Asal Usul dan Sejarah Tari Ambarang - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Tari Adat

Asal Usul dan Sejarah Tari Ambarang

tari ambaran

Tari Ambarang. Foto oleh indonesiakaya.com

Tari Ambarang – Memiliki banyak pulau, Indonesia adalah salah satu negara dengan kesenian yang sangat banyak dan berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah kesenian tari. Kesenian tari di Indonesia sangat beragam.

Dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia, semuanya memiliki keseniat tari dengan ciri khasnya tersendiri.

Salah satu tempat yang juga memiliki banyak kesenian tari adalah Jawa Timur.

Keaneka ragaman seni budaya di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, merupakan asset yang sangat banyak jika ditinjau dari segi kwantitasnya.

Tari Ambarang

Tari Ambarang – foto indonesiakaya.com

sebab dari data yang tercatat terdapat lebih dari 6.000 seniman maupun organisasi kesenian dari berbagai jenis kesenian yang aktif termasuk di dalamnya para budayawan.

Namun demikian dari segi kwalitas masih perlu terus diupayakan penyempurnaannya.

Salah satu kesenian yang berasal dari Tulungagung tersebut adalah Tari Ambarang. Tari Ambarang adalah tari kreasi yang lahir dari fenomena pengamen jaranan.

Seperti diketahui, dalam pertunjukan seni jaranan sering kali terlihat para penari menjajahkan wadah kepada penonton untuk mendapat uang recehan.

Kebiasaan tersebut kemudian menginspirasi Bimo Wijayanto, seorang maestro tari Jawatimuran untuk menciptakan tari kreasi baru yang kemudian diberi nama Ambarang.

tari ambarang

Penampilan Tari Ambarang. Foto oleh indonesiakaya.com

Jika kamu berkunjung ke Tulungagung, akan sangat disayangkan jika kamu tidak menyempatkan diri untuk melihat langsung kesenian Tari Ambarang ini.

Dengan gerakan yang luwes dan busana yang cerah, kamu pasti akan terpana pada tarian ini.

Tapi sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai Tari Ambarang ini. Yuk simak!

Baca juga ya :

Sejarah Tari Ambarang

tari ambaran

Tari Ambarang. Foto oleh indonesiakaya.com

Untuk kamu ketahui, tarian ini pada hakikatnya mencoba untuk bercerita tentang pengamen jaranan di Tulungagung, Jawa Timur. Loh kok bisa?

Yaa bisa dong. Namanya juga asal mulanya. Lalu, oleh karena Jaranan Sentherewe adalah seni jaranan yang sebelumnya paling diminati, tari ini pun melandaskan geraknya pada kesenian tersebut.

Leave a Reply