Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Kota Salak Pakpak Bharat

kuliner dan makanan khas kota Salak Pakpak Bharat

Kuliner dan Makanan Khas Kota Salak Pakpak Bharat, foto: ksmtour.com

Makanan Khas Kota Salak Pakpak Bharat – Apa kamu hobi wisata kuliner? Indonesia memang terkenal sebagai negara yang memiliki banyak menu makanan tradisional dengan cita rasa yang khas. Mungkin ada ribuan makanan khas yang tersebar di seluruh Indonesia dimana masing-masing memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri.

Namun bagi kamu yang memang hobi mengkonsumsi mengkonsumsi makanan khas suatu daerah, akan disayangkan jika kamu tidak sampai mengkonsumsi kuliner dan makanan khas kota Salak Pakpak Bharat.

Tempat Kuliner di Kota Salak Pakpak Bharat

kuliner dan makanan khas kota Salak Pakpak Bharat

Tempat Kuliner & Makanan Khas Kota Salak Pakpak Bharat, foto: cookpad.com

Kota Salak adalah kota yang berlokasi di Kecamatan dan Kabupaten Pakpak Bharat. Kota ini berlokasi di provinsi Sumatera Utara yang mana banyak orang mengenalnya karena memiliki banyak makanan khas yang akan membuat siapapun ketagihan dan ingin mencicipinya tersebut. Salah satu makanan khas tersebut bernama Pelleng.

Pelleng merupakan makanan yang dihidangkan dengan maksud untuk menyambut tamu atau karena dalam rangka merayakan kejadian atau peristiwa tertentu yang dianggap penting. Pelleng memiliki ciri khas yakni warnya kuning dengan diatasnya diberi cabai hijau atau cabai merah sebagai topping.

Jika Pelleng yang diberi topping cabai hijau, maka disebut Pelleng Si Cina Mrratah. Sementara jika ada Pelleng yang memiliki topping cabai merah, maka dinamakan Pelleng Si Cina Mbara. Lalu dimana kira-kira anda bisa mendapatkan Pelleng maupun makanan lezat yang ada di kota Salak Pakpak Bharat yang lainnya? Berikut ini jawabannya.

1. Batagor Martabak Roti Bakar Simp 4

Kuliner dan makanan khas kota Salak Pakpak Bharat yang pertama adalah Batagor Martabak Roti Bakar Simp 4. Tempat ini berjarak kurang lebih 0,4 KM dari kota Salak. Lokasinya berada di Jl. Sikadang Njandi Salak Sumatera Utara. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner bagi wisatawan yang berlibur ke Salak Pakpak Bharat.

Batagor Martabak Roti Bakar

Martabak makanan khas kota Salak Pakpak Bharat – foto naresep.blogspot

Pasalnya, di sini menyajikan menu makanan lezat dengan cita rasa yang khas. Martabak, Roti Bakar, dan Batagornya memang memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang dijual di tempat lain. Jika kamu penasaran, maka silahkan datang ke tempat ini sesuai dengan alamat yang sudah kami sebutkan.

Baca Juga ya :

2. Restoran Nelayan Sumsum Kecupak

Jika kamu suka mengkonsumsi makanan laut, maka datanglah ke restoran ini. Di sini kamu akan menjumpai berbagai macam hidangan laut yang akan membuat lidah anda benar-benar dimanjakan.  Lokasinya berada di Jl. Lae Une Salak Sumatera Barat. Restoran ini memiliki jarak sekitar 2,97 KM dari Kota Salak sehingga masih mudah dijangkau.

Sumsum Kecupak

Sumsum Kecupak – asokaremadja.com

Para wisatawan yang berlibur ke Salak Pakpak Bharat maupun hanya melewati kota Salak biasanya mampir dulu ke restoran ini. Selain menyajikan menu makanan khas yang khas, ternyata Restoran Nelayan Sumsum Kecupak juga menawarkan suasana restoran yang menenangkan.

3. RM. Garuda

Kuliner dan makanan khas di kota Salak Pakpak Bharat yang ketiga berada di RM. Garuda. Rumah Makan Garuda merupakan sebuah tempat makan yang paling baik anda kunjungi ketika malam hari. Ya, tempat ini sangat cocok untuk anda jadikan sebagai lokasi makan malam bersama keluarga maupun pasangan anda.

Rumah Makan Garuda kota salak

Rumah Makan Garuda kota salak – foto idntimes.com

Lokasi Rumah Makan Garuda ada di Sibande STT Jehe Pakpak Bharat Sumatera Utara. Untuk bisa sampai ke sini tidak terlalu jauh karena hanya menempuh jarak 4.57 KM dari Kota Salak.

4. Pelleng, Makanan Khas Kota Salak Pakpak Bharat

Pelleng adalah Makanan Khas Kota Salak Pakpak Bharat yang juga tak boleh kalian coba lewatkan. Pelleng sendiri  merupakan jenis kuliner khas Pakpak yang mirip bentuknya seperti nasi tumpeng makanan khas Jawa. Bagi anda yang ingin mencoba jenis kuliner Pelleng ini bisa kalian temukan diacara acara tertentu.

pelleng Makanan Khas Kota Salak Pakpak Bharat

pelleng Makanan Khas Kota Salak Pakpak Bharat – foto ksmtour.com

Pelleng ataupun nasi kuning merupakan salah satu masakan khas yang paling populer di kalangan warga kota salak khusunya Suku PakPak. Pada masa lampau, Pelleng merupakan makanan bagi mereka yang hendak berangkat berperang. Sebelum berangkat ke medan perang, maka mereka menyantap Pelleng sebagai makanan yang berfungsi untuk membangkitkan semangat dan keberanian.

5. Rumah Makan Mie Aceh Onan Salak

Mungkin anda sudah familiar dengan Mie Aceh dan rasanya. Namun rasa yang akan anda dapatkan berbeda ketika mengunjungi Rumah Makan Mie Aceh Onan Salak. Tempat ini beralamat di Jl. Lae Ordi Salak Salak Sumatera Utara. Jaraknya hanya 0,18 KM dari  Kota Salak sehingga tidak ada alasan untuk anda tidak mengunjunginya.

Baca Juga ya :

6. Kedai Cofee Jack Kecupak

Kedai Coffee Jack Kecupak

Kedai Coffee Jack Kecupak – foto foursquare.com

Untuk tempat kuliner yang satu ini lebih kepada breakfast spot dengan jarak sekitar 2.91 KM dari Kota Salak. Di sini merupakan surga bagi para penikmat kopi karena kopi yang dihidangkan memiliki cita rasa yang khas. Anda bisa memilih berbagai minuman kopi yang sesuai keinginan anda. Selain itu, ada juga beberapa menu makanan yang bisa anda jadikan sebagai cemilan sebelum berangkat kerja.

Leave a Reply