Tentang Kota, Pengetahuan

Mengenal Kota Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Kota Sipirok Tapanuli Selatan

Kota Sipirok Tapanuli Selatan - foto beritaanda.net

Mengenal Kota Sipirok – Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai kepulauan. Kepulauan tersebut terbagi lagi menjadi beberapa wilayah dengan potensi daerah masing – masing. Ada yang terkenal karena tanah pertaniannya yang terhampar luas, ada juga yang terkenal karena hasil laut yang melimpah.

Sumatera Utara adalah salah satu provinsi yang dimiliki Indonesia. Provinsi yang terletak di bagian utara Pulau Sumatera ini memiliki potensi daerah yang cukup besar. Baik dari hasil alamnya maupun dari pariwisatanya. Salah satu daerah yang memiliki potensi tersebut adalah Kota Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Mengenal Lebih Dekat Kota Sipirok

Kota Sipirok Tapanuli Selatan

Kota Sipirok Tapanuli Selatan – foto beritaanda.net

Kalau kamu orang Sumatera Utara, kamu pasti udah nggak asing dengan nama “Sipirok”. Ya, daerah ini merupakan ibukota dari Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara.

Kota kecil yang terletak di lembah Gunung Sibualbuali ini terkenal sebagai kota kelahiran orang – orang besar.  Hal itu dikarenakan banyak orang – orang besar yang berasal dari kota ini. Kamu bisa melihat peta daerah Sipirok di sini.

Berada di lembah Gunung Sibualbuali, tentunya membuat udara kota ini terasa sejuk.  Kota ini juga memiliki pemandangan yang sangat mempesona.  Selain itu, kamu bisa menemukan sumber air panas di beberapa lokasi kota ini.

Baca Juga ya :

Alun - Alun Kota Sipirok

Alun – Alun Kota Sipirok – Sumber : Facebook

Awalnya Sipirok hanyalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan.  Pada tahun 2001, Padangsidempuan yang merupakan ibukota Tapanuli Selatan mengalami pemekaran sehingga berubah menjadi kota madya.

Oleh karena itu, ibukota Tapanuli Selatan digantikan oleh Kota Sipirok.  Hal ini menyebabkan beberapa kantor pemerintahan yang berada di Padangsidempuan dipindahkan ke Sipirok pada tahun 2004.

Luas Wilayah dan Kependudukan

Mengenal Kota Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan 1

Peta Daerah Sipirok – Sumber : Wikipedia

Kota Sipirok memiliki luas wilayah kurang lebih 461,75 km² yang terbagi atas 6 kelurahan yaitu Baringin, Bunga Bondar, Huta Suhut, Parau Sorat, Pasar Sipirok dan Sipirok Godang. Kelurahan tersebut terdiri atas beberapa desa, jumlah desa yang ada di Kecamatan Sipirok ini kurang lebih ada 34 desa.

Sipirok berbatasan dengan kecamatan Arse, Batang Toru, Marancar dan Angkola Timur yang masih merupakan kecamatan dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Selain itu, daerah ini juga berbatasan dengan daerah Tapanuli Utara dan Provinsi Sumatera Barat.

Menurut data BPS Kabupaten Tapanuli Selatan, jumlah penduduk Kecamatan Sipirok pada tahun 2016 berjumlah 31.142 jiwa. Penduduk yang tinggal di Kota ini didominasi oleh orang Batak dari sub etnik Angkola, Mandailing, Toba, Simalungun dan Karo. Selain itu, ada juga masyarakat yang berasal dari keturunan Padang.

Baca juga artikel lainnya :

Perekonomian dan Potensi Wilayah

Pusat perkantoran Tapanuli selatan di kota sipirok

Pusat perkantoran Tapanuli selatan di kota sipirok – foto harian9.com

Letak wilayah yang berada di lembah gunung berapi aktif membuat tanah Sipirok menjadi subur. Oleh karena itu, perekonomian di daerah ini di dominasi dengan pertanian dan perkebunan. Salah satu komoditas daerah ini yang terkenal karena kualitasnya adalah padi. Selain itu, kopi dan cengkeh daerah ini juga memiliki kualitas yang baik.

Tak hanya bidang agraris, Sipirok juga berkembang dalam bidang kerajinan. Banyak industri kecil yang bekerja di bidang kerajinan. Hasil industri kerajinan ini berupa manik – manik, kain ulos dan keramik.

Objek Wisata dan Kuliner

Mengenal Kota Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan 2

Kopi Sipirok – Sumber : ramadan.bisnis.com

Sipirok juga memiliki destinasi wisata yang menjadi incaran para travellers. Keindahan alamnya yang mempesona dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi objek wisata alam. Beberapa wisata yang terkenal dari daerah Sipirok adalah Gunung Sibualbuali, Air Terjun Si Lima – lima dan Gunung Lubukraya.

Selain kaya akan objek wisata, kamu juga bisa memanjakan lidahmu dengan mencicipi beragam makanan khas sipirok. Makanan khas daerah ini terkenal dengan cita rasa asam-gurih. Makanan khas yang terkenal dari Sipirok adalah daging bakar sambal asam dan sop tulang kerbau.

Aek Sijorni di Sipirok

Aek Sijorni di Sipirok – Sumber; Kumparan

Selain makanan khas diatas, Kota Sipirok juga terkenal dengan kopinya. Konon, kopi khas Sipirok sudah menjadi primadona sejak jaman kolonial lho. Bahkan, kopi luwak yang berasal dari  daerah ini sudah terkenal di mancanegara, salah satunya Korea Selatan. Jadi, kalau kamu mampir ke daerah ini, jangan lupa untuk mencicipi kopi Sipirok yaa.

Nah, setiap tahunnya juga daerah ini selalu mengadakan festival kopi. Tujuannya tak lain untuk mengenalkan komoditas kopi daerah ini ke masyarakat. Bahkan, festival ini sudah menjadi event resmi Kabupaten Tapanuli Selatan lho. Festival ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti stand pameran hasil olahan kopi, penampilan seni-tradisi masyarakat serta pemilihan putra – putri kopi.

Leave a Reply