Asal Usul dan Sejarah Tari Serumpai - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Serumpai

Tari Serumpai Dayak

Tari Serumpai - Sumber: myedisi.com

Tari Serumpai – Kalimantan merupakan wilayah asal dan tempat bermukimnya suku dayak. Suku ini dikenal dengan kehidupannya yang primitif. Keunikan etnik dan budayanya membuat suku dayak terkenal sampai ke mancanegara. Suku dayak juga memiliki keberagaman budaya yang menarik untuk diketahui.

Ya, suku dayak selain terkenal dengan keperkasaannya juga terkenal dengan budayanya seperti tari-tarian. Suku dayak memiliki bermacam tarian dengan gerak yang menarik, eksotis, unik, dan memukau. Salah satu tarian Tersebut adalah tari serumpai.

Sekilas Tentang Tari Serumpai

Tari Serumpai

Tari Serumpai – Sumber: Berbol.co.id

Tari Serumpai adalah tarian daerah Kalimantan Timur yang merupakan salah satu bagian dari budaya nusantara. Tari serumpai memiliki banyak keunikan dan ciri khas bila dibandingkan dengan tarian dari daerah lain.

Jenis tari tradisional ini juga dikatakan sebagai warisan dari nenek moyang pada zaman dahulu. Oleh sebab itu, keberadaan seni tari serumpai  khas suku dayak Benuaq Kalimantan Timur harus terus mendapat perhatian serius dari berbagai pihak.

Baca juga ya :

Tari serumpai Kalimantan Timur juga merupakan budaya yang menjadi bagian dari khazanah Indonesia dan tidak bisa dipisahkan sampai kapan pun juga. Kehadirannya memberikan banyak arti yang tidak bisa dinilai oleh materi semata.

Karena perannya yang signifikan, maka sebagai warga yang baik, kita harus terus mempelajarinya dari berbagai media. Banyak hal menarik dari kesenian tari tersebut yang bisa dinikmati dan dipelajari. Seperti gerakannya, makna tarian, busana, aksesoris, dan lain sebagainya.

Sejarah Tari Serumpai

Pada dasarnya seni tradisional ini merupakan tarian dari suku Dayak Benuaq yang ada di Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur. Disebut sebagai tari serumpai karena alat musik yang digunakan pada tarian ini bernama serumpai. Serumpai merupakan alat musik khas Kabupaten Kutai dengan bentuk fisik sejenis seruling yang berbahan dasar bambu.

Penggambaran tari serumpai hampir sama dengan tari monong atau tari manang dikarenakan keduanya memang sama-sama berhubungan dengan penyakit. Jika tari monong atau tari manang diyakini dapat menangkal dan menyembuhkan penyakit dalam maka tari serumpai bertujuan untuk menolak wabah penyakit dan mengobati orang yang digigit oleh anjing gila.

Pertunjukan Tari Serumpai

Tari Serumpai Dayak

Tari Serumpai Dayak – Sumber: myedisi.com

Untuk saat ini tari serumpai biasa dipertunjukkan saat ada gebyar pesta kesenian daerah. Namun pada dasarnya tari Serumpai dipertunjukkan tatkala ada orang yang sakit karena digigit oleh anjing gila.

Leave a Reply