Kuliner

6 Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan yang legendaris

6 Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan yang legendaris 1

sumber : touttoba.com

Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan – Nusantara ini memang sangat kaya dengan segudang suku dan adat istiadat dan pastinya juga tidak ketinggalan dengan ragam kulinernya.

Bahan masakannya bisa saja sama, seperti halnya daging, ikan, sayur, serta juga bumbu standar, namun untuk setiap daerah itu mempunyai satu dua bumbu pembeda yang akan membuat masakan di tiap daerah tersebut terasa bisa berbeda.

Baca Juga ya :

Kota Sipirok Tapanuli Selatan

Kota Sipirok Tapanuli Selatan – foto beritaanda.net

Kota Sipirok merupakan salah satu kecamatan, sekaligus juga pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara, Indonesia. Jarak kota Medan menuju ke Sipirok sekitar 356 km, atau sekitar 8- 9 jam dengan menggunakan transportasi darat ke arah selatan.

Ciri khas dari Kota Sipirok ini yaitu akan hawanya yang cukup sejuk karena berada di lembah gunung Sibualbuali Pegunungan Bukit Barisan.

Tak heran jika ada banyak sekali sumber air panas (aek milas/ pemandian yang mengandung belerang) yang terletak di beberapa lokasi: Aek milas parandolok, Sosopan, Parau sorat Parau Sorat, Sipirok, Tapanuli Selatan, situmba dan lain-lain.

Berikut ini beberapa Kuliner khas kota Sipirok Tapanuli Selatan yang sangat menggoda selera

1. Hollat, Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan yang Lezat

Holat, Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan

Holat, Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan – sumber : gramho.com

Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan yang pertama yang harus kalian coba adalah Sop Holat.

Holat adalah Kuliner khas dari Tapanuli yang  terbuat dari ikan mas bakar, diberi kuah yang terbuat dari serutan kulit kayu Balaka (balakat) dan beras tumbuk.

Rasa Holat sangat gurih, sepat-sepat, agak manis sedikit, dan terasa segar apalagi jika dimakan panas-panas.

2. Pakkat

Holat, Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan

Holat, Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan – sumber : cookpad.com

Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan yang kedua dan harus kalian coba yaitu pucuk rotan  atau yang biasa bagi warga lokal disebut pakkat.

Cara pengolahan Pakkat sangat mudah karena hanya direbus dan atasnya ditaburi dengan bawang goreng.

Biasanya pakat merupakan menu yang hanya bisa kamu temui jika ada hajatan atau pada saat Ramadhan. Namun, dengan munculnya restoran ini, menu tersebut bisa kamu nikmati kapan saja.

Semangkok pakkat ini dihidangkan bersama dengan sambal cabe hijau yang telah digiling halus dengan sepotong jeruk nipis, kecap manis dan asin (tergantung selera) serta lalapan berupa petai atau jengkol mentah. Dimakan dengan nasi panas, memang sungguh nikmat dan pasti bikin ketagihan.

3. Daging Bakar Sambal Asam

Daging Bakar Khas Sipirok

Daging Bakar Khas Sipirok – sumber : pixabay.com

Selintas menu ini memang mirip dengan dendeng balado yang biasa disajikan di rumah makan Padang. Tapi untuk daging bakar khas Sipirok ini mempunyai potongan daging yang lebih mungil.

Potongan-potongan kecil daging bakar ini berupa kerbau atau sapi disajikan dengan saus sambal asam dengan rajangan bawang  merah.

Rasa asam muncul dari perasan jeruk nipis. Sedangkan untuk sambalnya yang sangat pedas menggunakan cabai rawit asal daerah tersebut. Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan ini akan semakin nikmat saat disantap bersama nasi yang masih panas.

4. Ikan dengan Sinyarnyar Andaliman

Ikan Bakar Sinyarnyar, Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan

Ikan Bakar Sinyarnyar, Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan – sumber : idntimes.com

Menu ikan bakar ini memang berbeda dengan sajian ikan bakar yang lainnya. Ada tambahan khusus yaitu berupa bumbu sinyarnyar atau yang disebut juga andaliman.

Salah satu jenis Kuliner khas dari Sipirok itu memang terlihat berminyak dengan bintik-bintik hitam sinyarnyar. Disini ikan mas digunakan sebagai bahan baku utamanya.

Begitu kamu mencicipinya, maka rasa sedikit pedas langsung menyengat. Selanjutnya, lidah akan tersengat getah sinyarnyar yang menjadi bumbu utama dari ikan bakar tersebut.

5. Lappet

6 Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan yang legendaris 4

sumber : batakpedia

Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan selanjutnya adalah Kue Lappet. Lappet adalah salah satu jenis jajanan tradisional yang banyak dijumpai hampir di semua kota di Sumatra utara.

Lapet sendiri terbuat dari  tepung beras, kelapa dan gula merah kemudian di bungkus pakai daun pisang lalu di kukus hingga matang.

Kue lampet juga menjadi jajanan atau Kuliner tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli.

Kue ini biasanya dibentuk menyerupai limas dan dibungkus daun pisang, proses pembuatannya tidak begitu rumit, dimulai dari tepung beras, kelapa parut yang tidak terlalu tua, dan dicampur.

6. Arsik

6 Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan yang legendaris 5

sumber : tourtoba.com

Kuliner Khas Sipirok Tapanuli Selatan yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Arsik.  Arsik adalah salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer.

Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya.

Arsik merupakan olahan ikan mas yang di goreng kering dan juga di siram dengan kuah pedas yang rasa kuah itu kaya akan rempah.

Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas dari wilayah pegunungan Sumatra Utara, seperti kamuliman dan asam cikala (buah kecombrang), selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas dan serai.

Itulah tadi deretan 6 kuliner atau Kuliner khas kota Sipirok Tapanuli Selatan yang sangat menggugah selera makan kamu semua.

Apabila kamu mampir ke kota ini maka jangan lupa ya! dengan Kuliner khas ini.

 

Leave a Reply