Daftar Wisata, Air Terjun, Alam

Wisata Curug Cinulang

Wisata Curug Cinulang 1

sumber : tempat wisata di Bandung

Wisata Curug Cinulang-Bicara tentang wisata air, Curug Cinulang adalah jawabannya. Karena keunikan dan perbedaan dari wisata air biasanya. Meskipun dengan tema yang sama, namun setiap tempat rekreasi pasti memiliki ciri khasnya masing-masing untuk menarik minat wisatawan. Suasana ceria dengan pewarnaan hiasan dan tempat yang berwarna-warni membuat tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk membawa putra-putri anda. Disamping itu kesegaran air yang di tiup angin sepoi-sepoi membuat menambah rasa segar dalam pikiran anda karena berada langsung di alam yang bebas.

Lokasi Curug Cinulang Cicalengka

Wisata Curug Cinulang 2

sumber : jalan kuliner khas

Curug Cinulang atau air terjun ini berada pada Kecamatan Sindulang, Kabupaten Bandung Timur. Letaknya tepat di dekat dengan Kabupaten Sumedang. Karena letak inilah, kadang kala tempat wisata ini disebut juga Curug Sindulang. Air terjun ini berada di lereng pegunungan dan masih berada diwilayah Gunung Masigit Kareumbi, yaitu Taman Bulu. Seperti layaknya wisata air terjun, Curug Cinulang memiliki hawa yang sejuk dengan air dingin. Jika anda berkunjung kesana disarankan membawa jaket yang tebal terlebih bagi anda yang alergi terhadap udara dingin, maka tidak disarankan untuk berenang disana.

Rute perjalanan yang harus ditempuh untuk bisa mencapai lokasi ini cukup mudah. Anda bisa memilih satu atau dua jalur alternative untuk menuju sana. Namun banyak dari para wisatawan yang berkunjung menggunakan jalur daerah Cicalengka saja. Satu hal yang menjadi perhatian khusus bahwa tidak disarankan untuk melakukan perjalanan pada malam atau hari sudah gelap (dini hari atau senja). Dikarenakan, Sebagian besar jalan menuju tempat wisata Curug Cinulang yang dilewati masih banyak berupa hutan belantara dan sangat minim pencahayaan karena lampu jalanan yang belum memadai. Dan juga tidak ada warung yang menyediakan bahan bakar jika suatu saat terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Tiket Masuk Curug Cinulang

Sama seperti harga tiket masuk di tempat wisata air terjun lain, biaya masuk ke Curug Cinulang sangat lah terjangkau, hanya berkisar Rp8000,00 saja. Rp 5000,00 untuk retribusi tiket masuk dan Rp 3000,00 sebagai biaya parkir. Setelah anda selesai memarkirkan kendaraan anda di tempat yang sudah disediakan, anda akan melakukan perjalanan menanjak dengan jarak berkisar 100 meter untuk menuju lokasi Curug Cinulang. Perjalanan singkat ini akan membawa anda ke tempat air terjun tersebut. Ditengah jalan anda akan mendengar gemuruh air terjun yang jatuh membuat anda semakin tidak sabar lagi untuk menuju kesana.

Keindahan Tempat Wisata Curug Cinulang

Wisata Curug Cinulang 3

sumber : tempat wisata di Bandung

Ketika anda sudah berada di sekitar tempat lokasi, anda akan dihadapkan dengan pemandangan dua air tejun yang bersebelahan. Air yang jatuh dari ketinggian ini selalu mengalirkan air deras. Walaupun sudah saat musim kemarau air ini pun tetap deras alirannya terlebih lagi saat musim hujan. Tingginya yang mencapai 30 meter ini membuat pengunjung takjub akan keindahan. Jika anda ingin mencoba terapi air terjun, anda bisa langsung mandi di bawah air terjunnya langsung. Dan rasakanlah pijatan-pijatannya.

Ketika anda selesai mandi, pasti anda akan merasakan kelaparan dikarenakan tempatnya yang dingin dan sejuk memang cocok untuk menikmati makanan hangat dan minuman hangat. Apalagi mie instan dengan minum kopi yang dapat menambah selera karena selain mengenyangkan suasana Curug Cinulang sangat lah mendukung untuk. Tetapi jangan kawatir, anda tidak perlu repot-repot membawa kompor atau hitter. Karena disana aka nada kantin atau warung yang menjual makanan bagi pengunjung yang tidak membawa bekal dari rumah.

Mitos Curug Cinulang

Wisata Curug Cinulang 4

sumber : Lokasiwisata Bandung

Dibalik keindahan yang ada disuatu tempat wisata, terkadang menyimpan sebuah mitos atau hal mistis didalamnya. Begitu pula Curug Cinulang. Sebagian besar masyarakat dan pengunjung percaya akan mitos dengan perihal jodoh ini. Mitos dari masyarakat sekitar adalah Ketika pengunjung membawa pasangan atau kekasihnya ke Curug Cinulang, konon hubungan tersebut akan kandas ditengah jalan dan tidak akan sampai ke jalur pernikahan. Namun sebaliknya, kika pengunjung datang seorang diri akan dipertemukan dengan jodohnya. Baik itu pengunjung lain ataupun selain pengunjung. Terdengar unik bukan? Namun itu hanyalah mitos belaka, kita sebagai umat beragama harus percaya kepada Tuhan YME. Karena semuanya sudah diatur termasuk urusan perjodohan. Jika kita belum menemukan jodoh kita alangkah baiknya kita lebih mendekatkan diri dengan Tuhan dan memita lah kepada-Nya.

Itulah beberapa penjelasan tentang wisata Curug Cinulang ini. Kota Bandung memiliki banyak daerah wisata. Jika anda masih bingung anda bisa ikut beberapa tour perjalanan singkat yang ditawarkan oleh travel atau perusahaan perjalanan.

Leave a Reply