Mengenal Kota Gunung Sugih, Lampung Tengah - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Alam, City Tour, Daftar Wisata, Gunung, Kuliner, Tentang Kota

Mengenal Kota Gunung Sugih, Lampung Tengah

Mengenal Kota Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah

Sumber: wisato.id

Kota Gunung Sugih adalah sebuah kota di Provinsi Lampung di Pulau Sumatera. Kota ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan sekaligus ibukota dari Kabupaten Lampung Tengah. Gunung Sugih juga merupakan bagian administrasi kecamatan di Kabupaten Lampung tengah. Berdasarkan data dari BPS, jumlah penduduk Kota Gunung Sugih pada tahun 2019 adalah 69.727 jiwa. Dengan luas wilayah sebesar 164,01 km persegi, kepadatan penduduk dari kota ini adalah 425 penduduk per km persegi.

Sejarah Kota Gunung Sugih

Mengenal Kota Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah

Sumber: youtube.com

Kota Gunung Sugih baru menjadi ibukota dari Kabupaten Lampung Tengah pada tahun 1999. Sebelumnya, ibukotanya adalah Kota Metro, namun kota tersebut menjadi kota administratif mandiri dan lepas dari Kabupaten Lampung Tengah. Pada saat itu Kabupaten Lampung Tengah merupakan wilayah terbesar kedua, namun setelah itu terjadi pemekaran wilayah.

Baca juga: Mengenal Kota Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara

Wisata Kota Gunung Sugih

Bukit Batubara

Bukit batubara merupakan tempat wisata yang cukup populer di Lampung Tengah. Objek wisata ini juga bisa dibilang baru. Lokasi ini dulunya merupakan bekas lahan tambang yang sudah tidak beroperasi lagi.

Ketika berada di Bukit Batubara, pengunjung akan langsung melihat keunikan pemandangan yang sangat indah. Perbukitan yang hanya ditumbuhi rumput hijau tanpa pepohonan. Pemandangan ini membuat seolah-olah pengunjung berada di padang savana. Jarak pandang yang luas juga akan menjadi kenangan tersendiri ketika berkunjung ke Bukit Batubara. Objek wisata ini berlokasi di Desa Linggapura, Selagai Lingga, Lampung Tengah.

Tugu kopiah emas

Tempat wisata selanjutnya dari Kota Gunung Sugih Lampung Tengah adalah Tugu Kopiah Emas. Tugu ini sangat ikonik dan mudah ditemukan karena berada di jalur lintas Sumatera. Banyak pengunjung, baik warga lokal maupun wisatawan, berfoto dan mengabadikan momen di tugu ini.

Mengenal Kota Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah

Sumber: wisato.id

Tugu Kopiah Emas memiliki tinggi sekitar 11 m dengan diameter 3 m. Desainnya yang cantik membuat banyak orang mengunjunginya dan menjadikan salah satu wisata favorit.

Leave a Reply