6 Wisata Pegunungan di Sugapa, Intan Jaya Papua - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Budaya, Daftar Wisata

6 Wisata Pegunungan di Sugapa, Intan Jaya Papua

6 Wisata Pegunungan di Sugapa, Intan Jaya Papua 1

sumber : kompasiana.com

Kebudayaan Papua yang beragam bisa dipelajari dengan melihat bagaimana kehidupan masyarakat sehari-hari. Ada berbagai jenis tarian dengan makna yang berbeda. Disini, kamu bisa melihat hasil kerajinan atau olahan buatan masyarakat. Bahkan, kamu bisa mencicipi sedapnya kuliner daerah.

Baca juga : 6 Tempat Wisata di Nabire Papua yang Indah

4. Festival Kebudayaan Intan Jaya

Melestarikan Budaya Lokal Melalui Festival Budaya Daerah Intan ...

Festival Budaya Sumber : nabire.net

Dimanakah kamu bisa melihat penampilan berbagai tari dan ragam budaya? Ya, di festival kebudayaan tentunya! Festival budaya dilakukan setiap tahun di bulan September. Di Intan Jaya terdapat 20 sanggar seni yang berasal dari 6 distrik. Lalu diadakan perlombaan yang bertujuan sebagai pelestarian warisan budaya daerah. Ini juga menarik sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

Wisatawan juga bisa menikmati pameran seni budaya. Kerajinan lokal dan hasil karya bisa kamu lihat disini. Ada hal unik saat festival yaitu penampilan pentas seni berupa cerita rakyat yang ditampilkan dalam bentuk tarian. Kisah masyarakat dan kepercayaan dari leluhur bisa kita ketahui dari sini.

5. Kolam Garam

Melihat dari Dekat Kolam Garam di Kabupaten Intan Jaya

Kolam Garam Sumber : intanjayakab.go.id

Sugapa merupakan daerah yang dikellingi pegunungan. Lalu, darimana mereka mendapatkan garam jika bukan dari laut? Jawabannya adalah kolam garam. Daerah Ugimda memiliki kolam garam ini. Pengolahan garam dilakukan dengan cara tradisional. Cara pembuatannya inilah yang sangat unik dan bisa dikunjungi.

6. Air terjun

Air Terjun Wafsarak, Tirai Air di Surga Papua - Pesona Indonesia

Ilustrasi Air terjun di Papua Sumber : pesona.travel

Sungai-sungai di Intan Jaya berukuran cukup luas. Sungai disini juga sering menjadi lokasi festival budaya. Air terjun disini masih sangat alami dan lingkungan pinggir sungai masih asri. Ada 8 air terjun di Intan Jaya yaitu : Air terjun Munilogo, Penderasan Dahu Wu, Teladas Pini Wu, Air Terjun Ugi Wu, Penderasan Jele Wu, Teladas Kumbalu Wu, Air terjun Wagapigu Wu, dan Penderasan Bagungela Wu.

Baca juga : 6 Tempat Wisata di Kenyam Kabupaten Nduga Provinsi Papua

Itulah enam wisata yang bisa dikunjungi di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya Papua. Jadi, manakah yang ingin pertama kamu lihat?

Leave a Reply