Air Terjun, Alam, Budaya, Desa Wisata, Gua, Masjid, Museum, Pengetahuan

5 Tempat Wisata di Kota Padang Panjang yang Sangat Mempesona

Museum PDIKM, Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Museum PDIKM, Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minangkabau - sumber : wikipedia

Tempat Wisata di Kota Padang Panjang – Kota Padang Panjang ini merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai julukan Egypte Van Andalas karena pernah menjadi sebuah pusat pemerintahan pada masa kolonial Belanda di Sumatera Barat.

Kota Padang Panjang ini terletak sekitar 97,7 kilometer dari ibu kota Provinsi Sumatera Barat yaitu Kota Padang. Walaupun hanya berupa sebuah kota kecil, namun untuk potensi wisata yang ada di Padang Panjang tidak mau kalah dengan dengan berbagi tempat wisata di Padang.

1. Lembah Anai

Lembah Anai, Tempat Wisata di Kota Padang Panjang

Lembah Anai, Tempat Wisata di Kota Padang Panjang – sumber : indonesiakaya

Memang belum banyak yang akan mengetahui kalau air terjun yang berada di pinggi jalan tersebut merupakan salah satu dari tujuh air terjun yang berada di Cagar Alam Lembah Anai. Untuk bisa menyaksikan keenam air terjun yang lainnya, maka wisatawan bisa menempuh perjalanan trekking selama 2 jam.

Pada saat perjalanan menuju air terjun ini para wisatawan akan disuguhi sebuah pemandangan mempesona dari sebuah perbukitan hijau yang terlihat membentang di kaki Gunung Singgalang.

Pesona lain yang ada dari Tempat Wisata di Kota Padang Panjang ini mempunyai keunikan lain berupa rangkaian rel kereta tua yang terlihat melintas di atas jalan raya dan terletak tidak jauh dari air terjun.

2. Museum PDIKM, Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Museum PDIKM, Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Museum PDIKM, Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minangkabau – sumber : wikipedia

Tempat Wisata di Kota Padang Panjang selanjutnya adalah Museum PDIKM atau museum Pusat Dokumentasi Dan Informasi Kebudayaan Minangkabau. Berkunjung ke Museum ini maka kamu bisa menambah wawasan baru, dan belajar untuk mengenal kebudayaan minang.

Tidak jauh dari pintu masuk, para wisatawan akan disambut dengan sebuah baju pengantin tradisional dan replika makanan khas yang berupa ukiran kayu yang biasanya akan disuguhkan ketika akan ada acara besar.

Berbagai macam alat musik sampai hiasan pakaian khas Minang pun bisa dijumpai, seperti halnya mahkota serta kalung yang dikenakan oleh para wanita Minang. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menyaksikan peninggalan raja-raja Minang pada masa lalu, pada dinding-dindingnya pun juga tertera penjelasan yang sangat lengkap.

Baca juga ya : 

3. Goa Batu Batirai

Goa Batu Batirai, Tempat Wisata di Kota Padang Panjang

Goa Batu Batirai, Tempat Wisata di Kota Padang Panjang – sumber : rainytown1790

Tempat Wisata di Kota Padang Panjang berikutnya yang tak kalah keren serta wajib masuk dalam daftar kunjungan kamu yaitu Goa Batu Tirai. Hal unik yang dimiliki oleh deseinasi wisata ini yaitu bagian dalam goa yang mempunyai susunan stalaktit dan stalakmit yang sangat menyerupai sebuah tirai serta terbentuk secara alami.

Lokasinya yang berada di Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang. Karena merupakan sebuah kota kecil, maka kamu yang datang pun tidak akan pernah kesulitan untuk bisa menemukannya, karena tempat ini pun letaknya memang tidak jauh dari destinasi wisata yang lainnya di Padang Panjang.

Khusus bagi para wisatawan yang sangat menyukai wisata alam, maka Goa Batu Batirai ini bisa menjadi alternatif wisata alam yang sangat wajib dikunjungi ketika berada di Padang Panjang. Jangan lupa jaga sikap dan ucapan saat berada di goa unik ini ya.

4. Masjid Asasi Nagari Gunung

Masjid Asasi Nagari Gunung

Masjid Asasi Nagari Gunung- sumber : singgahkemesjid

Tanah Minang ini memang sangat dikenal dengan kekayaan berbagai nilai kebudayaan yang sangat tinggi, dan juga sangat terkenal sebagai sebuah daerah yang religius. Mayoritas masyarakat Minang yaitu penganut agama Islam yang mana nilai-nilai agamanya berbaur dengan adat istiadat setempat.

Salah satu dari peninggalan sejarah islam yang bisa dijumpai sampai saat ini yaitu Masjid Asasi Nagari Gunung yang didirikan sejak pada tahun 1405 yang selain sebagai tempat ibadah, juga telah menjadi sebuah tempat bermusyawarah dan juga tempat belajar serta mendalami isi Al-Qur’an.

5. Minang Fantasi

Minang Fantasi , Tempat Wisata di Kota Padang Panjang

Minang Fantasi , Tempat Wisata di Kota Padang Panjang – sumber : mifanpp

Tempat Wisata di Kota Padang Panjang ini luasnya yang mencapai 9,8 hektar, tempat ini mempunyai beragam permainan air yang akan menjadi yang terlengkap yang ada di Sumatera. Karena berada di antara pegunungan Bukit Barian, maka tempat wisata ini pun telah menyajikan sebuah suasana alami dan sejuk.

Tidak jauh dari MiFan, telah ada sebuah perkampungan Minangkabau yang berupa resort serta penginapan bagi para wisatawan. Daya tarik yang dimiliki oleh tempat ini yaitu sebuah konsep tradisional yang telah diusungnya dan berpadu dengan sisi modern. Setidaknya ada terdapat 18 wahana permainan water park dan dry park dengan berbagai fasilitas yang akan menunjang wisatawan.

Inilah beberapa tempat wisata yang ada di Padang Panjang yang bisa dikunjungi ketika kamu memilih liburan di Sumatera Barat. Dijamin kamu akan sangat puas ketika menghabiskan liburanmu di berbagai lokasi wisata ini.

 

Leave a Reply