Tari Kipas Pakarena Berasal dari Gowa, Inilah Asal Usul dan Sejarahnya - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

City Tour, Inspirasi, Pengetahuan, Tari Adat

Tari Kipas Pakarena Berasal dari Gowa, Inilah Asal Usul dan Sejarahnya

Tari Kipas Pakarena berasal dari daerah Gowa

Tari Kipas Pakarena berasal dari daerah Gowa - @budaya_indonesiaku

Tari Kipas Pakarena berasal dari daerah Gowa di provinsi Sulawesi Selatan  . Sebagai salah satu budaya Indonesia, Tari kipas ini punya beragam fakta menarik yang perlu diketahui. Meskipun sebagai salah satu tarian yang sudah cukup diketahui masyarakat Indonesia, namun asal-usul tari kipas masih sedikit yang tahu.

Indonesia memang kaya dengan budaya. Salah satunya adalah tarian tradisional daerah yang begitu menarik perhatian. Dari Sabang sampai Merauke, daerah-daerah di Indonesia dikenal memiliki tarian daerahnya masing-masing.

Tari Kipas Pakarena berasal dari daerah Gowa

Tari Kipas Pakarena berasal dari daerah Gowa – Foto: kamerabudaya.com

Seperti di Padang ada tari piring, di Aceh ada Tari Saman, di Bali ada tari Legong, dan masih banyak lagi. Setap tarian daerah pasti menyampaikan sesuatu pesan yang penting bagi para penonton atau penikmatnya.

Nah, untuk kalian yang belum terlalu mengenal tentang tari kipas yang cukup populer ini, berikut adalah ulasan dan informasi mengenai asal-usul tari kipas yang menarik untuk diketahui.

Mengenal asal-usul Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena – Sumber: kata.co.id

Tari Kipas Pakarena merupakan tarian yang dikenal berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Biasanya, Tari Kipas ini dipentaskan sebagai ekspresi masyarakat Gowa untuk mempromosikan pariwisata Sulawesi Selatan.

Dalam Bahasa setempat, ‘Pakarena’ berarti ‘karena’ yang memiliki arti ‘main’. Uniknya, Tari Kipas Pakarena ini sudah ada dan menjadi tradisi masyarakat Gowa sejak Kerajaan Gowa dan masih dilestarikan turun-temurun dari generasi ke generasi sampai saat ini.

Ciri Khas dan Keunikan Tari Pakarena

Ciri Khas dan Keunikan Tari Kipas Pakarena – foto @adrybros

Sebenarnya ada beragam asal-usul sumber yang menjelaskan bagaimana Tari Kipas Pakarena ini ada. Namun ada satu mitos yang dipercayai sebagai asal-usul Tari Kipas Pakarena ini. Konon, tari kipas ini diciptakan dari gerakan tubuh dan kaki.

Alkisah dulu penghuni boting langi (Negeri Khayangan) dan penghuni lino (Bumi) ini berpisah. Konon sebelum berpisah, penghuni boting langi sempat mengajarkan kepada penghuni lino bagaimana caranya bertahan dan menjalani hidup seperti bercocok tanam, berburu, dan berternak melalui gerakan badan dan kaki.

Tari Kipas Pakarena berasal dari daerah Gowa

Tari Kipas Pakarena berasal dari daerah Gowa – @budaya_indonesiaku

Leave a Reply