Daftar Wisata

6 Tempat Wisata Di Kota Bima yang Instagrammable Banget

Pulau Kelapa, Tempat wisata di kota Bima

Pulau Kelapa, Tempat wisata di kota Bima - foto viapendaki.com

Tempat Wisata Di Kota Bima – Berlibur adalah hal yang sangat disukai oleh semua orang, terutama orang yang memiliki aktivitas sangat padat. Mereka akan menantikan masa-masa liburan dan akan merencanakan sejak jauh hari ke mana dan kapan agenda liburan tersebut.

Kalian mencari rekomendasi untuk tempat wisata saat liburan nanti? Sebaiknya pertimbangkan untuk berkunjung ke 6 tempat wisata di Kota Bima ini karena mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat menawan dan tentunya instagrammable banget sehingga Anda akan memiliki banyak koleksi foto baru yang siap diunggah ke akun Anda.

Kota Bima - Sumber : gardaasakota.com

Kota Bima- Sumber : gardaasakota.com

Kota Bima dijuluki sebagai Kota Tepian Air mungkin karena lokasinya yang dikelilingi oleh lautan. Terletak di bagian Timur Sumbawa yaitu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Banyak sekali wisata pantai di Kota Bima. Tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, bahkan banyak juga turis atau wisatawan mancanegara yang menyukai Kota ini.

Anda tertarik berkunjung ke 6 wisata di Kota Bima ini? Simak di bawah ini :

1. Uma Lengge

Uma Lengge, Tempat Wisata Di Kota Bima

Uma Lengge, Tempat Wisata Di Kota Bima – sumber : kebudayaan.kemdikbud

Berada di Kecamatan Wawo, Bima. Cagar alam ini memiliki nama yang unik, nama Uma Lengge atau Jompa ini berasal dari nama bangunan yang digunakan untuk lumbung padi. Bangunan yang berukuran 2 x 2 meter ini memiliki tinggi sekitar 5 meter.

Yang membuatnya unik adalah bahan bangunannya menggunakan kayu, bambu, dan ilalang. Sangat kental dengan nuansa tradisionalnya. Sebaiknya, jika Anda ingin melihat bagaimana tradisi panen padi, datanglah di bulan Juni karena akan diadakan ritual Ampa Pare yaitu tradisi panen dan menyimpan padi ke dalam lumbung.

Untuk bisa ke lokasi ini Anda harus menempuh perjalanan cukup jauh selama kurang lebih satu jam dari Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima menggunakan mobil maupun motor.

2. Pantai Pink Bima

Pantai Pink Bima, Tempat Wisata Di Kota Bima

Pantai Pink Bima, Tempat Wisata Di Kota Bima – sumber : merahputih.com

Pantai di sini memiliki pasir berwarna pink itulah mengapa namanya menjadi Pantai Pink. Pemandangannya sangat menawan, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit menggunakan bus dari arah Kota Bima menuju Pelabuhan Sape, baru menaiki perahu menuju ke Pantai Pink.

Dari Pelabuhan Sape ke Pantai Pink membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Lokasi pantai ada di Kecamatan Lambu, Bima. Anda perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk ke Pantai Pink sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000 untuk wisatawan asing.

Baca Juga ya :

3. Pulau Ular

Pulau Ular Tempat Wisata Di Kota Bima

Pulau Ular Tempat Wisata Di Kota Bima – foto cintaihidup.com

Tempat Wisata Di Kota Bima juga memiliki sebuah pulau yang indah namanya Pulau Ular. Meski pulau ini dikelilingi oleh ular laut yang berbisa, namun keindahannya tidak bisa dipungkiri lagi. Sebaiknya saat Anda berkunjung ke Pulau Ular, mintalah bantuan guide atau warga setempat karena mereka leih mengerti tatacara mengunjungi tempat ini.

Pulau ini berada di Desa Pai, Kecamatan Wera. Untuk sampai ke Pulau Ular, dari Kota Bima Anda harus menuju ke Desa Kalo jarak tempuh sekitar 45 menit. Barulah dari Desa Kalo menuju ke Pulau sekitar 15 hingga 20 menit. Menyewa perahu sekitar Rp 50.000 untuk 5 hingga 8 orang penumpang.

 4. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa, Tempat wisata di kota Bima

Pulau Kelapa, Tempat wisata di kota Bima – foto viapendaki.com

Anda suka berenang dan snorkeling? Wajib banget ke Pulau Kelapa yang ada di Bima ini. Pulaunya indah dan airnya jernih, membuat Anda betah dan tidka mau meninggalkan pulau ini. Tempat Wisata Di Kota Bima ini menawarkan keindahan alam sekaligus ketenangan.

Untuk sampai ke Pulau ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar satu setengah hingga dua jam dari Pelabuhan Sape. Dengan menyewa boat Anda harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 300.000 per orangnya. Lokasi Pulau yang berada di Nggelu, Lambu ini masih belum banyak orang yang tau.

5. Pantai Lawata, Tempat wisata di kota Bima

Pantai Lawata, Tempat wisata di kota Bima

Pantai Lawata, Tempat wisata di kota Bima – foto phinemo.com

Tempat Wisata Di Kota Bima lainnya adalah Pantai Lawata. Pantai yang berlokasi di Kelurahan Sambinae yang harus ditempuh sekitar 5 KM dari Kota Bima ini terletak di pinggir kota. Tentu saja untuk aksesnya sangat mudah sehingga banyak orang yang lebih memilih berkunjung ke pantai ini.

Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi ini. Anda penasaran berapa tiket masuknya? Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 2.000 per  orang. Murah meriah bukan?

6. Pantai Lakey

Pantai lakey, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu

Pantai lakey, Tempat Wisata di Kabupaten Dompu – Sumber : suaraNTB

Terakhir adalah Pantai Lakey, berada di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu. Pantai Lakey adalah pantai paling strategis untuk berselancar. Tiket masuknya pun cukup terjangkau, hanya Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Akses ke lokasi ini ditempuh dengan menyewa mobil sekitar Rp 600.000 dan langsung ke lokasi, atau menggunakan bus menuju Terminal Ginte biaya Rp 60.000 dan lanjut menyewa mobil dengan biaya Rp 200.000 untuk ke lokasi.

Itulah tadi 6 tempat wisata di Kota Bima yang bisa Anda kunjungi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply