Daftar Wisata, Alam, City Tour

6 Tempat wisata di Sekadau Kalimantan Barat

sirin, Tempat wisata di Sekadau

sirin, Tempat wisata di Sekadau

Tempat wisata di Sekadau – Lokasi yang strategis menjadikan suatu daerah sebagai tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh pelancong. Aksesibilitas, apakah tempat wisata tersebut mudah untuk bisa dicapai juga menjadi faktor penentu.

Berlokasi persis di jantung Indonesia menjadikan Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Ditambah juga dengan kekayaan alam yang berlimpah dan panorama alam yang indah.

Berikut akan informasikan rekomendasi 6 tempat wisata di Kabupaten Sekadau.

1. Batu Jato

batu jato, Tempat wisata di Sekadau

Batu Jato – Tempat Wisata di Sekadau Foto: instagram.com/kals_adie/

Tempat wisata di Sekadau yang pertama yang harus kalian kunjungi adalah Batu Jato, sungai yang sangat jernih. Dinamakan Batu Jato dikarenakan memang di sekitar lokasi sungai terdapat banyak sekali bebatuan yang menghiasi.

Kalian bisa bermain air dan menikmati segarnya air di sungai ini. Di sungai ini juga kalian bisa  mengabadikan dan mengambil foto dengan latar bebatuan dan hijaunya pepohonan di samping kanan dan kiri.

Baca 6 rekomendasi tempat wisata lainnya :

2. Air Terjun Sirin Punti 

Air Terjun Sirin Punti, Tempat Wisata di Sekadau

Air Terjun Sirin Punti, Tempat Wisata di Sekadau – Foto: instagram.com/fan_1194/

Didominasi dengan destinasi air terjunnya, Tempat Wisata di Sekadau memang sangat cocok untuk wisatawan yang tertarik untuk mendengar kemercik suara jatuhnya air dan juga kesegarannya.

Wisata air terjun yang pertama adalah Air Terjun Sirin Punti. Air terjun ini berlokasi di Desa Maragun tepatnya di sekitar hutan lindung hulu sungai Taman Kampung Sangke. Wisatawan yang ingin berkunjung tidak dipungut biaya untuk mengunjungi air terjun yang satu ini.

Untuk bisa mencapai titik yang paling indah di air terjun ini, kalian harus melewati empat jembatan gantung dengan berjalan kaki namun ketika sudah sampai kalian akan takjub dengan struktur bebatuan dari air terjun ini.

3. Air Terjun Semirah Merambang

Air Terjun Semirah Merambang, Tempat Wisata di Sekadau

Air Terjun Semirah Merambang, Tempat Wisata di Sekadau – Foto: instagram.com/mirnawatiyulia92/

Masih seputar tempat wisata air terjun, Tempat Wisata di Sekadau selanjutnya di adalah Air Terjun Semirah Merambang. Air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun tujuh tingkat karena memang ada tingakatan yang dipisahkan oleh bebatuan.

Lokasi tepat air terjun ini adalah di Desa Tinting Boyok Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Dari pusat kota Sekadau, air terjun Semirah Merambang berjarak sekitar 12 km yang dapat ditempuh oleh kendaraan dan dilanjutkan ke lokasi utama air terjunnya sekitar satu sampai dua jam perjalanan kaki. Kalian bisa naik ke puncak air terjun dan berfoto dari sana.

Baca Juga ya:

4. Air Terjun Entugun

Air Terjun Entugun,Tempat Wisata di Sekadau

Air Terjun Entugun,Tempat Wisata di Sekadau – Foto: instagram.com/windra_satria/

Air Terjun Entugun menjadi salah satu Tempat Wisata di Sekadau yang juga tak boleh kalian lewatkan. Berbeda halnya dengan Air Terjun Sirin Punti yang memiliki 7 tingkat. Air Terjun Entugun hanya memiliki 3 tingkatan.

Namun masing-masing tingkatan dari air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Hal yang sama dengan wisata air terjun lainnya di Sekadau adalah bahwa untuk mencapai air terjun ini kalian harus berjalan kaki namun juga akan terbayar dengan suasana sejuknya.

5. Air Terjun Sosah Kain, Tempat Wisata di Sekadau

Air Terjun Sosah Kain,Tempat Wisata di Sekadau

Air Terjun Sosah Kain, Tempat Wisata di Sekadau – Foto: sekadaukab.go.id

Wisata air terjun lainnya adalah Air Terjun Sosah Kain yang memiliki 4 tingkatan dengan ketinggian totalnya sekitar 50 meter. Tempat Wisata di Sekadau ini wajib kalian kunjungi untuk bisa merasakan kesejukan dan kese garan air terjun beserta panorama indah alamnya.

Dari pusat kota Sekadau, air terjun ini dapat ditempuh dengan tiga jam perjalanan darat. Saat hari biasa air terjun sosah kain ini sangat sepi. Jalanan menuju air terjun ini juga masih biasa saja dan belum ada perhatian dari pemerintah setempat.

6. Taman Kelempiau

Taman Kelempiau, Tempat Wisata di Sekadau

Taman Kelempiau, Tempat Wisata di Sekadau – Foto: instagram.com/niva_nipo/

Selain wisata air terjunnya, Tempat Wisata di Sekadau juga memiliki taman edukasi yang bernama Taman Kelempiau yang berlokasi di depan Gedung CU Keling Kumang yang berada di Desa Tapang Semadak, Kabupaten Sekadau.

Beberapa fasilitas disediakan oleh Taman Kelempiau untuk para wisatawan yang terdirid dari food court, homestay, dan saung atau pendopo untuk duduk beristirahat dan mengobrol dengan keluarga. Selain cocok untuk berpiknik dengan keluarga, di taman ini juga terdapat wisata rohani dengan adanya Goa Maria.

Untuk masuk dan berwisata ke Taman Kelempiau, kalian hanya perlu masuk ke dalam hutan sekitar 10 menit perjalanan kaki dan membayar tiket masuk seharga Rp. 10.000,- per orang.

Leave a Reply