiliki banyak surga tersembunyi di dalamnya. Bukan rahasia lagi jika Halmahera Tengah adalah Kabupaten dengan potensi wisata yang cukup baik di Maluku Utara.

Oleh karenanya, Halmahera Tengah sering dijadikan ikon pariwisata untuk menggaet wisatawan datang ke sana. Salah satu wilayah di Halmahera Tengah yang memiliki objek wisata menarik adalah Kecamatan Weda.

Nah, apa saja objek wisata di Kecamatan Weda, Halmahera Tengah yang ramai diserbu pengunjung saat akhir pekan? Berikut diantaranya.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Paling Hits di Maba Halmahera Timur

1. Weda Resort

weda resort, Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah

weda resort, Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah

Weda Resort adalah Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah yang sudah mendunia. Kabarnya, Weda Resort adalah satu-satunya resor yang berada di Kabupaten Halmahera Tengah yang setiap hari selalu diserbu oleh pengunjung mancanegara.

Di resor ini ada beberapa bungalo yang terbuat dari bahan-bahan lokal dengan tekstur dan motif yang cukup unik. Selain itu, kelebihan utama dari resor ini adalah restoran yang menyediakan beragam masakan laut yang rasanya dijamin lezat. Semua bahan yang digunakan dijamin segar dan higienis.

Untuk dapat ke Weda Resort, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jarak dari pusat Kota Weda sekitar 20 kilometer dengan jarak tempuh setengah jam.

2. Mangrove Kacepi

Wisata mangrove kacepi, Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah

Wisata mangrove kacepi, Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah – foto viva

Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah yang kedua adalah kawasan Hutan Mangrove Kecapi. Ekowisata yang satu ini terletak di Pulau Gebe, Halmahera Tengah. Dulunya, objek ini adalah hutan yang terletak di pesisir pantai.

Namun, karena kerja keras pemerintah yang dibantu masyarakat sekitar, kini hutan itu telah disulap menjadi tempat wisata yang mengesankan. Terdapat berbagai fasilitas di tempat wisata ini, seperti gazebo, tempat karaoke, wahana bermain, dan warung untuk makan dan minum.

Di sini sangat banyak spot-spot keren yang bisa kamu gunakan untuk berswafoto. Untuk sampai ke sana kamu harus menggunakan kapal Ferry dari Weda. Sesampainya di pelabuhan, ada banyak transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk langsung menuju lokasi wisata.

Baca Juga ya :

3. Pantai Umiyal

pantai umiyal,  Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah

pantai umiyal, Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah – foto kumparan

pantai umiyal adalah salah satu Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah. Pantai yang satu ini baru-baru saja dikembangkan oleh pemerintah setempat. Lokasinya berada di Pulau Yoi.

Uniknya, di pulau kecil ini hanya ada satu desa, yaitu Desa Umiyal. Di desa inilah, pantai indah itu berada. Untuk sampai ke sana, kamu harus menggunakan kapal Ferry. Sesampainya di pelabuhan, kamu akan disambut oleh warga yang sangat ramah tamah.

Lokasi Pantai Umiyal cukup dekat dengan pelabuhan. Kamu bisa berangkat sendiri dengan bertanya-tanya, atau menggunakan jasa orang setempat. Untuk urusan konsumsi tak perlu khawatir, di desa ini banyak warung yang berjualan makanan dan minuman.

Baca juga: 5 Tempat wisata di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir

4. Goa Boki Maruru, Tempat wisata di Weda Halmahera Tengah

goa boki maruru, Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah

goa boki maruru, Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah – foto gramho

Goa Boki Maruru merupakan salah satu Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah yang juga tak kalah indahnya untuk dikunjungi. Goa Boki berada di Desa Sagea, Kecamatan Weda Utara.

Goa ini cukup fenomenal karena menurut informasi yang beredar, diklaim bahwa Goa Boki Maruru masuk sebagai salah satu goa terpanjang di dunia. Meski belum ada penelitian lanjut mengenai ini, tapi nyatanya goa ini memang sangat panjang.

Di dalam goa, kamu bisa menikmati dinginnya air yang kebiruan. Ada banyak spot foto keren yang sangat instagenik. Untuk dapat ke sana, kamu memerlukan perahu katinting yang banyak dimiliki warga.

Tenang saja, nanti kamu akan dipandu oleh warga setempat hingga sampai di tujuan dengan selamat. Tarif menyewa perahu katinting juga cukup terjangkau, sekitar 350 ribuan.

5. Air Terjun Moreala

Air Terjun Moreala Tempat wisata di Weda Halmahera Tengah

Air Terjun Moreala, Tempat wisata di Weda Halmahera Tengah – foto destinasiindonesia.co.id

Tempat Wisata di Weda Halmahera Tengah juga terdapat sebuah air terjun yang bernama Air Terjun Moreala.  Dari pusat Kota Weda, jaraknya sekira 3 kilometer saja. Di tempat wisata ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang masih sangat asri dengan air yang dingin dan udara yang sejuk.

Kamu bisa berendam sepuasnya sambil menghilangkan penat karena aktivitas sehari-hari. Jika beruntung, kamu akan menemukan festival tradisional yang rutin diselenggarakan oleh masyarakat setempat. Namun, kamu harus hati-hati jika ingin ke tempat wisata ini.

Konon, banyak makhluk astral yang suka menakut-nakuti, bahkan mencelakai pengunjung. Sehingga untuk tetap aman, alangkah baiknya kamu mengajak warga setempat untuk memandu perjalananmu.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Weda Halmahera Tengah, Maluku Utara, Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi untuk mengisi hari liburmu, ya!

Leave a Reply