Asal-usul dan Sejarah Tari Beksan Lawung Ageng - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Budaya, Pengetahuan, Tari Adat

Asal-usul dan Sejarah Tari Beksan Lawung Ageng

Tari Beksan Lawung Ageng

Tari Beksan Lawung Ageng - Sumber : Budaya-Indonesia.org

Gendhing pertama yaitu Gendhing Gangsaran yang mengiringi awal tarian, kemudia Gending Roning Tawang yang mengiringi babak kedua yang merupakan bagian pertarungan antar prajurit jajar. Terakhir adalah Gendhing Bimakurda yang menjadi pengiring babak pertarungan yang dilakukan oleh antar Lurah.

Baca Juga ya :

Perkembangan Tari Beksan Lawung Ageng

Tari Beksan Lawung Ageng

Tari Beksan Lawung Ageng – Sumber : Twitter.com/humas_jogja

Hingga saat ini Tari Beksan Lawung Ageng masih menjadi tarian khusus yang tidak bisa dipentaskan di sembarang tempat dan acara. Hal ini disebabkan oleh Tari Beksan Lawung Ageng yang memiliki posisi khusus sebagai tarian untuk upacara kenegaraan. Tarian ini biasa digunakan sebagai pengiring untuk acara prnikahan agung para putra-putri Sultan di Istana Kepatihan.

Seperti kebanyak tradisional lainnya yang berada di Nusantara, Tari Beksan Lawung Ageng pun juga memiliki filosofi sendiri dalam setiap gerakan tarinya. Lewat tarian ini , sang pencetus yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono I ingin menyampaikan filosofi yaitu  tentang menanamkan nilai-nilai keberanian serta ketangkasan seorang prajurit keraton.

***

Begitulah tadi informasi seputar Tari Beksan Lawung Ageng yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga memberikan informasi dan menjadikan pembelajaran untuk kita semua agar lebih mengenal budaya-budaya yang ada di Indonesia, khususnya tarian tradisional.

Leave a Reply