Pakian Adat

5 Pakaian Adat Bangka Belitung

Pakaian Adat Bangka Belitung

https://www.adatindonesia.org/

Pakaian adat Bangka Belitung digunakan pada saat upacara pernikahan. Nama dari pakaian adat Bangka Belitung adalah baju seting dan kain cual. Pakaian adat Bangka Belitung cerminan dari beberapa kebudayaan, yaitu budaya Arab, Tionghoa, dan Melayu.

Bangka Belitung terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Kini Bangka Belitung menjadi daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Semakin banyak orang yang tertarik untuk mengenal daerah Bangka Belitung. Tahukah Anda suku yang berada di Bangka Belitung adalah suku Sekak.

Kini pakaian adat Bangka Belitung masih dipegang teguh dalam upacara pernikahan masyarakat Bangka Belitung, mereka masih menggunakan warisan budaya pakaian adat asal daerahnya. Pakaian Adat Bangka Belitung yang biasa dipakai, yaitu :

Baju Seting

Baju seting digunakan oleh pria ataupun wanita dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris. Nama baju pria dan wanita sama namun memiliki perbedaan model. Baju Seting terbuat dari kain sutra atau kain beludru.

Model pakaian adat pengantin untuk pria Bangka Belitung seperti sebuah jubah dengan ukuran panjang. Corak Arab yang ada pada jubah dengan memiliki warna merah gelap atau merah tua merupakan ciri khas dari jubah pengantin pria. Jubah juga dilengkapi dengan kain panjang yang akan dijadikan sebagai kain selendang.

Biasanya kain selendang ini akan dipakai dengan cara diselempangkan di bagian bahu kanan secara menyamping. Untuk bagian bawah dari baju seting pria akan memakai celana panjang dengan warna yang disesuaikan dengan warna baju atasan yang dikenakan. Selain itu, pakaian bagian atas dan bawah pria akan diberikan hiasan pernik motif yang menyesuaikan dengan baju setting yang dikenakan oleh pengantin wanita. Dan memakai alas kaki yang serasa dengan pakaian adat juga.

Sedangkan untuk baju seting wanita juga memiliki warna yang sama dengan pengantin pria merah gelap atau merah tua namun panjangnya berbeda. Panjang baju seting wanita kurang lebih sampai lutut. Dan bawahannya memakai kain caul dan dilengkapi dengan beberapa akseoris dan alas kaki.

Kain Cual

Kain cual bisa disebut juga sebagai kain lasem atau kain besusur. Kain cual dibuat dengan metode tradisional tenun ikat sehingga memakan waktu yang lama karena tingkat kerumitan yang tinggi. Oleh karena itu juga kain cual memiliki harga yang tinggi dan karena dibuat dengan keahlian khusus berbahan bahan polyster, sutra, katun, serat kayu dan benang emas seberat 18 karat

Motif kain cual ada 2, yaitu motif Penganten Bekecak (corak penuh) dan motif Jande Bekecak (motif ruang kosong). Arti dari motif kain cual, yaitu :

  • motif bunga sebagai lambang kesucian, keagungan rezeki dan segala kebaikan
  • motif bebek sebagai lambang persatuan dan kesatuan
  • motif naga yang melambangkan keperkasaan
  • motif flora atau fauna yang menggambarkan kekayaan alam

Alas Kaki

Alas kaki dari pakaian adat Bangka Belitung disebut dengan pending selop atau sandal arab yang memiliki ciri khas bagian ujungnya berbentuk lancip seperti perahu.

Pakaian Adat Bangka Belitung Pria

Gambar di atas contoh dari pakaian adat Bangka Belitung yang digunakan oleh pria atau pengantin pria. Aksesoris lainnya yang pengantin pria menggunakan sorban (sungkon).

Pakaian Adat Bangka Belitung Wanita

Pakaian adat yang digunakan baik pria atau wanita pasti akan terlihat sopan, anggun untuk wanita, dan gagah untuk pria serta juga sangat mencerminkan nilai-nilai budaya Nusantara. Tambahan aksesoris pengantin wanita ditambahkan dengan mahkota (paksian) berwarna emas yang dilengkapi dengan ornamen-ornamen khusus berbentuk bunga teratai.

Aksesoris lainnya yang dipakai adalah teratai atau penutup dada yang dikenakan pada baju, tembang cempaka, tembang goyang, daun bambu, kuntum cempaka, pagar tenggalung, sari bulan, tutup sanggul atau yang disebut juga dengan kembang hong sebagai hiasan kepala, kalung Anting panjang, sepit udang yang digunakan untuk hiasan yang diletakkan di telinga kiri dan kanan, dan gelang Pending yang digunakan untuk ikat pinggang.

Baca juga :

Pakaian Adat Tradisional Tulang Bawang Lampung

Pakaian Adat Tradisional Aesan Gede

Leave a Reply