Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Woha Bima

tempat wisata di Woha Bima

Oi Taba | Foto : @dhenaanggur

Tempat Wisata di Woha Bima – Menjelajah Indonesia memang tidak ada habisnya, berbagai tempat wisata menawarkan keindahan alam tersendiri yang tidak pernah membosankan bagi kalian yang suka mendatangi tempat baru. Pesona yang ditawarkan pun berbeda setiap daerahnya dimana kalian akan menemukan keunikan tersendiri dari tempat yang didatangi. Kali ini, kalian bisa mendatangi salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat yaitu Woha, Bima yang menawarkan pesona alam yang menarik untuk kalian datangi.

Lokasi Woha Bima

Woha merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bima yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan Bima. Woha, dalam bahasa Bima, memiliki arti ditengah, lantaran posisi kacamatan tersebut berada di tengah Kabupaten Bima. Lokasi yang strategis itulah membuat Woha Bima menjadi daerah yang paling sering dikunjungi terutama oleh para pendatang yang ingin melakukan perjalanan. Untuk menuju Woha Bima, kalian dapat menaiki jalur darat dari Kota Bima sejauh 27.7 km atau sekitar 1 jam perjalanan.

6 Tempat wisata di Woha Bima

Berikut merupakan 6 pilihan tempat wisata di Woha Bima yang bisa menjadi referensi untuk kalian datangi.

1. Air Terjun Kalate Mbaju

tempat wisata di Woha Bima

Air Terjun Kalate Mbaju | Foto : @firdaus23_salahudin

Pesona Air Terjun Kalate Mbaju memiliki daya tarik tersendiri untuk kalian datangi. Salah satu tempat wisata di Woha Bima ini mempunyai keunikan yang terletak pada tingkatan seperti tangga bertingkat disela bongkahan bebatuan besar. Air terjun yang berada di lereng gunung itu memiliki tinggi lebih dari 10 meter. Sebelum kalian datang, maka harus memperhatikan musim penghujan atau kemarau karena akan mempengaruhi debit air serta perjalanan yang akan dilalui.  Untuk mencapai lokasi air terjun cukup mudah, dapat melalui beberapa jalur seperti Risa, Donggobolo, dan Pandai yang kemudian dilanjutkan perjalanan sejauh 1 km. Selama perjalanan, kalian akan disuguhkan pemandangan indah dengan udara yang begitu segar serta berbagai spot foto yang menarik.

2. Oi Taba

tempat wisata di Woha Bima

Oi Taba | Foto : @dhenaanggur

Salah satu keindahan alam sebagai tempat wisata di Woha Bima yang belum tersentuh ialah Oi Taba. Sungai dengan batu-batu besar ini memiliki keunikannya tersendiri dimana batu-batu tersebut membentuk pola unik yang terbentuk karena proses alam, hal inilah yang menjadi daya tarik sendiri untuk Oi Taba. Kalian akan melihat berbagai ukuran batu dan warna yang tersebar sepanjang sungai. Tidak hanya itu, airnya yang jernih dan bersih membuat kalian semakin betah di lokasi ini. Oi taba memiliki 2 jalur air terjun yang aman untuk mandi. Namun, sebelum ke Oi Taba kalian wajib untuk memperhatikan musim, karena ketika memasuki musim hujan, sungai akan banjir yang membuat pusaran air di sungai dapat menarik apapun yang berada disekitarnya.

3. Bambo Ncera

tempat wisata di Woha Bima

Bombo Ncera | Foto : www.porosntb.com

Kalian dapat juga mendatangi Bambo Ncera sebagai destinasi tempat wisata di Woha Bima selanjutnya. Bambo Ncera memiliki beberapa air terjun dengan ketinggian 5 meter. Jika kalian mendatangi pemandian alam ini, maka air hijau dengan pemandangan alam yang menenangkan akan menyambut kedatangan kalian. Ada tiga kolam yang terdapat di Bambo Ncera yang bisa kalian coba, yaitu Bombo To’i sebagai tempat mandi anak-anak, Bombo Woha sebagai tempat mandi untuk yang belum bisa berenang dimana kedalaman kolam hanya sebahu orang dewasa, dan Bombo Na’e yang merupakan kolam paling besar dengan lebar 4 meter dan panjang 10 meter. Untuk mencapai Bambo Ncera, kalian bisa berkendara sejauh 45 km dari kota Bima dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

4. Pantai Kalaki

tempat wisata di Woha Bima

Pantai Kalaki | Foto : pantainesia.com

Salah satu tempat wisata di Woha Bima lain yaitu Pantai Kalaki yang memiliki pasir coklat dengan laut landai yang memiliki ombak sangat kecil. Pantai yang berada di teluk Bima ini sering digunakan nelayan setempat untuk budidaya uta keramba atau ikan keramba. Jika kalian berkunjung ke pantai ini maka akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan Donggo yang memanjang dari sisi selatan ke timur. Selain itu, kalian dapat juga melihat pulau kambing yang terada di tengah teluk Bima. Untuk menuju ke Pantai Kalaki, kalian dapat menempuh perjalanan selama 21 menit atau 14.2 km dari kota Bima dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa ojek atau mikrolet, untuk transportasi umum sendiri masih belum terlalu banyak.

5. Bambo Roi

tempat wisata di Woha Bima

Bombo Roi | Foto : www.bimakini.com

Apabila kalian mencari air terjun dengan kondisi yang masih murni dan berlum terjamah tangan manusia, maka Bombo Roi bisa menjadi dalah satu tempat wisata di Woha Bima yang dapat kalian datangi. Bombo Roi memiliki air terjun lebih dari satu dengan jarak yang tidak terlalu berjauhan dimana dapat ditempuh dengan berjalan mendaki sedikit. Air murni yang telum tercemar menyambut kedatangan kalian dengan pepohonan rindang dan udara yang masih segar dan sejuk. Ketenangan alam inilah yang dapat membuat kalian betah untuk menghabiskan waktu sambil berendam pemandian alam ini. Untuk menuju ke bambo roi dapat mengan menggunakan mobil selama 20 menit dari Bandara Sultan Salahuddin Bima.

6. Embung Roka

tempat wisata di Woha Bima

Embung Roka | Foto : alanmalingi.wordpress.com

Tempat wisata di Woha Bima yang bisa kamu datangi ialah Embu Roka yang merupakan DAM sebagai penampungan air, ketika musim kemarau tiba maka air inilah yang digunakan untuk mengairi persawahan yang ada disekitar embung roka. Ketika menjelang masa panen padi, warga sekitar akan mengadakan Do’a Karanga Ro Karombu yang merupakan tradisi memanjatkan do’a dengan harapan panen berlimpah dan padi bebas dari hama. Embu Roka yang dibangun pada tahun 1980-an ini juga biasa digunakan warga sekitar sebagai tempat pemancingan ikan air tawar. Walau belum tersentuh berbagai pembangunan di sekitar embung roka, namun kalian bisa berkemah dilokasi ini dengan melakukan berbagai aktifitas seperti panjat tebing dimana terdapat tebing-tebing kokoh yang berada disekitar Embung Roka.

Artikel Terkait

Leave a Reply