Museum Harry Darsono, Museum Untuk Para Perancang Busana

Tapi Ingat Pulang

Museum

Museum Harry Darsono, Museum Untuk Para Perancang Busana

Ruangan di Museum Harry Darsono

Ruangan di Museum Harry Darsono - foto @yaniie1215

Kota Jakarta punya banyak sekali Museum yang tersebar dihampir semua penjuru mulai dari Museum bersejarah, Museum Kebun, Museum Flora dan Fauna hingga Museum Busana. Mungkin pecinta Museum lebih sering mendengar keberadaan Museum tekstil yang berada dikawasan Tanah Abang Jakarta dibandingkan dengan Museum Harry Darsono.

Lokasi Museum Harry Darsono

Museum Harry Darsono -foto @yaniie1215

Museum Harry Darsono ini serupa dengan museum tekstil dimana koleksi utamanya adalah semua hal tentang pakaian, rancangan dan juga tentang tekstil. Hanya saja bedanya Museum Harry Darsono lebih ke menampilkan hasil rancangan atau karya-karya terbaik dari perancang terkenal Harry Darsono. Sedangkan museum Tekstil selain sudah lebih lama dan sangat lengkap lebih ke menampilkan semua hal tentang pertektilan di Indonesia.

Sejarah Awal Berdirinya Museum Harry Darsono

Pembangunan Museum Harry Darsono iniĀ  bermula dari keinginan perancang busana Harry Darsono yang dari sejak kecil ingin membuat sebuah museum berisi koleksi rancangan pribadinya suatu hari nanti. Dan impianya itu akhirnya terwujud pada tahun 1996 dimana Museum Harry Darsono mulai dibangun.

Baca juga ya :

Harry darsono

Harry darsono bersama pengunjung museum – foto @derael_on_time

Museum Harry Darsono memang sedikit berbeda dengan museum lain yang ada di Jakarta karena dapat dikategorikan sebagai museum fashion. Mungkin di Indonesia hanya ada beberapa saja museum fashion seperti ini. Itulaj yang menjadikanya sebagai salah satu destinasi wisata unik bagi mereka yang ingin menikmati liburan berbeda di Jakarta.

Peraturan Berkunjung ke Museum Harry Darsono

Sebelum kita berkunjung ke Museum Harry Darsono ini ada beberap aperaturan penting yang harus dijaga dan diikuti. Hal ini tak terlepas dari beberapa permintaan pemilik museum yakni Harry karena museum ini dibuat lebih eksklusif . Untuk tiket masuknya saja kita harus membayar Rp 185 ribu / pengunjung.

Ruangan di Museum Harry Darsono

Ruangan di Museum Harry Darsono – foto @yaniie1215

Tenang saja karena biya semahal itu sudah termasuk donasi yang akan diberikan kepada beberap ayayasan sosial dan amal milik Harry. Jadi pengunjung tak hanya datang sekedar berkunjung saja tetapi juga ikut berkontribusi mendonasikan uangnya kepada badan amal. Oh ya selain itu juga, kita akan mendapatkan sebuah cindramata yang bisa dibawa pulang nantinya.

Baca juga destinasi Lain :

Sauvenir Museum Harry Darsono

Sauvenir Museum Harry Darsono – foto @citranoora

Peraturan berkunjung ke Museum Harry Darsono yakni harus membuat janji kedatangan karena Harry biasanya menyiapkan waktu untuk menemani para pengunjung langsung sembari tour menjelaskan rancanganya. Kita harus datang 15 menit sebelum dimulainya tur. Pengunjung juga biasanya diminta berpakaian santai warna polos, tanpa motif apapun.

Leave a Reply