Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Serumpai

Tari Serumpai Dayak

Tari Serumpai - Sumber: myedisi.com

Tari Serumpai – Kalimantan merupakan wilayah asal dan tempat bermukimnya suku dayak. Suku ini dikenal dengan kehidupannya yang primitif. Keunikan etnik dan budayanya membuat suku dayak terkenal sampai ke mancanegara. Suku dayak juga memiliki keberagaman budaya yang menarik untuk diketahui.

Ya, suku dayak selain terkenal dengan keperkasaannya juga terkenal dengan budayanya seperti tari-tarian. Suku dayak memiliki bermacam tarian dengan gerak yang menarik, eksotis, unik, dan memukau. Salah satu tarian Tersebut adalah tari serumpai.

Sekilas Tentang Tari Serumpai

Tari Serumpai

Tari Serumpai – Sumber: Berbol.co.id

Tari Serumpai adalah tarian daerah Kalimantan Timur yang merupakan salah satu bagian dari budaya nusantara. Tari serumpai memiliki banyak keunikan dan ciri khas bila dibandingkan dengan tarian dari daerah lain.

Jenis tari tradisional ini juga dikatakan sebagai warisan dari nenek moyang pada zaman dahulu. Oleh sebab itu, keberadaan seni tari serumpai  khas suku dayak Benuaq Kalimantan Timur harus terus mendapat perhatian serius dari berbagai pihak.

Baca juga ya :

Tari serumpai Kalimantan Timur juga merupakan budaya yang menjadi bagian dari khazanah Indonesia dan tidak bisa dipisahkan sampai kapan pun juga. Kehadirannya memberikan banyak arti yang tidak bisa dinilai oleh materi semata.

Karena perannya yang signifikan, maka sebagai warga yang baik, kita harus terus mempelajarinya dari berbagai media. Banyak hal menarik dari kesenian tari tersebut yang bisa dinikmati dan dipelajari. Seperti gerakannya, makna tarian, busana, aksesoris, dan lain sebagainya.

Sejarah Tari Serumpai

Pada dasarnya seni tradisional ini merupakan tarian dari suku Dayak Benuaq yang ada di Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur. Disebut sebagai tari serumpai karena alat musik yang digunakan pada tarian ini bernama serumpai. Serumpai merupakan alat musik khas Kabupaten Kutai dengan bentuk fisik sejenis seruling yang berbahan dasar bambu.

Penggambaran tari serumpai hampir sama dengan tari monong atau tari manang dikarenakan keduanya memang sama-sama berhubungan dengan penyakit. Jika tari monong atau tari manang diyakini dapat menangkal dan menyembuhkan penyakit dalam maka tari serumpai bertujuan untuk menolak wabah penyakit dan mengobati orang yang digigit oleh anjing gila.

Pertunjukan Tari Serumpai

Tari Serumpai Dayak

Tari Serumpai Dayak – Sumber: myedisi.com

Untuk saat ini tari serumpai biasa dipertunjukkan saat ada gebyar pesta kesenian daerah. Namun pada dasarnya tari Serumpai dipertunjukkan tatkala ada orang yang sakit karena digigit oleh anjing gila.

Selain itu, tak jarang tari serumpai juga dipertunjukkan ketika ada tamu dari luar daerah yang akan berkunjung ke wilayah dayak benuaq. Hal ini bertujuan untuk menolak wabah penyakit yang kemungkinan dibawa oleh tamu tersebut.

Tari serumpai dipertunjukkan secara berkelompok. Maka dari itu diperlukan latihan kekompakan terlebih dahulu sebelum memamerkan tarian tradisional ini. Saat menari sang penari akan komat-kamit dengan diiringi jampi-jampi layaknya seorang dukun yang sedang membaca mantra.

Pertunjukan tari serumpai merupakan salah satu tradisi suku dayak yang terlihat cukup kental dengan nuansa mistis. Namun pertunjukan tari serumpai ini bisa menjadi sarana hiburan bagi tamu, individu yang sakit karena gigitan anjing gila, ataupun masyarakat sekitar.

Gerakan Tari Serumpai

Gerakan yang ditampilkan pada tarian ini adalah perpaduan gerakan tangan dan kaki. Penari menggerakkan badan ke kanan dan ke kiri di setiap langkahnya.

Kostum Tari Serumpai

Tari Serumpai Kalimantan

Tari Serumpai Kalimantan – Sumber: Gps Wisata Indonesia

Tari serumpai memiliki pakaian yang cukup unik. Seperti yang digunakan oleh penari kancet ledo, penari tarian serumpai mengenakan kostum berupa pakaian suku dayak kenyah yakni baju tanpa lengan.

Selanjutnya pakaian tersebut dipenuhi dengan dedaunan sampai menutup tubuh sang penari. Selain itu sang penari juga menggunakan sebuah topeng khas yang digunakan oleh Suku Benuaq.

Sementara itu pada jari-jari penari dilengkapi dengan aksesoris berupa hiasan yang berasal dari bulu burung enggang atau burung rangkong khas Kalimantan.

Kesenian tradisional tari serumpai tentu saja memiliki makna penting sekaligus dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Indonesia memang menyimpan beragam kebudayaan yang wajib dilestarikan, salah satu warisan budaya Indonesia tersebut adalah tari serumpai.

Faktanya bukan hanya masyarakat lokal saja yang menyukai tarian tradisional ini, namun banyak juga turis mancanegara. Hal inilah yang membuat kita harus bangga menjadi salah satu masyarakat Indonesia yang tetap melestarikan budaya tari-tarian.

Leave a Reply