Alam, City Tour, Daftar Wisata, Desa Wisata, Pantai

6 Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya

Tempat wisata di Tambolaka

Pantai Mandorak, Tempat wisata di Tambolaka - Foto by nativeindonesia.com

Tempat wisata di Tambolaka – Tambolaka adalah ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya Provinsi, Nusa Tenggara Timur. Sumba Barat Daya sendiri mempunyai potensi alam yang sangat indah. Nuansa asri serta tenang membuat Tambolaka menjadi tempat yang pas buat kamu beristirahat dan menyepi sejenak dari roda kesibukan kota-kota besar. Yuk kita simak

6 Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya

1. Pantai Kawona

Pantai Kawona, Tempat wisata di Tambolaka

Pantai Kawona, Tempat wisata di Tambolaka – Foto by Wisatasumber.net

Pantai Kawona merupakan salah satu Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya yang menyajikan panorama yang indah. Perlu waktu kurang-lebih dua jam dari ibu kota Sumba Barat Daya untuk menuju pantai ini menggunakan sepeda motor.

Walaupun akses menuju kesini cukup sulit tapi itu sebanding setelah kamu sampai di Pantai Kawona dan menikmati semilir angin serta indahnya laut dan pasir putih cantik.

2. Desa Adat Ratenggaro

Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya selanjutnya adalah Desa Adat Ratenggaro. Desa adat yang uni ini terletak di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Tambolaka. Ini salah satu kampung adat yang paling banyak didatangi wisatawan.

Lokasinya cantik berdekatan dengan Pantai Ratenggaro. Masyarakatnya juga sudah terbiasa menerima kedatangan wisatawan. Mereka menggelar berbagai suvenir mulai dari kain tenun hingga tas. Pengunjung yang datang ke Retanggaro bisa melihat kehancuran makam dari jaman megalitik, atau sekitar 4.500 tahun yang lalu.

Desa Adat Ratenggaro, Tempat wisata di Tambolaka

Desa Adat Ratenggaro, