6 Wisata Pegunungan di Sugapa, Intan Jaya Papua - Sering Jalan

Tapi Ingat Pulang

Air Terjun, Alam, Budaya, Daftar Wisata

6 Wisata Pegunungan di Sugapa, Intan Jaya Papua

6 Wisata Pegunungan di Sugapa, Intan Jaya Papua 1

sumber : kompasiana.com

Sugapa adalah nama dari sebuah kecamatan atau distrik di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Sugapa juga menjadi ibukota Kabupaten Intan Jaya. Keunikan dari distrik Sugapa adalah distrik ini dikelilingi oleh pegunungan yaitu Pegunungan Bula Pigu, Mbulu-bulu pigu, dan Jogo Pigu. Melihat kondisi distrik yang dikelilingi pegunungan, saat ini akses menuju Sugapa hanya bisa lewat udara.

Kondisi alam Sugapa yang unik memberikan keistimewaan. Pemandangan alam berupa keindahan pegunungan yang belum banyak terjamah manusia menjadi pilihan untuk berwisata. Apa saja sih wisata alam yang bisa dikunjungi di Sugapa?

1. Puncak Carstensz

Fantastis, Ini Biaya yang Diperlukan untuk Mendaki Gunung Cartenz ...

Puncak Carstensz Sumber : liputan6.com

Tahukah kamu, meski Indonesia termasuk negara tropis tapi ada satu lokasi yang punya salju? Nah, puncak carstensz adalah puncak tertinggi di Indonesia. Puncak ini bahkan menjadi bagian dari 7 puncak tertinggi di dunia. Tinggi puncak mencapai 4884 mdpl dan juga tertinggi mewakili lempeng benua Autralia-Oceania.

Di sekitar puncak carstensz terdapat salju yang menyelimuti area gunung. Konon salju disini adalah salju abadi yaitu salju yang tidak akan meleleh karena perubahan musim dan sudah ada sejak zaman purba.

Puncak Carstensz lebih dikenal dengan nama Puncak Jaya di Indonesia. Nama Carstensz berasal dari nama seorang penjelajah asal Belanda bernama Jan Carstenszoon yang menemukan gletser disana pada tahun 1623. Puncak ini sering menjadi destinasi untuk pendakian bahkan secara internasional dan disebut dengan nama Carstensz Pyramid.

2. Desa Menuju Puncak Carstensz

Menembus Rimba Papua ke Ugimba, Desa Terujung di Kaki Carstensz

Desa Ugimba Sumber : travel.detik.com

Ada banyak jalan untuk mencapai puncak. Tapi, perjalanan dari kecamatan Sugapa dianggap paling alami. Karena jalanan benar-benar masih berbatu sehingga tubuh tidak akan terlalu kaget saat mengalami perubahan ketinggian. Jika melewati jalur lain seperti lewat dalam PT.Freeport, jalan sudah lebih modern. Namun, bisa mengakibatkan tubuh tidak siap menghadapi perubahan tekanan dan ketinggian. Hal ini akibat perubahan dari ketinggian 400 mdpl menuju 4000 mdpl ditempuh hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Di Sugapa, desa yang dimaksud adalah Desa Ugimba. Dari sini bisa disebut juga gerbang adat menuju Puncak Carstenz. Ugimba juga bisa menjadi desa wisata. Kamu bisa belajar banyak hal yang berhubungan dengan budaya masyarakat sekitar. Ugimba adalah desa terakhir sebelum menuju puncak sehingga warga disana sudah biasa bertemu turis.

3. Wisata Budaya Intan Jaya Papua

Situasi di Distrik Sugapa, Intan Jaya Kondusif | Suara Papua

Masyarakat Sugapa Sumber : suarapapua.com

Intan Jaya memiliki lebih dari lima suku yang tinggal menetap. Hal ini membuat Intan Jaya memiliki beragam kebudayaan daerah. Semua bisa saling beriringan dan menciptakan harmoni disini. Budaya yang bisa dilihat mulai dari tarian, musik, kerajinan lokal, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply