Daftar Wisata, Alam, Danau, Taman

6 Tempat Wisata di Siak Riau

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura - Sumber: batiqa.com

Tempat Wisata di Siak – Siak merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Riau. Dulu, Siak merupakan bagian dari kawasan Kesultanan Siak Sri Indrapura. Dimana, Sultan Syarif Kasim II merupakan sultan terakhir pada kesultanan ini. Apabila kita berkunjung ke Kabupaten Siak, akan banyak peninggalan kesultanan yang bisa ditemukan. Bahkan saat ini beberapa tempat dan peninggalan kesultaan dijadikan tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

Siak tidak hanya menghadirkan tempat wisata sejarah yang sakral akan cerita. Namun, kamu akan menemui banyak tempat yang bisa didatangi saat mengunjungi Kabupaten Siak Riau. Sebab, Siak juga punya tempat wisata alam dan wisata modern lainnya yang instagrammable loh. Apa saja itu? Inilah 6 tempat wisata di Siak Riau yang patut kamu kunjungi.

1. Istana Siak Sri Indarapura

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura - Sumber: batiqa.com

Tempat Wisata di Siak, Istana Siak Sri Indrapura – Sumber: batiqa.com

Nah, salah satu peninggalan kesultaanan melayu Siak yang masih bertahan sampai saat ini adalah Istana Siak Sri Indarapura. Uniknya, istana ini disebut-sebut sebagai istana yang bergaya ala kastil eropa. Penasaran?

Saat memasuki Istana Siak Sri Indrapura atau dikenal juga Istana Asserayah Hasyimiyah ini, kamu akan menemui banyak peninggalan benda-benda istana yang masih dirawat dengan baik. Bahkan ada barang yang masih berfungsi dengan baik, diantaranya replika mahkota raja, alat makan istana, bahkan singgahsana raja yang masih sangat terawat.

Untuk merasakan wisata sejarah ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Istana yang juga dikenal dengan Istana Matahari Timur ini kini dikelola oleh pemda Kabupaten Siak.

Bagi kamu yang menyukai wisata sejarah, silahkan mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura ini saat berada di Kabupaten Siak. Kamu bisa berkunjung ke istana ini setiap hari di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kp. Dalam, Kota Siak, Kabupaten Siak, Riau dari pukul 09.00-17.00 WIB.

Baca juga nih:

2. Makam Koto Tinggi

Makan Koto Tinggi merupakan makam dari para raja Kesultanan Siak terdahulu. Anehnya, Makam Koto Tinggi justru sama sekali tidak memberikan kesan horor dan menyeramkan. Bahkan saat malam hari sekalipun, komplek makam koto tinggi akan terang dengan ornament lampu yang sengaja dipasang.

Pengunjung yang berdatangan ke makam koto tinggi inipun sangat banyak. Pengunjung tidak hanya  melakukan ziarah, namun banyak juga pengunjung yang hanya ingin menyicipi wisata sejarah dan menikmati taman yang ada disana.

Makam Koto Tinggi ini berlokasi tepat di pusat kota Siak yaitu Jl. Sultan Ismail, kota Siak Sri Indrapura. Kamu cukup berjalan selama sekitar 5 menit saja dari Istana Siak Sri Indrapura untuk sampai ke Makam Koto Tinggi.

Uniknya, bangunan ini beronamen melayu dan arab dengan 6 pintu di sekeliling bangunan.

3. Danau Zamrud

Danau Zamrud adalah salah satu tempat wisata di Siak. Sebenarnya, kawasan ini adalah gabungan dari dua danau yang berdampingan yaitu Danau Pulau Besar dan Danau Bawah. Nah, karena kedua danau terseburt sama-sama berada di Desa Zamrud, maka kawasan kedua danau ini lebih populernya di sebut sebagai Danau Zamrud.

