Mengenal Kota Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour, Alam, Desa Wisata

Mengenal Kota Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Kantor Bupati tanjung jabung timur di kota Muara Sabak

Kantor Bupati tanjung jabung timur di kota Muara Sabak

Tercatat saat ini ada beberapa Tempat Wisata di Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi yang terus dikembangkan oleh pemerintah setempat dan mungkin tempat wisata ini bisa kamu kunjungi saat mengunjungi kabupaten ini.

Taman Nasional Berbak Sebagai Konservasi Hutan Rawa Terluas di Asia Tenggara

berbak

Taman Nasional Berbak Foto: http://disbudparpora.tanjabtimkab.go.id/

Tempat wisata lainnya yang terdekat dengan Kota Muara Sabak adalah Taman Nasional Berbak. Berjarak sekitar 40 km, taman nasional ini merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang sangat bersih karena belum terjamah oleh eksploitasi manusia.

Kondisi cuaca pada taman ini mencakup temperatur udara 25° – 28°C, curah hujan rata-rata 2.300 mm/tahun, dan berada pada ketinggian tempat 0 – 20 meter dpl. Hal yang unik dari taman nasional ini adalah adanya gabungan antara hutan rawa air tawar dan hutan rawa gambut yang terbentang di pesisir Timur Sumatera.

berbak2

Taman Nasional Berbak Foto: instagram.com/vegaframe/

Varietas tumbuhan di Taman Nasional Berbak ini terdiri dari meranti (Shorea sp.), dan berbagai jenis palem lainnya. Taman Nasional Berbak sangat terkenal memiliki paling banyak varietas palem tanaman hias di Indonesia.

Hal yang unik dari taman nasional ini adalah adanya varietas palem hias yang tergolong langka yaitu jenis daun payung (Johanesteijmannia altifrons) dan juga ada varietas baru ditemukan yaitu Lepidonia kingii (Lorantaceae) yang memiliki bunga besar dengan warna merah atau ungu. Dari segi fauna, terdapat ratusan bahkan ribuan burung yang bermigrasi dan dapat dilihat di Taman Nasional Berbak.

berbak3

Taman Nasional Berbak Foto: instagram.com/andrys.wandy/

Taman Nasional Berbak dapat diakses dari Jambi dengan menyelusuri sungai Batanghari  menggunakan speed boat berbelok ke kanan lalu menyelusuri sungai Air Hitam Dalam selama 2,5 sampai 3 jam, atau langsung ke Nipah Panjang selama 4-5 jam.

Terdapat spot-spot yang instagramable juga di Taman Nasional Berbak yang menjadi daya tarik lebih untuk wisatawan dapat berkunjung. Wisatawan yang berkunjung ke taman nasional ini juga dapat menghirup udara segar dan mendengarkan kicauan burung sebagai relaksasi alami.

 

 

Leave a Reply