Wisata Curug Lontar Bogor, Destinasi Jawa Barat yang Paling Oke - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun

Wisata Curug Lontar Bogor, Destinasi Jawa Barat yang Paling Oke

Wisata curug lontar bogor

Wisata Curug Lontar Bogor

Bogor tidak hanya dikenal dengan kawasan puncaknya yang molek dan indah. Tetapi juga banyak tempat wisata lainnya di kota hujan ini yang salah satunya adalah wisata Curug Lontar Bogor.

Nah, pada artikel wisata berikut ini akan dijelaskan tentang Curug Lontar Bogor yang viral. Sebuah destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung terutama saat liburan. Ini dia penjelasannya:

curug lontar bogor

Pesona Wisata Curug Lontar Bogor

Curug Lontar Bogor dianggap sebagai air terjun termegah di Bogor Jawa Barat. Hal ini disebabkan oleh ketinggian tebing curug yang mencapai 35 meter sehingga deburan air yang menyentuh dasar terlihat besar.

Selain itu, curug ini berada di lereng Pegunungan Halimun, tepatnya Gunung Salak. Maka dari itu, selain airnya dingin dan sejuk suasana air terjun juga indah serta udaranya sejuk.

Salah satu keunikan lainnya adalah air curug ini sangat deras. Bahkan oleh pemerintah setempat dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga air yang cukup besar di Bogor.

Destinasi Cantik Di Curug Lontar Bogor

Destinasi cantik dan indah yang bisa dinikmati di wisata Curug Lontar Bogor adalah sungai-sungai kecil yang mengalir di antara bebatuan dengan berbagai bentuk. Di sini pengunjung juga bisa menikmati air yang sejuk sambil mencipratkannya ke kaki atau muka.

Selain itu, di kawasan tersebut pengunjung juga bisa mengambil foto selfie. Karena panoramanya sangat menakjubkan. Apalagi jika sudah menjadikan bebatuan sebagai angle foto. Pasti hasilnya instagenik dan artistik.

Di curug ini pengunjung juga bisa berenang dengan puas. Namun pastikan tidak di sungai utama karena kedalamannya mencapai 30 meter apalagi jika sedang hujan. Maka dari itu silakan berenang di sungai-sungai kecil yang sudah ditandai oleh pihak pengelola.

Rute Menuju Curug Lontar Bogor

Jalur menuju wisata Curug Lontar Bogor tidak sulit. Jika membawa kendaraan pribadi silakan lewat jalur Dramaga atau kampus IPB. Karena jalur ini yang termudah lagi terdekat.

Jika sampai di IPB lurus saja hingga sampai di Jembatan Sungai Cianten. Nah dari sana, ambil jurusan ke PLTA Unit Kracak yang berjarak kurang lebih 7 km. Sedangkan waktu tempuh hanya 15 menit hingga 30 menit saja.

Nah jika sudah sampai di PLTA, pengunjung tinggal berjalan kaki menuju ke air terjun. Jaraknya tidak terlalu jauh hanya berkisar 600 meter saja. Sekalipun agak sedikit lelah, tetapi pemandangan di sekitar perjalanan sangat indah.

Harga Tiket Curug Lontar Bogor

Harga tiket menuju Curug Lontar Bogor sangat terjangkau. Per orang hanya dikenakan biaya karcis sebesar Rp15.000 rupiah saja. Sedangkan untuk menyewa pelampung tinggal menambah biaya Rp10.000 rupiah.

Untuk karcis parkir kendaraan biayanya Rp5.000 perunit. Lahannya juga cukup luas sekalipun berada di halaman rumah warga. Sekalipun demikian keamanannya juga terjamin karena dijaga dengan ketat.

Dengan harga tiket semurah ini, tentu berwisata ke Curug Lontar Bogor sangat memuaskan. Apalagi jika sambil makan-makan bersama keluarga. Namun pastikan kebersihan tempat wisata harus tetap dijaga dengan baik.

Fasilitas Wisata Di Curug Lontar Bogor

Curug Lontar Bogor dianggap tempat wisata yang hilang. Karena belum tersentuh pemerintah setempat. Padahal dari segi pesona tidak kalah dengan tempat wisata populer yang lainnya di Bogor.

Sekalipun demikian, hal ini tidak menyurutkan pengunjung yang datang terutama saat musim kemarau. Karena kalau musim hujan sangat berbahaya karena bisa datang banjir badang.

Mungkin karena hal itulah, belum ada fasilitas wisata yang nyaman di tempat ini. Namun, melihat antusiasme masyarakat mungkin ke depan tempat wisata akan lebih dikembangkan lagi.

Demikianlah pesona wisata Curug Lontar Bogor yang perlu diketahui dan dikunjungi. Namun pastikan datang pada saat yang tepat. Yaitu pagi sampai siang hari di musim kemarau. Karena di waktu itulah panorama tempat wisata terlihat eksotis.

Leave a Reply