Mengenal Kota Batauga, Ibu Kota Kabupaten Buton Selatan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour, Alam, Kuliner, Pantai, Pulau, Tentang Kota

Mengenal Kota Batauga, Ibu Kota Kabupaten Buton Selatan

Gerbang selamat datang Buton Selatan

Gerbang selamat datang Buton Selatan - foto twitter @ellabita

Kota Batauga adalah ibukota kabupaten dari Kabupaten Buton Selatan yang terletak di provinsi Sulawesi Tenggara. Kabupaten Buton Selatan ini sendiri merupakan pemekaran dari Kabupaten Buton. Kabupaten ini baru diresmikan pada tahun 2014, yang berarti umurnya masih muda—sekitar enam tahun.

Meskipun demikian, bukan berarti Batauga dan kabupaten Buton Selatan tidak memiliki pesona wisata. Sama seperti daerah lain di Indonesia, Buton Selatan memiliki pesonanya sendiri. Ikon dari Buton Selatan terletak di pusat administrasinya, yaitu Batauga.

Gerbang selamat datang Buton Selatan

Gerbang selamat datang Buton Selatan – foto twitter @ellabita

Kabupaten Buton Selatan sebagian besar wilayahnya terletak di Pulau Buton yang merupakan pulau terbesar di luar pulau induk Kepulauan Sulawesi, atau pulau ke-130 terbesar di dunia

Ikon ini berupa tugu yang dinamakan Tugu Buton Selatan, terletak di Lawela, Batauga. Tugu ini merupakan perbatasan antara Kota Baubau dengan Buton Selatan. Selain itu, tugu ini juga bisa difungsikan sebagai spot foto dan tempat rekreasi.

Destinasi wisata

1. Pulau Liwutongkidi

Pulau Liwutongkidi Batauga Buton Selatan

Pulau Liwutongkidi Batauga Buton Selatan – Source: asrim.id

Pulau dengan luas kurang lebih 1000 km2 yang keeksotisannya tampak di daratan maupun di lautannya. Pulau ini beriklim tropis dengan curah hujan rata-rata 1000 mm per tahun.

Keanekaragaman terumbu karang dan biota lautnya menjadi magnet pariwisata bagi turis domestik maupun mancanegara. Pulau ini juga merupakan bagian dari kawasan pengembangan BASILIKA (Batauga, Siompu, Liwu Tongkidi dan Kadatua) terpadu.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke sini untuk menikmati pemandangan bawah lautnya, tidak perlu mengkhawatirkan masalah akomodasi. Di Pulau Liwutongkidi sudah banyak tersedia hotel dan kedai-kedai makanan untuk para wisatawan. Begitu pula dengan transportasinya.

Untuk bisa sampai ke Pulau Liwutongkidi, wisatawan bisa menggunakan pesawat perintis atau kapal laut dari Kendari ke Baubau. Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan dengan kapal ke Pulau Liwutongkidi selama kira-kira 15 menit.

2. Pantai Batauga

Acara Adat di Pantai Batauga

Acara Adat di Pantai Batauga – Source: lenteranews.com

Sesuai namanya, tentu Pantai Batauga terletak di Batauga, Buton Selatan. Pantai yang cukup dekat dengan keramaian ini menyajikan pemandangan laut dengan backsound deburan ombak. Pantai ini bisa dibilang unik karena terdapat plaza di Pantai Batauga ini.

Plaza ini cukup luas dan bisa digunakan untuk menampilkan pertunjukan maupun melaksanakan upacara adat. Di plaza ini juga dilaksanakan Festival Buton Selatan 2019 silam. Disini, kamu bisa menikmati pemandangan langit sore ditemani debur ombak.

Budaya Masyarakat Batauga

Budaya Masyarakat Batauga

Budaya Masyarakat Batauga – Source: butonpos.fajar.co.id

Leave a Reply