Museum Agung Bung Karno - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Museum

Museum Agung Bung Karno

Museum Agung Bung Karno 1

Museum Agung Bung Karno | Foto : booksandtravelsite.wordpress.com

Di lantai dua, kalian akan disambut oleh patung Soekarno berukuran besar. Pada lantai ini berisi benda-benda pustaka yang membawa kalian mengingat kembali perjalanan Bung Karno. Pada ruangan ini terdapat koleksi yang berhubungan dengan Bung Karno. Terdapat meja dan kursi-kursi dari rotan, mesin ketik, radio, telepon rumah, bahkan setelan jas baju yang didatangkan langsung dari kediaman Bung Karno di Blitar. Selain itu, terdapat juga beberapa foto Bung Karno bersama keluarga dan sahabat.

Tidak hanya itu, kalian dapat melihat kehidupan Bung Karno yang berhasil menjadi pemimpin bangsa walaupun bukan berasal dari keluarga kaya raya. Dilantai ini, terdapat juga alat batu yang digunakan untuk menumbuk padi yang mana semasa kecil Bung Karno membantu orang tuanya untuk bekerja.

Lantai Tiga

Museum Agung Bung Karno

Lantai Tiga | Foto : www.tagar.id

Pada lantai ini terdapat momen Bung Karno bersama Fatmawati berpose bersama jurnalis internasional di Istana Cipanas, pada 28 Agustus 1953. Tidak hanya itu, kalian juha melihat foto hingga film documenter seperti lahirnya “Putra Sang Fajar” pada 6 Juni 1901 hingga wafat 21 Juni 1970. Lantai tiga di Museum Agung Bung Karno ini juga dijadikan sebagai ruang pertemuan dimana kalian dapat melihat berbagai benda yang digunakan pada pertemuan kenegaraan, sehingga akan terasa kesan klasik dan nostalgia era orde lama di lantai ini.

Kalian juga dapat melihat berbagai koleksi lukisan yang berjumlah 45 unit dan juga sekitar 700 buah foto bersejarah yang berhubungan dengan kehidupan Bung Karno. Foto-foto ini ada yang merupakan koleksi asli dan ada pula yang merupakan hasil reproduksi.

Lantai Empat

Museum Agung Bung Karno

Lantai Empat | Foto : www.tagar.id

Lantai empat merupakan lantai yang paling menarik karena kalian dapat melihat sebuah tempat tidur yang sangat bersejarah dimana saat Ibu Fatmawati melahirkan Megawati Soekarnoputri. Serta, terdapat ruangan yang merupakan kamar yang didesain sangat mirip dengan kamar Bung Karno di Blitar. Tidak hanya itu, kalian juga dapat memasuki ruangan yang difungsikan sebagai kamar mandi dengan desain kamar mandi jaman dulu dengan pemandian yang sangat luas.

Banyak sekali pembelajaran yang bisa kalian dapatkan selama menjelajah Museum Agung Bung Karno, baik itu dari pemikiran Bung Karno yang begitu luas, perjalanan Bung Karno yang heroik, perinsip-perinsip yang dipegang Bung Karno dalam menjalani semasa hidupnya, serta dapat merefleksikan diri apa yang sudah diberikan ke Negara serta bangsa.

Artikel Terkait

Leave a Reply