Asal Usul dan Sejarah Tari Pingan - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Tari Adat, Uncategorised

Asal Usul dan Sejarah Tari Pingan

Tari Pingan

Tari Pingan

Tari Pingan – Indonesia memang mempunyai beragam tari hiburan yang tak jauh dari budaya dan tradisionalnya. Diantaranya adalah tari pingan yang berasal dari salah satu provinsi yang ada di Indonesia yaitu, Kalimantan Barat. Tarian ini merupakan tarian hiburan bagi rakyat.

Sejarah Tari Pingan

Sejarah Tari Pingan – Sumber Foto: kemendikbud

Dalam arti, Pingan yang berasal dari bahasa Dayak Mualang yang berarti piring yang terbuat dari batu atau tanah liat. Seperti namanya, tarian ini menggunakan piring sebagai properti dalam menari.

Pada awalnya, tari pingan dijadikan sebagai penghibur masyarakat dalam setiap acara tradisional seperti gawai, pernikahan dan lain-lain. Alat musik yang biasa digunakan sebagai pengiring tari pingan tersebut adalah alat musik tebah yang terdiri dari tawag, entebong atau gendang panjang, dan tincin timah peningkak.

Sejarah Tari Pingan

Sejarah Tari Pingan

Sejarah Tari Pingan – Sumber Foto: Dok Hi!Pontianak

Awalnya, tari pingan dijadikan sebagai media komunikasi kesenian lokal jenius masyarakat Mualang. Menjadi salah satu tarian yang berasal dari nenek moyang, tari pingan juga mengandung nilai-nilai yang penuh makna dan unsur filosofis. Yang membuat tarian ini menjadi populer.

Tari pingan juga terbagi menjadi dua macam yaitu, tarian pinganinok atau wanita dan tarian pinganlaki atau laki-laki. Pada kedua macam tarian tersebut, terdapat perbedaan pada gerakan masing-masingnya.

Tari Pingan juga mempunyai tingkat kesulitan yang tidak sama, khususnya pada gerakan atraksinya. Yang berarti tari pingan laki mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi ketimbang tari pinganinok.

Penyebaran tari pingan sendiri mencangkup daerah Belitang Hulu, Belitang Tengah serta Belitang Hilir yang kemudian saat ini mulai berjalan ke suku-suku Dayak seperti Bugau, Ibau, dan Ketungau.

Baca Juga :

Tari Pingan

Tari Pingan – Sumber Foto: sangkaicity

Gerakan tari pingan sendiri juga tidak hanya timbul begitu saja. Tarian tersebut mempunyai nilai sejarah yang tersimpul dalam perjalanan waktu. Yang mana dulunya, tari pingan digunakan sebagai pengesahan kelulusan peserta seni beladiri.

Selain itu juga Tari Pingan ini juga mengandung cerita sejarah dari perjalanan nenek moyang yang mempertahankan eksistensi kehidupan dan budaha masyarakat Dayak Mualang.

Leave a Reply