Budaya, Tari Adat

Makna dan Sejarah Tari Kupu Kupu

Tari Kupu Kupu

Tari Kupu Kupu - www.ilmunik.com

Tari Kupu Kupu – Indonesia memiliki banyak pulau dengan berbagai kesenian yang menarik dan indah. Bali adalah salah satu wilayah Indonesia yang memiliki banyak budaya dan kesenian yang tak bosan – bosannya untuk kita nikmati. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tari yang cukup populer dan sangat menarik yaitu tari kupu – kupu.

Sejarah Tari Kupu Kupu

Tari Kupu Kupu

Tari Kupu Kupu – news.okezone.com

Tari kupu – kupu merupakan tarian yang berasal dari Bali. Tari Kupu Kupu diciptkan oleh I Wayan Beratha seniman kebanggaan Indonesia yang telah melahirkan banyak karya yang membanggakan semasa hidupnya. Ia menciptakan tari kupu kupu dan beberapa tarian lainnya seperti tari tani, tari yudha pati pada tahun 1960.

Jenis tari kupu kupu ini banyak digunakan dalam sanggar tari. Gerakan dari tari kupu kupu ini bisa dibilang cukup mudah untuk dipelajari, maka jenis Tari Kupu Kupu banyak juga diajarkan kepada anak-anak sekolah dasar selain juga untuk pengenalan budaya dari daerah Bali sebagai budaya Indonesia yang mendunia.

Makna Tari Kupu Kupu

Makna Tari Kupu Kupu

Makna Tari Kupu Kupu – brainly.co.id

Seperti tarian Indonesia pada umumnya, tari kupu – kupu juga memiliki makna dibalik tarian yang mereka lakukan. Banyak makna positif yang dapat kita tarik dari tari kupu – kupu sehingga Tari Kupu Kupu menjadi salah satu tari kebanggaan Indonesia dan juga sebagai tarian yang disuguhkan kepada tamu negara ketika berkunjung ke Indonesia.

Secara filosofis, tarian kupu-kupu adalah penggambaran kedamaian, keindahan dan juga eksotisme dari pulau Bali. Gerakan yang gemulai dengan komposisi gerak yang dinamis juga menawan, menjadikan tarian kupu-kupu berbeda. Selain itu nuansa damai juga tercermin dari penari Bali tari kupu – kupu ini, membuat Tari Kupu Kupumenarik dan sangat indah.

Baca Juga ya :

Gerakan tari kupu kupu

Tari Kupu Kupu Tari adat dari Bali

Tari Kupu Kupu Tari adat dari Bali – foto iwak.blogspot.com

Gerakan pada tarian kupu – kupu melibatkan seluruh askpek tubuh untuk bergerak. Akan tetapi, bagian tubuh yang bergerak lebih di dominasi dengan gerakan kaki dan tangan yang dengan gemulai mengikuti alunan dari musik pengiring.

Ada beberapa istilah yang dipakai dalam gerakan tari kupu –kupu ini. Berikut adalah istilah gerakan yang terdapat dalam tarian kupu – kupu :

  • Ngegol adalah gerakan pinggul kekanan dan kekiri yang bersamaan dengan kaki kanan dan kari.
  • Ngeseh adalah gerakan ngejat bahu.
  • Nyeledet adalah gerakan bola mata kekanan atau kekiri yang diikuti oleh gekan kepala
  • Cegut adalah gerakan kepala melihat kebawah disertai mecuk alis.
  • Ileg – ileg adalah gerakan leher ngotag kekanan dan kekiri.
  • Nyeliyer adalah gerakan menutup satu mata.
  • Ngagem
  • Ngegol

Iringan Musik Tari Kupu Kupu

Musik yang digunakan untuk mengiringi Tari Kupu Kupu adalah gamelan orkestra Bali. Paduan bunyi gamelan yang dimainkan secara bersama – sama menimbulkan sebuah harmoni yang indah.

Selain itu gerakan dari para penari yang indah diiringi dengan alunan gamelan yang semarak menimbulkan harmoni yang indah dan kekompakan yang cantik. Selain itu ada sinden (penyanyi) yang mengalunkan lagu dengan indah, membuatnya menjadi lebih indah.

Property dan aksesoris tari kupu kupu

Aksesoris Tari Kupu Kupu

Aksesoris Tari Kupu Kupu – ilmuunik.com

Jika tarian lainnya memiliki kostum dan property lain yang menunjang tarian, begitu pula dengan tari kupu – kupu. Kostum yang berwarna – warni menyerupai kupu – kupu yang memiliki warna yang indah dan menawan. Juga selendang yang diikat di bagian pinggang para penari sehingga memberi kesan para penari dapat terbang.

Pakaian yang digunakan penari diberikan semenarik mungkin. Bagian atas adalah kemben dan bawahannya adalah kain batik. Untuk hiasan kepala menggunakan mahkota berwarna emas dan diberi antena sehingga menyerupai kupu – kupu. Warna – warni yang cerah digunakan dalam padu padan kostum penari.

Aturan Penari Tari Kupu Kupu

Tari Kupu Kupu

Tari Kupu Kupu – www.ilmunik.com

Penari adalah hal yang crucial dalam Tari Kupu Kupui. Tari Kupu Kupu ini biasa dilakukan oleh pria maupun wanita namun Tari Kupu Kupu bukan percampuran 2 gender. Jadi apabila penarinya pria, maka semua regu penari adalah pria dan begitu sebaliknya. Jumlah penari dalam tarian harus ganjil seperti 3 penari hingga 5 orang dalam grup penari kupu – kupu.

Itulah pembahasan tentang tari kupu –kupu, salah satu tarian kebanggan Indonesia sebagai keunikan dan eksotik bangsa. Tak kenal maka tak sayang, semakin kita mengenal budaya bangsa, maka semakin cinta dan bangga yang timbul kepada bangsa Indonesia.

 

Leave a Reply