Pantai

Pantai Citepus, Fasilitas, Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

Pantai-Citepus

Pantai Citepus

Pantai Citepus adalah salah satu tempat wisata andalan di Sukabumi, Jawa Barat. Dari sekian banyaknya pantai di Jawa Barat, Pantai Citepus ini digadang sebagai primadonanya. Hal tersebut dikarenakan pantai ini memiliki pasir yang landai dan berbeda dari kebanyakan pantai lainnya. Bahkan, saking landainya, pasir di pesisir pantai ini menyerupai huruf U.

Selain itu, Pantai Citepus juga memiliki garis pantai yang cukup panjang, sekitar 3 kilometer. Dengan garis sepanjang itu, kamu akan melihat hamparan pasir yang sangat luas layaknya permadani raksasa. Pasirnya sendiri memiliki tekstur yang sedikit keras. Sedangkan ombaknya cukup deras sehingga Pantai Citepus sering diincar oleh para peselancar.

Namanya sendiri diambil dari nama derah karena pantai ini berada di Citepus. Tepatnya berada di tepi jalan raya Cisolok – Pelabuhan Ratu. Karena lokasinya yang strategis, tak heran jika begitu banyak pengunjung dari luar daerah yang datang ke sini setiap hari. Puncaknya di akhir pekan.

Di pinggiran pantai terdapat beberapa tempat istirahat dan pepohonan rindang yang biasanya digunakan para pengunjung untuk beristirahat, sambil menanti sunrise. Tidak hanya pengunjung biasa, fotografer pun sering datang ke sini untuk mengabadikan keindahan Pantai Citepus. Buat kamu yang penasaran bagaimana penampakan dari Pantai Citepus, kamu bisa melihat di sosial media karena sudah banyak yang mengeksposnya.

Baca juga: Pantai Karang Gantungan, Surga Tersembunyi di Sukabumi

Fasilitas yang ada di Pantai Citepus

pantai citepus

Pantai Citepus – pinterest

Apa saja fasilitas di Pantai Citepus? Tentu saja ada beberapa fasilitas yang akan menambah kenyamananmu saat berkunjung ke sini. Mulai dari tempat parkir, tempat istirahat, toilet, dan beberapa warung makanan dan minuman. Jadi, saat kamu datang ke sini, tak perlu takut kelaparan karena ada banyak warung yang menyiapkan makanan dengan berbagai menu.

Dari sekian banyaknya menu yang tersedia, ada satu yang cukup favorit di warung sekitaran Pantai Citepus, yaitu ikan bakar. Dari kejauhan, aroma segarnya ikan bakar sudah terendus. Apalagi saat melihat sambalnya yang maknyus, pasti buat perut semakin keroncongan. Lalu, buat kamu yang datang dari luar kota, tidak usah khawatir karena ada penginapan di sekitar Pantai Citepus dan Pelabuhan Ratu.

Tapi ingat ya untuk selalu menjaga kebersihan. Sebab, salah satu keunggulan dari pantai ini adalah kebersihannya. Ada larangan dan sanksi tegas bagi yang masih bandel membuang sampah sembarangan di area pantai. Jadi, jika kamu memang sayang dengan alam, sudah pasti kamu akan menjaganya, termasuk tidak membuang sampah sembarangan.

Ketika sudah puas berlibur di sini, kamu bisa membawa oleh-oleh atau cinderamata untuk keluarga tercinta di rumah. Ada banyak penjual souvenir di sekitaran Pantai Citepus dan Pelabuhan Ratu yang bisa kamu borong dan bagikan kepada orang-orang tercinta di rumah.

Baca juga: Pantai Serang Blitar, Wisata Alam Terbaik Akhir Pekan

Lokasi dan Rute Pantai Citepus

Pantai Citepus pelabuhan ratu

Pantai Citepus pelabuhan ratu

Pantai Citepus berlokasi di daerah Citepus, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dari pusat Kota Sukabumi, jaraknya sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh dua jam menggunakan kendaraan roda empat. Setelah sampai di Pelabuhan Ratu, jaraknya sudah sangat dekat. Kamu hanya perlu membaca papan alamat atau mengikuti jalan di tepi laut.

Bagi kamu yang datang dari Jawa Tengah, disarankan untuk melalui jalan Tol Cipali daripada lewat jalan Raya Pantura karena bisa menghemat waktu 1 jam perjalanan. Sedangkan pengunjung yang datang dari Jakarta, Tangerang, dan Bekasi bisa melalui Tol Jagorawi.

Jika dirasa masih bingung, kamu juga bisa menggunakan Google Maps dengan mengetikkan kata kunci “Pantai Citepus”. Nanti kamu akan dipandu. Ikuti saja arahannya dan kamu akan tiba di lokasi sesuai dengan prediksi jarak dan waktu.

Baca juga: 4 Pantai di Sukabumi yang Menjadi Destinasi Wisata Terbaik

Pantai Citepus

Pantai Citepus – disparbud.jabarprov

Harga Tiket Pantai Citepus

Pantai Citepus buka 24 jam sehingga kamu bisa berkunjung ke sini kapanpun. Berapa tiket masuknya? Pantai ini tidak menerapkan sistem tiket yang cukup unik. Untuk pengunjung menggunakan mobil, kamu akan dikenakan biaya Rp30.000 sedangkan bagi yang menggunakan sepeda motor, biayanya Rp10.000 saja. Harga tiket itu termasuk murah bila dibandingkan dengan keindahan dan fasilitas yang ditawarkan.

Nah, itulah informasi tentang lokasi, rute, dan tiket masuk ke Pantai Citepus. Kalau sudah sampai di sana, jangan lupa share pengalamanmu, ya!

Leave a Reply