Budaya, Kuliner, Pengetahuan

Makanan Khas Bobong Pulau Taliabu Maluku Utara

Makanan khas bobong

Makanan khas bobong - sumber : wisato

Makanan khas Bobong – Indonesia sangat terkenal akan ragam kulinernya. Tidak hanya turis local saja bahkan manca negara pun ikut penasaran terhadap kuliner yang ada dinusantara. Hal ini diperoleh dari resep turun-temurun nenek moyang. Kali ini kita akan membahas kuliner atau makanan khas Bobong, Pulau Taliabu.

  1. Woku Komo-Komo

Makanan khas bobong

Wou Komo Komo, Makanan khas bobong – sumber : radio DMS ambon

Woku Komo-Komo adalah makanan yang cukup menjadi primadona daerah Bobong ini. Dengan berbahan dasar sagu atau batang rumbia, Woku Komo-Komo termasuk salah satu makanan pokok masyarakat setempat. Biasanya makanan ini digunakan untuk lauk atau hidangan utama.

Hal ini dikarenakan cara pembuatannya cukup mudah juga bahan bakunya yang mudah untuk dicari. Sepintas Woku Komo-Komo mirip dengan talam sagu bakar, tetapi proses pembuatannya sangat lah berbeda. Woku Komo-Komo dibuat dengan sagu yang direndam air selama satu jam.

Baca Juga ya :

Menggunakan rempah yang dapat menciptakan rasa yang khusus diantaranya adalah bawang putih, bawang merah, serai. Jahe, santan kental. Lalu disatukan dengan jeroan ikan yang ditumis. Rasa dari Woku Komo-Komo adalah legi dan gurih.

  1. Nasi Lapola

Nasi Lapola, Makanan khas Bobong Taliyabu

Nasi Lapola, Makanan khas Bobong Taliyabu – sumber : merahputih

Nasi Lapola adalah Makanan khas Bobong Taliyabu  yang bisa kalian cicipi. Nasi Lapola merupakan olahan dari beras putih yang dimasak dengan kacang tolo dan kelapa parut. Rasa masakan ini terkenal sangat gurih karena cara memasaknya yang dikukus.

Nasi Lapola bisa disajikan dengan kuliner lain seperti Kohu-Kohu dan sambalo colo-colo. Nasi Lapola merupakan kombinasi dari olahan kacang tolo yang dicampur dengan beras serta bahan pelengkap lainnya sehingga menghasilkan cita rasa nasi pulen pada lapola.

  1. Sayur Garo

Makanan khas Bobong Taliyabu

Sayur Garo – sumber : cookpad.com

Sayur Garo adalah makanan yang sehat karena mengandung bahan-bahan yang berasal dari sayuran yang dimasak secara bersamaan. Sayuran ini terdiri dari jantung pisang, daun ubi, dan daun papaya. Biasanya Sayur Garo disantap layaknya menyantap salad pada makanan internasional.

Namun untuk masalah rasa tidak perlu khawatir, Sayur Garo dimasak dengan menggunakan bahan organic dan rempah pilihan dan rasanya sudah dijamin enak. Selain enak Sayur Garo juga memiliki khasiat anti oksidan pencegah sel kanker, kuliner ini merupakan kuliner rendah kolestrol dan sangat bersahabat pada tubuh manusia. Walaupun bukan makanan pokok, Sayur Garo mempunyai peranan penting dalam menjaga keseimbangan kenikmatan makanan utama.

  1. Pisang Goreng Mulut Bebek

Pisang Goreng Mulut Bebek, Makanan khas Bobong Taliyabu

Pisang Goreng Mulut Bebek, Makanan khas Bobong Taliyabu – sumber : Republika

Makanan khas Bobong Taliyabu  selanjutnya yang wajib kalian coba adalah Pisang Goreng Mulu. Kuliner ini disebut Pisang Goreng Mulut Bebek karena keunikan pisang yang menyerupai mulut bebek. Bentuknya yang tipis dan memanjang inilah yang membuat makanan ini layak disebut sebagai Pisang Goreng Mulut Bebek.

Bukan cuman bentuk dan namanya saja yang unik, cara penyajiannya pun juga menarik. Pertama pisang mulut bebek yang masih setengah matang ini dikupas dan diiris tipis memanjang. Setelah itu, digoreng dengan minyak panas dengan suhu tertentu. Setelah pisang terlihat cukup renyah, pisang pun ditiriskan.

Sepintas memang mirip dengan keripik pisang, namun kita akan merasakan perbedaannya ketika disajikan. Bahan pelengkap sajian Pisang Goreng Mulu Bebek adalah sambal colo-col juga dilengkapi dengan semangkuk kecil ikan teri asin dan kacang kenari.

  1. Bubur Ne

Pisang Goreng Mulut Bebek, Makanan khas Bobong Taliyabu

Bubur Ne – sumber : travelingyuk.com

Selanjutnya ada yang dinamakan Bubur Ne. Bubur Ne ini bukan seperti bubur yang sering kita jumpai untuk sarapan. Tetapi ini berbeda. Bubur Ne berbahan dasar sagu. Kuliner ini dibuat dengan cara dibulat-bulatkan kecil seperti telur katak. Makanan ini juga terasa empuk karena dimasak menggunakan air santan yang kemudian dicampurkan dengan gula merah.

Membuat Bubur Ne tergolong mudah bagi orang biasa. Pertama-tama cuci kenari dan ubi merah yang sudah dikupas dan dipotong dadu. Lalu selanjutnya masak air bersamaan dengan gula pasir, pandan dan gula merah hingga larut dan kemudian disaring. Kemudian masak lagi hingga matang dan kental. Untuk sausnya juga harus matang dan kental. Makanan ini cocok bila ditambahkan dengan es batu. Biasanya Bubur Ne ini merupakan hidangan penutup.

  1. Sayur Lilin

Makanan Khas Bobong Pulau Taliabu Maluku Utara 3

sumber : dictio.id

Sayur Lilin adalah makanan yang terbuat dari terubuk atau telur tebu. Sayur Lilin ini biasa ditemukan dipasar-pasar. Makanan ini merupakan hasil olahan antara telur ikan dengan santan dan bambu kuning. Sayur Lilin memang khas teksturnya sehingga diluki “vegetarian caviar” dikarenakan teksturnya yang menyerupai telur ikan.

Sebelum dimasak, Sayur Lilin biasanya dibakar terlebih dahulu Bersama kulit diatas api, supaya Ketika diolah tidak mudah hancur. Setelah dibakar, biasanya dipotong-potong dan dimasak sesuai selera. Rasanya sangat khas dan unik di mulut.

***

Demikian lah penjelasan dari makanan khas Bobong semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat Ketika kita akan wisata kuliner didaerah tersebut.

Leave a Reply