6 Tempat Wisata di Siak Riau - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Daftar Wisata, Alam, Danau, Taman

6 Tempat Wisata di Siak Riau

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura - Sumber: batiqa.com

Tempat Wisata di Siak – Siak merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Dulu, Siak merupakan bagian dari kawasan Kesultanan Siak Sri Indrapura. Dimana, Sultan Syarif Kasim II merupakan sultan terakhir pada kesultanan ini. Apabila kita berkunjung ke Kabupaten Siak, akan banyak peninggalan kesultanan yang bisa ditemukan. Bahkan saat ini beberapa tempat dan peninggalan kesultaan dijadikan tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

Siak tidak hanya menghadirkan tempat wisata sejarah yang sakral akan cerita. Namun, kamu akan menemui banyak tempat yang bisa didatangi saat mengunjungi Kabupaten Siak Riau. Sebab, Siak juga punya tempat wisata alam dan wisata modern lainnya yang instagrammable loh. Apa saja itu? Inilah 6 tempat wisata di Siak Riau yang patut kamu kunjungi.

1. Istana Siak Sri Indarapura

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura - Sumber: batiqa.com

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura – Sumber: batiqa.com

Nah, salah satu peninggalan kesultaanan melayu Siak yang masih bertahan sampai saat ini adalah Istana Siak Sri Indarapura. Uniknya, istana ini disebut-sebut sebagai istana yang bergaya ala kastil eropa. Penasaran?

Saat memasuki Istana Siak Sri Indrapura atau dikenal juga Istana Asserayah Hasyimiyah ini, kamu akan menemui banyak peninggalan benda-benda istana yang masih dirawat dengan baik. Bahkan ada barang yang masih berfungsi dengan baik, diantaranya replika mahkota raja, alat makan istana, bahkan singgahsana raja yang masih sangat terawat.

Untuk merasakan wisata sejarah ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Istana yang juga dikenal dengan Istana Matahari Timur ini kini dikelola oleh pemda Kabupaten Siak.

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, silahkan mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura ini saat berada di Kabupaten Siak. Kamu bisa berkunjung ke istana ini setiap hari di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kp. Dalam, Kota Siak, Kabupaten Siak, Riau dari pukul 09.00-17.00 WIB.

Baca juga nih:

2. Makam Koto Tinggi

Makan Koto Tinggi merupakan makam dari para raja Kesultanan Siak terdahulu. Anehnya, Makam Koto Tinggi justru sama sekali tidak memberikan kesan horor dan menyeramkan. Bahkan saat malam hari sekalipun, komplek makam koto tinggi akan terang dengan ornament lampu yang sengaja dipasang.

Pengunjung yang berdatangan ke makam koto tinggi inipun sangat banyak. Pengunjung tidak hanya  melakukan ziarah, namun banyak juga pengunjung yang hanya ingin menyicipi wisata sejarah dan menikmati taman yang ada disana.

Makam Koto Tinggi ini berlokasi tepat di pusat kota Siak yaitu Jl. Sultan Ismail, kota Siak Sri Indrapura. Kamu cukup berjalan selama sekitar 5 menit saja dari Istana Siak Sri Indrapura untuk sampai ke Makam Koto Tinggi.

Uniknya, bangunan ini beronamen melayu dan arab dengan 6 pintu di sekeliling bangunan.

3. Danau Zamrud

Danau Zamrud adalah salah satu tempat wisata di Siak. Sebenarnya, kawasan ini adalah gabungan dari dua danau yang berdampingan yaitu Danau Pulau Besar dan Danau Bawah. Nah, karena kedua danau terseburt sama-sama berada di Desa Zamrud, maka kawasan kedua danau ini lebih populernya di sebut sebagai Danau Zamrud.

Tempat Wisata di Siak, Danau Zamrud - Sumber: zamrud.co.id

Tempat Wisata di Siak, Danau Zamrud – Sumber: zamrud.co.id

Leave a Reply