Asal-Usul Dan Sejarah Tari Jonggan Dari Kalimantan Barat - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Pengetahuan, Tari Adat

Asal-Usul Dan Sejarah Tari Jonggan Dari Kalimantan Barat

Tari Jonggan

Tari Jonggan Dari Kalimantan Barat. Sumber : NegerikuIndonesia.com

Tari Jonggan – Dalam perjalanan sejarahnya, daerah provinsi Klaimantan Barat sejak zaman dahulu seringkali melahirkan berbagai tardisi baru yang memperkaya khazanah kebudayaan yang dimiliki oleh Nusantara. salah satu kebudayaan yang seringkali lahir dari daerah ini adalah budaya kesenian tari.

Suku Dayak, yang merupakan suku asli yang mendiami wilayah Kalimantan Barat, menjadi salah satu suku yang memiliki banyak kesenian tradisional. Khsusunya tarian. Salah satu tarian yang lahir dari Suku Dayak adalah Tari Jonggan.

Seajarah Tari Jonggan

Tari Jonggan

Tari Jonggan – Sumber : Backpackerjakarta.com

Diambli dari bahasa dayak, Jonggan artinya adalah menari atau berjoget. Tari Jonggan adalah tari yang berasal dari Provinsi Kalimantan Barat dan merupakan kebudayaan yang muncul dari masyarakat suku Dayak Kanayant. Tari Jonggan biasa dilakukan sebagai ungkapan suka cita dan kegembiraan dalam pergaulan masyarakat Suku Dayak.

Pada awal kemunculannya, Tari Jonggan digunakan sebagai hiburan bagi Masyarakat Dayak. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi tari Jonggan ini kian beragam. kini Tari Jonggan sering ditampilkan di berbagai macam acara, seperti pernikahan, penyambutan tamu dan acara gawai.

Menurut informasi, Tari Jonggan ini sudah ada sejak tahun 1950an dan pertama kali terbentuk di Kabupaten Landak Kalimantan Barat.

Seperti halnya sebuah tari tradisional kebanyakan, Tari Jonggan ini memiliki filosofi yang terkandung di setiap gerakan tarinya. Filosofi dari Tari Jonggan ini adalah luapan rasa syukur masyarakat kepada tuhan atas segala berkah yang diberikan.

Baca Juga ya :

Pertunjukkan Tari Jonggan

Tari Jonggan

pertunjukan Tari Jonggan – Sumber : Negerikuindonesia.com

Leave a Reply