Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Martapura Ogan Komering Ulu Timur

6 Kuliner dan Makanan Khas Martapura Ogan Komering Ulu Timur 1

sumber : cookpad

Makanan Khas Martapura – Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur atau lebih dikenal dengan singkatan OKU Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan.

Ibu kota Kabupaten ini terletak di Martapura. Ogan Komering Ulu Timur terbentuk sebagai pemekaran Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Kabupaten ini terkenal sebagai salah satu daerah yang maju dan terdepan di Provinsi Sumatra Selatan.

Suku Komering yang hampir 80 persen menempati wilayah ini seperti Di daerah Gunung Jati, Campang Tiga, Semendawai, Kangkung, Betung, Martapura, Gunung Batu, Muncak Kabau, Belitang, Buay Madang, Minanga, Belitang (sebagian), dan Madang Suku.

Berdasarkan data BPS OKU Timur 2019, jumlah penduduk kabupaten ini berjumlah 670.272 jiwa (2018).

Pindang Kuwol

pindang kuwol, Makanan Khas Martapura

pindang kuwol, Makanan Khas Martapura Ogan Komering Ulu Timur – sumber : cookpad

Makanan Khas Martapura kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang pertama adalah pindang kuwol.

Meski cukup ribet untuk menikmatinya, namun para penggemar pindang kuwol dengan sabar menyedot daging kuwol dari mulut kuwol yang sudah direbus selama beberapa menit agar tidak lengket ditempurungnya.

Kuwol yang bisa dikatakan keong versi kecil tersebut namun berwarna hitam biasa hidup di sawah-sawah warga.

Meskipun tidak tersedia setiap hari, namun masyarakat yang menginginkan untuk mencicipi makanan khas komering tersebut tetap bertanya untuk memesannya.

baca juga :

Sambal Jok-Jok

sambal jok jok

sambal jok jok – sumber : cookpad

Entah kapan asal mulonyo. Tapi yang jelas ini adalah warisan dari nenek moyang nya Komering, walau bukan berupa harta, Tapi warisan be jok jok membangkitkan selera makan.

Jok Jok akan tampil kalu ado kawannyon seperti Pindang, Pepes atau ikan Panggang, yang bersinergi dengan Pajak’an atau rebusan sayur.

Sambal ini terdiri dari Sambel Terasi tanpa tomat atau ranggam, Ikan pindang atau pepes tadi dicampur jadi satu.

Berikut nya masukan juga rebusan sesuai selera, seperti gambas atau kisik, timun rebus atau juga terong.

Lalu diberi rasa asam segar dari buah kedondong hutan atau jeruk nipis bisa juga dari beberapa tetes cuka makan. Kalau mau bisa ditambah satu sendok makan santan kelapa sebagai penggemuk rasa.

Keripik Pisang Ogan Komering

Makanan Khas Martapura Ogan Komering Ulu Timur selanjutnya adalah Keripik  pisang ogan komering.

makanan ini cukup renyah khas kota ini memang sangat luar biasa. kerenyahannya membuat orang pasti akan membelinya berkali-kali.

Jika kamu berkunjung ke kota ini maka jangan sampai lupa dengan cemilan khas ini ya.

 Pepes Tempoyak

6 Kuliner dan Makanan Khas Martapura Ogan Komering Ulu Timur 3

sumber : tandaseru

pepes tempoyak menjadi makanan khas Baturaja yang identik menggunakan ikan patin. Sebab, ikan patin berperan sebagai penambah nutrisi untuk tubuh sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Kekayaan cita rasa yang diberikan oleh pepes tempoyak khas Baturaja ini tentunya mampu menggugah selera penikmatnya. Hidangan ini sangat cocok disantap ketika keadaan panas sambil ditemani nasi yang hangat.

Perkedel Bayam

6 Kuliner dan Makanan Khas Martapura Ogan Komering Ulu Timur 4

sumber : selerasa

Perkedel bayam kukus menjadi salah satu kuliner khas Baturaja yang populer bahkan di wilayah lainnya di Sumatera Selatan.

Hidangan ini berbahan dasar kentang yang dipadukan dengan daun bayam yang dicincang halus sehingga tidak merusak cita rasa perkedel nantinya.

Uniknya, makanan tersebut diolah dengan metode dikukus. Namun tetap bisa digoreng kembali jika ingin mendapatkan tekstur yang renyah.

Selain itu, hidangan ini juga bisa dicampurkan dengan bahan lainnya seperti daging giling, keju, wortel, dan lainnya sesuai selera.

Keripik Pare

6 Kuliner dan Makanan Khas Martapura Ogan Komering Ulu Timur 5

sumber : indozone

Keripik pare juga menjadi salah satu kuliner khas Baturaja yang wajib dicicipi. Meski dikenal memiliki rasa yang pahit, nyatanya setelah dibuat menjadi keripik rasa pahit tersebut akan hilang.

Selain rasanya yang lezat, tekstur renyah dari keripik pare tentu mampu menggoyang lidah. Keripik ini juga bisa dikonsumsi menggunakan bumbu balado, tepung beras, atau penyedap lainnya agar kekayaan rasanya bertambah.

 

Leave a Reply