Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Borong Kabupaten Manggarai Timur

kuliner khas Borong Kabupaten Manggarai Timur

Tapa Kolo | Foto : www.floreseditorial.com

Kuliner dan Makanan Khas Borong Kabupaten Manggarai Timur – Salah satu ciri khas dari suatu daerah yang paling menonjol tidak hanya dari kebudayaan serta pemandangan alam yang indah, tetapi juga dari kuliner yang dimilikinya. Kuliner inilah yang bisa mengangkat nama daerah asalnya hingga dikenal masyarakat dengan lebih luas. Begitu juga dengan makanan khas Borong Kabupaten Manggarai Timur yang memiliki ciri khas yang menonjol dan wajib kamu coba.

6 Kuliner dan Makanan Khas Borong Kabupaten Manggarai Timur

Kalian dapat mencoba 6 pilihan makanan khas Borong Kabupaten Manggarai Timur yang sangat sayang untuk dilewatkan.

1. Tapa Kolo

Makanan Khas Borong

Tapa Kolo | Foto : www.floreseditorial.com

Kalian dapat mencoba makanan khas Borong Kabupaten Manggarai Timur yaitu Tapa Kolo. Dalam bahasa Manggarai Timur, tapa memiliki arti bakar dan kolo adalah nasi, sehingga tapa kolo merupakan nasi bakar dengan menggunakan bumbu khas daerah. Biasanya, tapa kolo disajikan pada saat tertentu seperti syukuran tahunan atau dapat juga di kebun sebelum memulai tanam padi atau acara besar dikampung-kampung. Tapa kolo menggunakan beras merah atau deal aka yang dibersihkan lalu dimasukan kedalam bambu berukuran kecil yang sudah dialasi dengan daun enau muda. Kemudian diberi air dan beberapa bahan campuran tambahan seperti daging babi atau ayam agar rasa tapa kolo semakin lezat.

2. Jojong

Makanan Khas Borong

Jojong | Foto : travel.kompas.com

Makanan khas Borong Kabupaten Manggarai Timur berupa hidangan tradisional yang tidak boleh ketinggalan adalah Jojong. Terbuat dengan bahan utama ubi kayu dan jagung, jojong diolah dengan proses panjang. Ubi yang digunakan adalah ubi kayu yang kemudian ditumbuk hingga menjadi halus dan berbentuk tepung, selanjutnya tepung ini diayak untuk memisahkan tepung halus dan kasar, lalu tepung halus inilah yang dimasak. Biasanya, jojong disajikan pada saat musim panen jagung atau pada musim awal tahun masa tanam di ladang-ladang.

3. Rebok

Makanan Khas Borong

Rebok | Foto : www.kompasiana.com

Terbuat dengan bahan baku tepung beras dan kelapa parut, membuat rebok menjadi makanan khas Borong Kabupaten Manggarai Timur yang wajib untuk kalian coba. Camilan satu ini dapat menjadi peneman perjalanan kalian yang mana memiliki rasa unik seperti biskuit, serta makanan ini juga termasuk dalam makanan sehat karena dimasak dengan cara disangrai yang mana tanpa menggunakan minyak. Rebok biasanya disajikan untuk menyambut tamu yang berkunjung dan juga dalam acara adat. Namun, kalian bisa menikmati makanan ini di warung-warung pinggir jalan bersama dengan camilan khas lain.

4. Kopi Colol

Makanan Khas Borong

Kopi Colol | Foto : tokopedia.com

Selain makanan khas khas Borong Kabupaten Manggarai Timur, kalian juga bisa menikmati kuliner lain yaitu kopi colol. Colol merupakan nama sebuah desa di Manggarai Timur yang dinobatkan sebagai desa wisata berbasis kopi. Apabila kalian penikmat kopi, pastikan tidak melewatkan kesempatan ini untuk berkunjung langsung ke tempat asal kopi berada. Rasa arabika dari kopi colol ini memiliki cita rasa yang sangat baik sehingga tak heran bila kopi colol sudah melalui serangkaian tahapan proses uji sertifikasi dan memenuhi syarat ekspor. Kalian bisa menikmati kopi colol yang saat ini sudah tersebar hingga ke mancanegara.

5. Kokis Ene

Makanan Khas Borong

Kokis Ene dan Kopi Pa’it | Foto : www.congkasae.com

Makanan khas Borong Kabupaten Manggarai Timur dengan bahan baku beras yang ditumbuk hingga menjadi tepung ialah kokis ene. Untuk memasak makanan ini, tepung besar dicampur dengan hancuran pisang yang sudah sangat matang. Tepung beras dan pisang dicampur hingga menjadi adonan yang tidak bisa dibentuk dengan tangan, bila adonan dapat dibentuk dengan tangan maka pemberian tepung terlalu banyak. Lalu, adonan tadi dibentuk menggunakan sendok kecil seperti berbentuk bola. Kemudian, masak diminyak panas hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan keluar wangi khas yang sedikit manis. Kokie ene biasaya disajikan dalam acara adat yang berupa syukuran karena diberi hasil panen yang melimpah, tetapi juga bisa kalian nikmati sebagai camilan sehari-hari oleh masyarakat setempat.

6. Kopi Pa’it

Sebagai peneman kokie ene, kopi pa’it bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Kuliner khas Borong Kabupaten Manggarai Timur ini memiliki cita rasa khas karena disajikan tidak menggunakan gula. Karena penyajiannya inilah, sajian kopi dinamakan kopi pa’it. Kopi di godok atau di rebus hingga mendidih dan mengeluarkan aroma yang khas, lalu diminum begitu saja tanpa adanya tambahan apapun. Kopi ini dapat diminum bersama dengan teman makan seperti kokis ene dan teko atau talas. Tradisi meminum kopi tanpa gula ini sudah dilakukan secara turun temurun. Namun, saat ini, kalian bisa menemukan kopi pa’it di warung-warung pinggir jalan.

Artikel Terkait

Leave a Reply