Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Tarutung Tapanuli Terbaik

Makanan Khas Tarutung Tapanuli

Kuliner dan Makanan Khas Tarutung, Sumber: pesona.travel

Tarutung merupakan salah satu daerah  di Sumatera Utara yang terletak di dataran tinggi. Tempat ini memang terkenal sebagai surga bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan mereka. Selain itu, untuk urusan perut, ada banyak makanan khas Tarutung yang akan memanjakan lidah anda. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang rela datang jauh-jauh hanya untuk mencicipi makanan khas di sini.

Kuliner dan Makanan Khas Tarutung Terbaik

Di bawah ini kami akan memberikan referensi seputar daftar makanan khas Tarutung yang tidak boleh kamu lewatkan. Liburanmu di sini akan terasa kurang lengkap jika kamu tidak sampai mencicipi kuliner khasnya.

1. Ikan Tombur

makanan khas Tarutung

Ikan Tombur, Sumber: pesona.travel

Makanan khas Tarutung yang pertama adalah ikan Tombur. Memiliki nama lain Natinombur, kuliner yang satu ini sebenarnya merupakan ikan bakar. Hanya saja yang memberikan rasa yang berbeda dengan ikan bakar pada umumnya adalah karena bumbu pada ikan ini merupakan bumbu khas Tapanuli. Keunikan dari kuliner khas di Tarutung ini adalah penggunaan andaliman.

Ada beberapa jenis ikan air tawar yang biasanya dijadikan sebagai menu ikan tombur, misalnya ikan nila, ikan mas, mujahir, lele, dan lain-lain. Untuk cara memasaknya yaitu ikan dibakar terlebih dahulu. Ketika dirasa sudah matang, baru dilumuri bumbu khas tombur.

2. Dekke Naniura

makanan khas Tarutung

Dekke Naniura, Makanan Khas Tarutung Tapanuli Sumatera Utara – Sumber: id.wikipedia.orang

Meskipun sama-sama memakai ikan sebagai bahan utama, namun Dekke Naniura memiliki nilai keunikan tersendiri diabndingkan hidangan lainnya. Bagaimana tidak, dahulu kuliner ini hanya disajikan untuk raja-raja Batak maupun disuguhkan hanya ketika ada upacara adat. Namun sekarang, kamu bisa menemukan kuliner yang satu ini di berbagai tempat makan terkenal di Tarutung.

Selain itu, yang menjadikan Dekke Naniura semakin spesial adalah cara memasaknya. Bahannya tidak dibakar melainkan disajikan dalam kondisi masih mentah. Sebelum menyajikan dekke naniura, ikan akan terlebih dahulu direndam di  perasan jeruk limau dan larutan asam.

Masyarakat yang tinggal di Tarutung percaya bahwa melalui cara inilah bakteri yang membahayakan kesehatan akan mati. Cara ini juga mampu menghilangkan bau amis pada ikan. Setelah itu, ikan akan langsung dilumuri bumbu halus dengan rasa sangat lezat.

Baca Juga ya :

3. Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo, Sumber: tripelaketoba.com

Makanan khas Tarutung yang ketiga adalah Dali Ni Horbo. Untuk cara memasaknya sebenarnya sama yakni dengan menggunakan bumbu arsik yang ditambahkan ikan. Namun perbedaannya yakni dali ni horbo tidak menjadikan ikan sebagai bahan utama. Bahannya berasal dari susuk kerbau yang sebelumnya dipadatkan.

Tidak sedikit masyarakat di Tarutung atau Tapanuli Utara menamai hidangan ini sebagai kejunya orang Batak. Hal ini karena proses pemadatan susu kerbau tersebut hampir sama ketika kamu hendak membuat keju.

4. BPK, Makanan Khas Tarutung yang menggoda

BPK

BPK, Sumber: Hitabatak.com

Jika kamu merupakan seseorang yang tidak masalah mengkonsumsi makanan halal atau non halal, maka cobalah untuk mengkonsumsi BPK. BPK merupakan singkatan dari Babi Panggang Kuno yang tentunya kamu sudah tahu bahwa makanan ini menggunakan daging babi sebagai bahan utama. Namun tidak sembarang daging babi yang bisa dijadikan sebagai BPK.

Daging babi yang diperoleh harus dari babi yang tidak terlalu tua. Untuk penyajiannya yaitu daging dibumbui kecap serta bumbu khas dari masyarakat Tarutung. Setelah itu, daging yang sudah dilumuri bumbu tersebut dibakar. BPK biasa disajikan dengan sambal hijau atau daung singkong tumbuk yang akan memberikan rasa begitu nikmat.

5. Ombus-Ombus, Makanan Khas Tarutung

Ombus-Ombus Makanan Khas Tarutung

Ombus-Ombus, Makanan Khas Tarutung – Sumber: cookpad.com

Jika kamu sudahpuas mengisi perutmu dengan makanan utama, maka sekarang beralih ke makanan pencuci mulut. Makanan tersebut diberi nama Ombus-Ombus. Makanan khas Tarutung yang satu ini terbuat dari tepung beras serta gula merah. Kemudian dua bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang.

Setelah itu, tepung serta gula harus dikukus sampai matang. Sebenarnya untuk hidangan seperti ini hampir sama dengan hidangan yang ada di Pulau Jawa. Hidangan tersebut disebut Dongkal.

Baca Juga ya :

6. Kopi Lintong

makanan khas Tarutung

Kopi Lintong, Sumber: pesona.travel

Kopi Lintong menjadi kuliner dan minuman khas di Tarutung yang juga harus anda coba. Jika pada umumnya kuliner merupakan sebuah makanan, namun kali ini kamu harus mencicipi minuman khas yang memiliki rasa tiada duanya. Untuk menemukan kopi ini tidak sulit karena terdapat di hampir kedai kopi yang terletak di Tarutung, Tapanuli Utara.

Leave a Reply