Air Terjun

Curug Panetean, Wisata Mempesona di Tasikmalaya

curug-panetean

Curug Panetean- foto tasikeksis

Curug Panetean – Tasikmalaya adalah salah satu kota di Indonesia yang menyimpan segudang destinasi wisata. Mulai dari pantai, taman, kolam renang, danau, perbukitan, dan yang paling hits saat ini adalah curug atau air terjun. Memang benar, Tasikmalaya memiliki banyak curug atau air terjun. Salah satu yang paling fenomenal saat ini adalah Curug Panetean.

Curug Panetean merupakan air terjun yang menyajikan panorama cantik. Selain airnya yang jernih, juga dikelilingi oleh bebatuan besar. Maka tak heran jika belakangan ini Curug Panetean menjadi buah bibir warganet di sosial media.

Hanya dengan melihat fotonya saja, kamu bisa membayangkan betapa indahnya tempat wisata ini. Airnya kebiruan, juga dengan debit air yang deras membuat tubuh ingin lebih lama berendam. Selain itu, didukung juga dengan sejuknya udara karena dikelilingi pepohonan rindang.

curug panetean

Curug Panetean – Youtube/IM ai em

Bagi masyarakat sekitar, Curug Panetean juga sering dijuluki sebagai Curug Leuwi. Curug sendiri berarti air terjun, sedangkan Leuwi berarti cekungan dasar air. Sehingga bila digabungkan memiliki makna air terjun dengan cekungan dasar air yang lebar dan berarus.

Memang benar, Curug Panetean ini memiliki cekungan yang melingkar bak kolam sehingga membuat pengunjung bisa leluasa bermain air. Tidak hanya memiliki satu cekungan saja, wisata Curug Panetean di Tasikmalaya ini memiliki beberapa cekungan yang bisa kamu nikmati sepuasnya. Semua cekungan itu tidak dalam sehingga terbilang cukup aman.

Bagi yang penasaran seperti apa keindahan Curug Panetean ini, kamu bisa melihatnya di Instagram dan sosial media lainnya. Sekali melihat, kamu pasti akan langsung terpana dan tak sabar ingin berkunjung ke sana. Kondisi alamnya masih sangat asri sehingga tempat ini juga cocok buat kamu yang ingin melepas penat akibat rutinitas sehari-hari.

Baca juga: Di Mana Lokasi Curug Cibaliung dan Berapa Tiket Masuknya?

Lokasi Curug Panetean

Lokasi Curug Panetean

Lokasi Curug Panetean – foto tasikeksis

Curug Panetean berada di Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Tepatnya beralamat di Pangliaran, Pancatengah, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat 46194. Dari pusat Kota Tasikmalaya, waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Jika kamu tidak tahu arah, bisa menggunakan Google Maps dengan mengetikkan kata kunci “Curug Panetean”.

Rute Menuju Curug Panetean

Dari Kota Tasikmalaya, kamu harus menuju Pancatengah terlebih dahulu yang jaraknya kurang lebih 60 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam kepadatan normal.

Kalau macet, kamu bisa menghabiskan waktu lebih dari tiga jam perjalanan. Sehingga sebaiknya kamu berangkat pagi karena jika berangkat siang, takut kemalaman sampai di lokasi.

Sesampainya di sana, kamu harus berjalan kaki untuk dapat sampai ke Curug Panetean. Tenang saja, di sana banyak warga yang menyediakan jasa parkir sehingga kendaraanmu akan tetap aman.

Curug Panetean Tasikmalaya, Jawa Barat

Curug Panetean Tasikmalaya, Jawa Barat – foto theistaprofilee.com

Umumnya, harga parkir untuk mobil sebesar Rp10.000 sedangkan sepeda motor sebesar Rp5.000 saja. Cukup terjangkau, kan?

Perjalanannya memang jauh dan melelahkan. Tapi tenang saja, sesampai di sana lelahmu akan hilang seketika. Sepanjang perjalanan, kamu akan dihibur dengan panorama alam yang menyejukkan.

Penampilan Curug Panetean masih apa adanya, sangat asri. Terlebih lagi udara yang sangat segar sehingga membuatmu semakin bersemangat untuk segera sampai ke tujuan. Tapi harus selalu hati-hati karena banyak bebatuan sehingga kamu harus memastikan alas kakimu tidak licin agar tidak tergelincir.

Baca juga: Panorama Pelangi di Curug Cibungbulang Bogor

Harga Tiket Masuk Curug Panetean

Harga Tiket Masuk Curug Panetean

Harga Tiket Masuk Curug Panetean – foto jadwaltravel

Untuk dapat bermain air di Curug Panetean kamu tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis. Ya, tempat wisata ini tidak memungut biaya. Tapi meskipun tidak ada tiket masuk, sebagai pengunjung yang baik, kamu harus tetap menjaga keasrian dan kebersihannya ya. Sebab, jika sampai Curug Panetean dipenuhi sampah, maka keasriannya akan hilang.

Untuk fasilitasnya, Curug Panetean belum memiliki fasilitas-fasilitas penunjang seperti ruangan ganti baju ataupun kantin. Tapi itu tidak menjadi sebuah masalah karena yang dicari dari tempat wisata ini adalah keasriannya.

Nah, itulah informasi singkat tentang Curug Panetean yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Kalau kamu ingin berkunjung, jangan lupa catat jadwal operasionalnya ya. Wisata Curug Panetean di Jawa Barat ini buka pada pukul 08.00 – 15.00 WIB setiap hari, termasuk hari libur.

Leave a Reply