6 Kuliner dan Makanan Khas Pattallassang Takalar - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Pattallassang Takalar

Jagung Rebus Makanan Khas Pattallassang Takalar

Jagung Rebus Makanan Khas Pattallassang Takalar - Sumber: sulsel.idntimes.com

Makanan Khas Pattallassang Takalar – Ketika berkunjung ke Sulawesi Selatan, seringkali orang hanya mengunjungi Makassar saja. Padahal, Sulawesi Selatan memiliki kabupaten dan kota lain yang memiliki keunikan tersendiri. Baik dari budaya, tradisi, kekayaan alam, hingga kulinernya. Seperti halnya Kabupaten Takalar.

Kabupaten Takar adalah salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, dengan ibukota Pattallassang. Dimana, di Pattallassang dapat ditemukan berbagai kuliner yang unik dan lezat tentunya.

Berikut ini adalah 6 Kuliner dan Makanan Khas Pattallassang Takalar

1. Jagung Rebus

Jagung Rebus Makanan Khas Pattallassang Takalar

Jagung Rebus, Makanan Khas Pattallassang Takalar – Sumber: sulsel.idntimes.com

Meski di banyak tempat di Indonesia banyak dijumpai jagung rebus, namun jagung rebus yang satu ini berbeda dengan yang ada di Pattallassang. Di Jalan Poros Takalar, Pattallassang, atau sekitar 500 meter dari Kota Takalar, terdapat kedai sederhana yang menjual jagung rebus. Kedai ini milik Hj Gowa yang sudah berusia 60 tahun. Beliau menjual jagung rebus ini sudah sejak tahun 1986, hingga kini memiliki tiga kedai.

Tak sedikit pelanggan Hj Gowa ini, terlihat dari banyaknya kendaraan yang terparkir. Rasa jagung rebus ini begitu beda dan nikmat, harganya pun begitu terjangkau. Untuk jagung super, 8 biji Rp 20.000, sementara jagung biasa 12 biji Rp 20.000.

2. Es Poteng

Es Poteng

Poteng yang sudah Dibuat Es – Sumber: YouTube matkiding

Poteng adalah makanan khas yang terbuat dari singkong. Singkong yang digunakan adalah singkong mentega atau ubi kayu mentega. Kemudian, singkong ini direbus setengah matang, lalu diberi ragi. Tekstur dari poteng kenyal dan rasanya manis legit. Karena proses pembuatannya dengan cara difermentasi.

Makanan Khas Pattallassang Takalar ini  jika di daerah lain juga bisa disebut tape singkong atau peuyeum. Di Pattallassang sendiri, poteng digunakan untuk campuran es, yang mana biasanya juga disebut dengan es poteng.

Biasanya, es poteng disajikan di siang hari. Dalam sebuah mangkuk, yang ditutupi es serut serta siraman kental manis dan sirup lokal yang dikenal dengan sirup DHT atau sirup pisang ambon.

Baca Juga ya5 Tempat Wisata di Pattallangsang Takalar

3. Bipang Jangkar

Bipang Jangkar Makanan Khas Pattallassang Takalar

Bipang Jangkar – Sumber: gramho.com

Bipang Jangkar adalah salah satu camilan yang juga menjadi Makanan Khas Pattallassang Takalar. Bipang Jangkar seringkali dijadikan oleh – oleh ketika berkunjung ke Pattallassang. Bipang terbuat dari nasi kering dengan campuran gula merah. Rasanya begitu unik, manis dan cukup lengket karena gula. Bahkan, masyarakat kerap kali menyebutnya sebagai pop corn.

Dulu, bipang hanya memiliki warna cokelat saja karena terbuat dari gula merah. Kini, bipang dibuat dengan berbagai warna dengan menggunakan pewarna makanan. Selain itu, rasa bipang juga sudah semakin bervariasi. Bipang pun ada yang dibuat bulat atau kotak dan dikemas dengan berbagai macam varian bentuk.

4. Semangka

Semangka

Semangka Kabupaten Takalar – Sumber: makassar.tribunnews.com

Semangka ini banyak dijual di sepanjang Jalan Poros Galesong. Ketika musim kemarau, jalanan ini ramai dijual buah semangka yang masih segar karena baru saja dipetik dari kebun. Semangka dari Takalar ini sangat tepat dijadikan oleh – oleh, karena cukup tahan lama meski tidak dimasukkan dalam lemari pendingin.

Meskipun di daerah lain juga terdapat semangka, namun semangka di Pattallassang ini cukup berbeda. Rasanya yang manis dan segar membuat siapapun pasti ketagihan menikmatinya. Apalagi, semangka di sini juga memiliki warna yang unik selain merah dan kuning, yaitu jingga.

Baca Juga ya5 Tempat Wisata di Benteng Kepulauan Selayar

5. Buroncong

Kue Buroncong Makanan Khas Pattallassang Takalar

Kue Buroncong, Makanan Khas Pattallassang Takalar – Sumber: ksmtour.com

Buroncong adalah kue yang terbuat dari campuran terigu, kelapa parut, santan, gula pasir, dan garam. Makanan ini berbentuk setengah lingkaran, dimana bagian luarnya begitu garing dan bagian dalamnya lembut.

Proses pembuatannya yaitu dengan meletakkan adonan pada cetakan di atas tungku api. Uniknya, pada saat pembakaran dibiarkan sedikit gosong supaya adonan agak mengembang. Setelah matang, barulah ditaburi gula pasir dan buroncong siap dinikmati.

6. Kue Baje

Kue Baje Makanan Khas Pattallassang Takalar

Kue Baje Makanan Khas Pattallassang Takalar – Sumber: akbarpost.com

Makanan Khas Pattallassang Takalar selanjutnya adalah Kue Baje. Kue Baje adalah kue yang terbuat dari campuran beras ketan, santan, dan gula merah. Rasanya begitu manis dan bertekstur.

Cara memasak kue baje adalah dengan dikukus. Yang setelah matang akan dicetak berbentuk persegi panjang dengan uuran kecil serta dibungkus daun jagung kering. Cara membungkusnya juga sangat unik, seperti diremas ujung – ujungnya sehingga terlihat seperti bungkus permen.

Kini, banyak masyarakat yang berinovasi dengan kue baje. Salah satunya adalah penggunaan beras ketan yang sudah digiling halus. Bahan lain dan cara pembuatan tetap sama. Yang membedakan hanyalah tekstur kue baje yang halus karena beras ketan yang digunakan begitu halus.

***

Inilah kuliner atau makanan khas Pattallassang Takalar. Jika berkunjung ke Kabupaten Takalar, tidak ada salahnya untuk membeli kuliner khas ini sebagai buah tangan.

Leave a Reply