Air Terjun, Alam, Daftar Wisata, Harga Tiket, Inspirasi, Itinerary

Nuansa Alam Curug Gorobog Sumedang yang lagi Ngehits

Curug Gorobog Sumedang

Curug Gorobog Sumedang - Sumber : beepdo.com

Curug Gorobog – Untuk urusan wisata, maka Kabupaten Sumedang ini menyimpan banyak sekali potensi alam yang bisa untuk dieksplore oleh para wisatawan dari luar daerah. Salah satu tempat destinasi wisata alam yang sedang ngehits di media sosial yaitu Curug Gorobog.

Wisata air terjun Curug Gorobog ini diketahui berada di Citengah, Sumedang Selatan. Untuk aksesnya, bisa dimulai dari Alun-alun Sumedang ke Citengah bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar 1 jam perjalanan.

Rute Perjalanan Menuju Curug Gorobog

Citengah merupakan sebuah desa yang berada paling ujung di sebuah Kecamatan Sumedang Selatan dan berbatasan dengan Kabupaten Garut. Bagi Anda pengguna kendaraan bermotor maka bisa melalui jalur Jalan Cisoka, Citengah.

Curug Gorobog Sumedang

Curug Gorobog Sumedang – Sumber : mapio.net

Untuk lebih lengkapnya, untuk jalur ini bisa melalui Alun-alun Sumedang terus jalan ke arah timur melalui jalan R.A. Kartini – Citengah – menuju ke arah pegunungan Margawindu. Sebelum Anda memasuki daerah perkebunan teh Margawindu, maka disana ada gerbang berada di sebelah kiri jalan menuju ke lokasi Curug Gorobog.

Dari jalan raya, Anda mulai menyusuri jalan kecil sekitar 500 meter untuk bisa menuju ke lokasi. Di lokasi Curug Gorobog ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat parkir, mushola, dan warung-warung.

Pengelola Curug Gorobog

Curug Gorobog ini dikelola oleh Kelompok Penggerak Pariwisata atau Kompepar Curug gorobog  Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Pengelolaan Curug Gorobog ini berada di bawah pembinaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbuparpora) Sumedang.

Untuk pengelolaan secara serius Curug Gorobog ini telah mulai dilakukan dari sejak tahun  2011 lalu dengan menggunakan dana bantuan Pemkab serta pemerintah pusat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Baca Juga ya :

Curug Gorobog

Curug Gorobog – Sumber : beepdo.com

Baca juga :

Tiket Masuk ke Curug Gorobog

Curug Gorobog tersebut mempunyai ciri khas beberapa undakan air. Ketinggian dari aliranCurug Gorobog sekitar 40 meter  dengan 3 buah undakan yang akan menyajikan pesona alami.

Di bagian bawah dari curug, maka pengunjung bisa dengan sepuasnya menikmati kesegaran air yang masih terbilang sangat alami. Untuk harga tiket masuk ke Curug Gorobog ini terbilang murah, hanya sekitar Rp. 3.000 per orang.

Selain Curug Gorobog ini, maka di Citengah pun ada sekitar 17 curug lainnya punya potensi untuk sebuah destinasi wisata unggulan. Beberapa di antaranya yaitu ada Curug Kancana di Blok Dewa RW 03 Dusun Cijolang. Kemudian ada Curug Ciparahu, Curug Cimencek Bikang.

Selain itu ada juga Curug Karaha Bodas atau curug lainnya yang diketahui masih belum ditemukan namanya namun terdapat ada aliran air di lokasi tersebut. Semua Curug ini diketahui berada dalam satu aliran air sungai dengan curug yang ada di paling hulu yaitu Curug Cinulang.

Fasilitas Curug Gorobog

1. Spot foto di Curug Gorobog

Selain itu ada juga fasilitas untuk berfoto yang sangat instagrammable bisa Anda gunakan untuk bisa berswafoto ataupun berfoto bersama dengan teman-teman. Menambah konten yang ada di media sosial Anda, jangan lupa pula untuk selalu mengabadikan setiap momennya.

spot foto Curug Gorobog

spot foto Curug Gorobog – Sumber : hernawan.safari

Curug Gorobog, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga

Curug Gorobog ini juga sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata penghilang rasa penat dari rutinitas bekerja. Hal ini dikarenakan pemandangannya yang sangat asri, hamparan hutan serta bukit yang terlihat mengelilingi air terjun, udara sejuk yang sangat menenangkan.

Selain itu di sini ada pula beberapa tempat yang disediakan untuk berkumpul bersama dengan keluarga serta makan bersama sembari untuk menikmati udara sejuk serta keindahan alam sekitar.

Inilah pesona keindahan curug Gorobog yang sangat ngehits. Jika Anda berniat menghabiskan liburan, maka lokasi ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menyenangkan.

 

Leave a Reply