Daftar Wisata, Bukit, Desa Wisata, Museum

5 Tempat Wisata Di Berastagi yang Wajib Kamu Kunjungi

Gunung Sinabung

Gunung Sinabung

5 Tempat Wisata Di Berastagi – Bagi kamu yang hobi travelling mungkin kami harus mencoba datang ke tempat wisata terbaik di Brastagi. Berastagi merupakan kecamatan yang ada di Kabupaten Karo. Namun memang ada wacana bahwa Berastagi akan dijadikan kota Madya. Tempat ini terkenal sebagai penghasil sayur dan buah yang bahkan produknya sudah sampai Singapura dan Malaysia.

Selain itu, Berastagi juga terkenal karena memiliki tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah. Untuk itu, kami akan mengajak kamu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Brastagi yang akan membuatmu ketagihan datang ke sini.

1. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling 5 Tempat Wisata Di Berastagi

Bukit Gundaling, Tempat Wisata Di Berastagi – foto: triptrus.com

Gundaling merupakan tempat wisata yang setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi para wisatawan domestik dan mancanegara. Tempat ini menawarkan sebuah pemandangan kota Berastagi yang sangat indah dari atas bukit. Wisatawan yang datang ke sini memanfaatkannya untuk melihat spot indah dari Gunung Sinabung yang beberapa waktu lalu meletus.

Untuk hari-hari normal, tempat wisata Bukit Gundaling dibuka non stop alias 24 jam. Jadi, kamu bisa datang ke sini kapan saja. Tapi waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pagi hari sekaligus menikmati pemandangan matahari terbit.

Lokasi Bukit Gundaling

Bukit Gundaling berlokasi di Jl. Jamin Ginting, Gundaling I, Brastagi. Bukit yang sangat indah ini mempunyai ketinggian mencapai 1.575 mdpl dan berjarak sekitar 3 km dari pusat kota Berastagi. Jika kamu berangkat dari Medan, maka kamu hanya perlu menempuh perjalanan 66 km.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke sini para pengunjung dikenakan biaya hanya Rp. 2.000. Sementara biaya tiket parkir Rp. 5.000 untuk roda empat dan Rp. 3.000 untuk roda dua. Harga yang sangat terjangkau sekali bukan?

2. Desa Peceren

Tempat Wisata Di Berastagi lainnya adalah Desa Peceren. Desa Peceran masih menjadi desa yang kental dengan budaya dan tradisi Suku Karo. Di sini kamu akann melihat beberapa barang-barang bersejarah, mulai dari rumah, benda-benda bersejarah, sampai kehidupan masyarakat di sana. Desa Peceren dihuni kurang lebih 700 kepala keluarga dan mayoritas berasal dari Suku Karo.

Baca Juga :

Desa Peceren

Desa Peceren, foto: wisatalogi.com

Adapun tempat yang menjadi tujuan favorit para wisatawan adalah rumah adat Suku Karo yang jumlahnya ada 6. Usia rumah-rumah tersebut kurang lebih 120 tahun dan bangunannya masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Lokasi

Desa Peceren berlokasi di sebelah utara dari Kota Berastagi. Untuk akses masuknya tidak terlalu sulit karena berada di jalan lintas Medan – Berastagi. Dengan akses yang mudah inilah banyak wisatawan yang datang ke sini.

Harga Tiket Masuk

Karena Desa Peceren hanya perkampungan biasa, maka pengunjung tidak dipungut biaya apapun. Namun konsekuensinya memang fasilitas di sini sangat terbatas.

4. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini, foto: kumparan.com

Tempat wisata di Berastagi yang tidak kalah menarik adalah Taman Alam Lumbini. Pengunjung yang datang ke sini akan memanfaatkan waktunya untuk bersantai dan mengabadikan momen liburan mereka. Salah satu tempat favorit di sini adalah Vihara yang bentuknya hampir mirip dengan yang ada di Thailand.

Lokasi

Taman Alam Lumbini berada di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Kabupaten Karo. Tempat yang masih bagian dari Vihara ini memang dibangun khusus untuk masyarakat Budha.

Harga Tiket

Biaya tiket masuknya sekitar Rp. 5000 per orang. Namun jika kamu hanya berjalan-jalan di sekitar taman, kamu tidak akan dikenakan biaya apapun. Sementara biaya parkirnya sebesar Rp. 3.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat.

4. Museum Pusaka Karo Brastagi

Taman Alam Lumbini, 5 Tempat Wisata Di Berastagi yang keren

Taman Alam Lumbini, 5 Tempat Wisata Di Berastagi yang indah – foto: tourtoba.com

Untuk kamu yang suka waisata sejarah, maka datanglah ke Museum Pusaka Karo Brastagi. Di sini tersedia berbagai pusaka peninggalan Suku Karo yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Setiap hari tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Lokasi

Museum ini berlokasi di Jl. Perwira, Kel. Gundaling 1, Kec. Brastagi, Kab. Karo. Tempat ini buka setiap hari mulai pagi sampai dengan sore hari.

5. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung

Gunung Sinabung, foto: liputan6.com

Kamu pasti tidak asing lagi dengan Gunung Sinabung yang beberapa waktu lalu mengeluarkan muatannya sehingga statusnya tidak aman. Tapi, ketika statusnya sudah aman, Gunung Sinabung merupakan tempat wisata yang tidak boleh kamu lewatkan.

Lokasi

Untuk lokasinya sendiri hanya berjarak 23 km dari Berastagi. Rute menuju Gunung Sinabung tidak sulit karena kamu bisa datang ke sini dengan mobil bak yang disediakan oleh masyarakat yang ada di sekitar terminal Berastagi.

 

Leave a Reply