Intip Megahnya Islamic Center Siak Riau - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Masjid

Intip Megahnya Islamic Center Siak Riau

Masjid Agung islamic Center kabupaten Siak

Masjid Agung islamic Center kabupaten Siak - foto ig wahyu_portrait

Islamic Center Siak atau Masjid Agung islamic Center kabupaten Siak adalah pusat kajian keislaman yang ada di Siak.

Selain sebagai tempat ritual peribadatan seperti sholat berjamaah, di sini juga digunakan sebagai sarana untuk mendidik anak-anak santri ilmu agama. Termasuk ada lembaga tahfidz Quran yang cukup terkenal.

Masjid dan pusat kajian Islam ini dibangun dengan desain yang sangat megah. Makanya, rumah ibadah sekaligus lembaga sekolah ini telah menjadi ikon populer di Siak. Apalagi banyak lulusan yang berhasil menjadi tahfidz terkenal di wilayah tersebut.

Nah, pada artikel berikut ini, ulasannya seputar Islamic Center Siak. Di dalamnya berisi ulasan seputar desain, kegiatan serta sarana dan prasarana masjid. Termasuk akan dijabarkan terkait alamat dan rute menuju Islamic Center.

Jadi, kalau ingin mengetahui informasi seputar Islamic Center Siak yang detail, silakan dibaca di sini:

Islamic Center Siak

Islamic Center Siak

Islamic Center Siak – foto ig yolikoto

Islamic Center Siak merupakan pusat kajian Islam sekaligus masjid termegah yang ada di Siak.

Salah satu kelebihan dari masjid ini adalah memiliki menara tunggal yang didesain dengan kemiringan tertentu. Lokasinya tepat di depan sekolah dengan posisi agak ke sisi kanan.

Masjid Sultan Syarif Hasyim sendiri berada di belakang sekolah tersebut tetapi masih di dalam satu kawasan.

Sekalipun berada di dalam area gedung islamic center dan sekolah tahfidz, masjid ini tetap dibuka untuk masyarakat setempat.

baca juga :

Masjid Agung islamic Center kabupaten Siak

Masjid Agung islamic Center kabupaten Siak – foto ig wahyu_portrait

Bahkan masjid islamic center Siak sering dijadikan tempat sholat berjamaah dan acara bulan ramadhan.

Jika sedang ke Siak, silakan mampir ke tempat ini. Traveller bisa bertanya-tanya tentang Islam atau hanya sekadar berfoto selfie untuk mengabadikan kemegahan masjid dan gedung.

Yang jelas bangunan ini tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi di dalamnya juga ada madrasah untuk penghafal Quran.

Desain Islamic Center Siak

Desain Islamic Center Siak

Desain Islamic Center Siak – foto ig irwan1067i

Islamic Center Siak berada di atas tanah yang cukup luas. Di sana juga ada masjid, gedung kajian serta madrasah untuk para tahfidz.

Semuanya berada di dalam satu area termasuk gedung perpustakaan dan gedung yayasan. Oleh karena dikelola dengan baik, islamic center ini tidak pernah kering dari kegiatan.

Islamic center didesain seperti gedung biasa. Di bagian depan terdapat pintu gerbang. Kalau agak masuk ke dalam, traveller akan menemukan sebuah atap yang di bawahnya seperti terowongan untuk masuk ke area islamic center.

Sedangkan di sisi kanan dan kiri terdapat jendela tak berpintu dengan desain lengkung seperti desain jendela masjid yang umum di Indonesia.

Gedung pertama berada di bagian tengah yang di bagian atapnya terdapat kubah berwarna biru dengan ukuran cukup besar.

Sedangkan di bagian kanan dan kiri dari bangunan ini, juga terdapat bangunan yang sama tetapi ukuran kubahnya lebih kecil. Jadi, kalau dilihat dari kejauhan, gedung ini seakan berjumlah tiga unit yang bersambung menjadi satu.

Fasilitas Islamic Center Siak

Fasilitas Islamic Center Siak

Fasilitas Islamic Center Siak – foto ig @aditpratama

Karena Islamic Center Siak merupakan masjid dan juga sekolah, tentu fasilitas di dalamnya sangat lengkap.

Selain ada perpustakaan, di sini juga ada laboratorium komputer, ruang kesehatan, kantin hingga perumahan untuk marbot dan guru tetap.

Maka dari itu, jika traveller masuk ke dalam area, pasti akan menemukan beberapa bangunan yang didesain dengan sangat rapi.

Selain fasilitas pendidikan di atas, di Islamic Center Siak juga terdapat fasilitas standar sebuah masjid.

Salah satunya fasilitas wudu’, toilet, mihrab, ruang pertemuan takmir, hingga area yang luas untuk pemotongan hewan kurban. Fasilitas-fasilitas inilah yang membuat siapapun bisa beribadah dengan nyaman di sana.

Sejatinya masih banyak fasilitas yang akan dipersiapkan oleh pengelola Islamic Center Siak. Termasuk untuk menambah unit kelas bagi siswa tahfidz yang jumlahnya terus bertambah setiap tahun.

Ini merupakan tuntutan umat yang menjadi tanda kalau perkembangan Islam di Siak sudah begitu pesat.

Kegiatan di Islamic Center Siak

Kegiatan di Islamic Center Siak

Kegiatan di Islamic Center Siak – foto ig agusti_ino

Sebagai sebuah masjid, pusat kajian Islam dan sekolah, tentu Islamic Center Siak tidak pernah sepi dari kegiatan.

Tentunya kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan keagamaan dan sosial. Kegiatan rutin di sini di antaranya sholat berjamaah dan hafalan para santri.

Kegiatan lain di Islamic Center adalah buka bersama, pertemuan rutin bulanan takmir, majelis Ta’lim hingga even atau lomba-lomba seperti tilawah dan tartil.

Hal ini yang membuat Islamic Center cukup terkenal dan menarik minat banyak orang tua untuk memasukkan putra dan putrinya ke lembaga ini.

Alamat Islamic Center Siak

Islamic Center Siak

Islamic Center Siak // infosiak.com

Islamic Center Siak beralamat di Jalan Guntung Kampung Rempak, Kabupaten Siak, Riau.

Ini memang kawasan agamis Siak karena di sekitar lokasi masih banyak masjid-masjid yang lain dengan jarak yang cukup berdekatan. Semuanya berdesain megah serta dibangun di atas tanah yang cukup luas.

Demikianlah ulasan singkat tentang Islamic Center Siak. Semoga apa yang telah dijelaskan ini bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda. Sehingga Anda semakin tertarik untuk mendatangi lembaga ini suatu saat nanti.

Leave a Reply