6 Wisata di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Air Terjun, Alam, Danau, Gua, Museum

6 Wisata di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

6 Tempat wisata di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Sumber: bisniswisata.co.id

Kalau mendengan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, apa yang dibayangkan di benak orang-orang? Kebanyakan orang akan langsung berpikir tentang Pulau Derawan. Pulau inilah yang menghiasi uang kertas bernilai dua puluh ribu rupiah yang baru. Karena digunakan sebagai ilustrasi di uang baru, Kabupaten Berau mulai kebanjiran wisatawan. ­Meski demikian, Tanjung Redeb sebagai Ibukota Kabupaten Kota Berau juga memiliki objek wisata yang tidak bisa dilewatkan. Berikut merupakan objek wisata di Tanjung Redeb dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi ketika bermain di Kabupaten Berau.

Keraton Kesultanan Sambaliung

6 Tempat wisata di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Sumber: kemdikbud.go.id

Keraton Kesultanan Sambaliung merupakan bukti sejarah dari keberadaan Kesultanan Sambaliung. Bertempat di tepi Sungai Kelay, keraton ini merupakan salah satu cagar budaya di Kabupaten Berau. Di dalamnya tersimpan beberapa tugu prasasti peninggalan Kesultanan Sambaliung. Bahkan, di dalam komplek keraton terdapat buaya sepanjang 4 meter yang diawetkan. Buaya tersebut disimpan di kotak kaca di bagian luar keraton. Kalau mau ke sini, kamu bisa langsung ke Kecamatan Sambaliung.

Goa Mulut Besar

6 Tempat wisata di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Sumber: wisatalengkap.com

Goa ini merupakan goa alami yang memiliki pemandangan eksotis. Kamu bisa melihat dinding goa yang berlubang lengkap dengan stalagmite dan stalaktitnya. Goa ini berada di Kampung Merasa di Kecamatan Kelay. Tinggi goa ini sekitar 10 meter dan lebarnya kira-kira 20 meter.

Kampung Merasa tempat goa ini berada dapat ditempuh selama 1,5 jam perjalanan dari Ibukota Kabupaten Berau, yaitu Tanjung Redeb. Goa ini belum terlalu terkenal karena belum banyak yang tau keberadaannya. Meski cukup jauh, dapat dipastikan kalau perjalanan ini worth it karena kamu akan melihat  keindahan alam yang tidak akan kamu lupakan.

Labuan Cermin

6 Tempat wisata di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Sumber: bisniswisata.co.id

Danau Labuan Cermin merupakan danau yang sangat jernih airnya, sampai-sampai kamu bisa melihat bebatuan di dasar danaunya. Danau ini dikelilingi oleh hutan bakau dan di danaunya pun terdapat ikan-ikan yang berenang bebas. Menariknya, danau ini terhubung langsung dengan laut sehingga dasar danau ini merupakan air laut dan permukaannya merupakan air tawar. Ikan-ikan di dalamnya pun hidup berdampingan antara ikan air tawar dan ikan air laut. Karena itu, danau ini disebut juga sebagai danau dua rasa.

Untuk sampai di Danau Labuan Cermin, kamu bisa menempuh perjalanan selama 6 jam dengan jalur darat dari Tanjung Redeb untuk sampai disini. Danau ini terletak di Kecamatan Biduk-Biduk, di sebelah tenggara Kota Tanjung Redeb. Kamu bisa berenang, snorkelling, bahkan diving di danau ini. Jangan lupa foto-foto ya!

Air Terjun Jenum

6 Tempat wisata di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau

Sumber: jalanwisata.id

Berada di bagian barat daya Tanjung Redeb, air terjun ini merupakan air terjun yang jarang dijamah oleh orang-orang. Air di tempat ini masih sangat bersih dan jernih. Objek wisata ini kurang terekspos sehingga membuat keasriannya masih terjaga. Kalau mau ke sini, kamu bisa pergi ke Kampung Merasa di Kecamatan Kelay, karena air terjunnya ada di sana.

Leave a Reply