Budaya, Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Mance Atau Bemance

Tari Mance atau Bemance yang mirip dengan Gerakan Silat dari daerah Kalimantan Utara Foto:bandungkita.id

Tari Mance atau Bemance yang mirip dengan Gerakan Silat dari daerah Kalimantan Utara Foto:bandungkita.id

Sejarah Tari Mance Atau Bemance– Indonesia merupakan negara dengan kekayaan kultur budayanya yang sangat beragam, hal itu juga berdampak pada tarian yang ada Di Indonesia. Tarian Di Indonesia sangatlah beragam dan unik,dimana setiap daerah di Indonesia memiliki Ciri khas tersendiri berdasarkan akan kultur, tradisi, adat istiadat yang berlaku disetiap daerah. Salah satunya tarian Indonesia tersebut adalah Tari Mance atau Bemance dari daerah Kalimantan Utara.

Lihat Juga :

Tari Mance Atau Bemance

Tari Mance atau Bemance adalah tarian daerah yang berasal dari daerah Kalimantan Utara khas suku Bulungan. Tari ini disebut juga dengan tari silat,dikarenakan gerakannya hampir sama menyerupai gerakan silat pada umumnya. Yang membedakan Tari Mance dengan Silat adalah gerakan yang disajikan Tari Mance lebih menonjolkan unsur seninya,luwes dan hanya ditunjukan untuk hiburan saja.

Tari Mance atau Bemance dari daerah Kalimantan Utara Foto:budayaindonesia.org

Tari Mance atau Bemance dari daerah Kalimantan Utara Foto:budayaindonesia.org

Umumnya kesenian ini dilakukan oleh laki-laki dalam pertandingan Bemance’ tersebut, ada aturan dimana dua orang yang melakukan duel. Tari Mance atau Bemance ditarikan oleh dua orang penari pria namun juga bisa ditarikan oleh penari wanita, dengan menggunakan pakaian adat khas Bulungan.

Pakaian adat tersebut bukan pakaian resmi atau pakaian kerajaan . Melainkan sebuah pakaian tradisional pada masa prekolonial, dengan dilengkapi Elempai atau selempang berwarna kuning dan ikat kepala. Sedangkan untuk kostum penari wanita menggunakan kemben dan penari pria hanya mengenakan celana tanpa baju. Untuk Kedua penari pria akan saling memegang rotan atau bambu bulat dengan panjang 75cm hingga 1 meter, serta memiliki tinggi dari kaki hingga pinggang pria dewasa.

Tari Mance atau Bemance akan dilakukan dalam sebuah lingkaran diiringi dengan suara gong bertalu-talu. Sedangkan untuk aturannya sendiri tidak terlalu baku sebab, jika ada pemain yang menyerah maka akan langsung diganti dengan pemain lainnya. Bemance’ barulah selesai setelah Sultan Bulungan bangkit dari kursi dan meninggalkan arena kesenian. Saat ini Bemance’ sudah sangat jarang terlihat, bahkan khususnya pada even resmi seperti Birau.

Atribut Tari Mance atau Bemance

Atribut Tari Mance atau Bemance dari daerah Kalimantan Utara Foto:tokopedia.com

Atribut Tari Mance atau Bemance dari daerah Kalimantan Utara Foto:tokopedia.com

Untuk atribut yang digunakan oleh para penari Tari Mance atau Tari Bamance adalah atribut perang. Seperti Talimpang atau perisai dan lonjo atau tombak. Dengan atribut perang, gerakan dari tarian ini mengandung unsur gerakan-gerakan bela diri. Seperti silat,keahlian dalam menggunakan senjata dan talimpang dan lain-lain.

Sejarah Tari Mance atau Bemance

Sejarah Tari Mance atau Bemance berawal dari Seni Beladiri yang muncul. Seni beladiri ini diperkirakan sudah lama berkembang di Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, puncaknya pada abad ke-19.  Dimasa Ali Kahar yang bergelar Sultan Kaharuddin II (1875-1889), Bemance’ mulai dikenal luas sebagai salah satu kegiatan resmi saat pelaksaan pesta rakyat atau Birau. Konon dimasa tersebut kesenian inilah yang paling disenangi oleh Sultan Bulungan.

Perkembangan Tari Mance atau Bemance

Tari Mance atau Bemance belum banyak khalayak umum mengetahui,sebagian orang hanya mengetahui sekilas mengenai Tari Mance atau Bemancenya saja , namun tidak tahu bahwa ada Tarian Mance atau Bemance sudahlah lama adanya.

Perkembangan Tari Mance atau Bemance sendiri belum terlalu signifikan jika dibandingkan dengan Jenis Tarian daerah lain yang lebih terkenal, dikarenakan juga minimnya informasi mengenai Tari Mance atau Bemance ini sendiri. Namun Pemerintah akan tetap berusaha untuk menggali dan mengembangkan potensi budaya Tari Mance atau Bemance agar tidak tenggelam digerus jaman.

Tari Mance atau Bemance yang mirip dengan Gerakan Silat dari daerah Kalimantan Utara Foto:bandungkita.id

Tari Mance atau Bemance yang mirip dengan Gerakan Silat dari daerah Kalimantan Utara Foto:bandungkita.id

Tari Mance atau Bemance juga memiliki arti tentang, keberanian, nilai historis ,kekuatan dan nilai perjuangan. Sehingga banyak dari sebagian masyarakat Kalimantan mempercayai Tari Mance atau Bemance sebagai bentuk tradisi berduel atau mencari siapa yang terkuat. Tari Mance atau Bemance akan tetap menjadi ikon unik atau budaya yang berasal dari wiayah Kalimantan.

Selain itu Tari Mance atau Bemance juga sudah banyak mengalami modifikasi atau perubahan dalam kostum, iringan, fungsi, maupun pola pertunjukannya menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Akan tetapi tetap tidak mengurangi nilai estetis yang terkandung dalam Tari Mance atau Bemance itu sendiri. Serta setiap orang, baik pelaku seni maupun tidak wajib menjaga dan mengapresiasi Tari Mance atau Bemance ini.

Sekian informasi mengenai Tari Mance atau Bemance, semoga dapat menjadi refrensi dan sumber pengetahuan mengenai Tari Mance atau Bemance dari daerah Bulungan Kalimantan tepatnya Kalimantan bagian Utara. Dan diharapkan agar Tari Mance atau Bemance dapat terus berkembang di majunya jaman.

**

Sumber: blogkulo.com, perpustakaan.id, budayalokal.com

Leave a Reply