Tempat Wisata di Siak, Danau Zamrud - Sumber: zamrud.co.id

Tempat Wisata di Siak, Danau Zamrud – Sumber: zamrud.co.id

Danau zamrud ini sangat unik, pantulan danau ini bewarna kehitaman dengan dikelilingi oleh rawa-rawa sehingga membuatnya seperti batu permata zamrud. Selain tiu, Danau Zamrud ini  dikelilingi tanaman pinang merah dan tanaman rawa lainnya.

Bagi anda yang menyukai suasana tenang dan menyegarkan, kawasan Danau Zamrud sangat cocok kamu kunjungi. Kamu akan menemui pesona alam yang eksotis dan tentunya masih sangat asri. Bahkan kawasan Danau Zamrud ini sudah menjadi Taman Nasional Zamrud sejak 2005. Selain digunakan sebagai trempat pariwisata, TN Zamrud juga dimanfaatkan sebagai tempat  penelitian, pendidikan dan pemanfaatan lainnya.

4. Taman Ekowisata Mangrove

Taman ini merupakan taman wisata alam yang ramai pengunjng. Selain menjadi tempat wisata alam. Taman ini sangat baik untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Untuk bisa sampai ke lokasi Ekowisata, kamu butuh waktu sekitar 45 menit dari kota Siak. Saat berada di Taman Ekowisata Mangrove  kamu akan menemukan keindahan pemandangan pantai yang  bisa dinikmati dari jembatan kayu,. Tenang, untuk masuk ke taman ekowisata hutan mangrove ini gratis.

Selain mendapatkan pesona keindahan alam, kamu bisa berfoto di lingkungan hutan mangrove. Selain menjadi tempat wisata alam, taman ekowisata mangrove ini biasa juga dimanfaatkan sebagai sarana edukasi anak-anak mengenai hutan mangrove.

Uniknya, ada kebiasaan yang dilakukan masyarakat dan pengunjung di salah satu tempat wisata di siak ini yaitu meletakkan ‘Gembok Cinta’. Tunggu apa lagi, kamu harus ke Taman Ekowisata Mangrove ini, nikmati keindahan alamnya dan siaplah meletakkan gembok cintamu.

5. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Tempat Wisata di Siak, Jembatan Tengku Latifah - Sumber: backpackerjakarta.com

Tempat Wisata di Siak, Jembatan Tengku Latifah – Sumber: backpackerjakarta.com

Nah, Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah merupakan salah satu ikon kebanggaan Siak. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di Sumatera bahkan di Indonesia. Jembatan yang membentang panjang diatas sungai Siak, Kabupaten Siak ini disebut juga dengan jembatan Siak.

Jembatan yang membentang sepanjang 1.196 meter ini akan tampil mempesona saat malam hari, dengan corak warna-warni lampu di sisinya. Bahkan bentuk jembatan ini semakin mencolok, karena adanya dua menara setinggi 80 meter berdiri diatas sisi jembatan. Uniknya, menara dilengkapi dua buah lift untuk menuju puncaknya. Kamu akan bisa melihat kota Siak dari atas sana.

6. Tepian Sungai Jantan Siak

Siak tidak hanya menyediakan wisata sejarah dan alam.  Kamu akan menemukan banyak taman yang indah saat berkunjung di Siak. Salah satu tempat wisata di Siak adalah Tepian Sungai Jantan.

Hebatnya, Tepian Sungai Jantan Siak pernah masuk dalam 7 nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2019. Tidak sebatas itu, Tepian Sungau Jantan Siak dinobatkan menjadi Destinasi Wisata Baru Terpopuler ketiga di Indonesia pada 2019. Ini satu hal yang membuktikan bahwa Tepian Sungai Jantan Siak merupakan tempat yang wajib kamu datangi saat berada di Siak.

Saat berada di Tepian Sungai Jantan Siak, kamu akan menjumpai adanya penataan pencahayaan yang bagus dan sarana wisata air seperti Siak River Cruise. Bahkan, di seberang sungai, kamu bisa melihat indahnya jembatan kupu-kupu saat malam hari. Banyak juga spot-spot menarik yang tentunya instagrammable loh.  Nah, selain Tepian Sungai Jantan Siak, kamu juga harus tau 5 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Instagrammable.

 

Leave a Reply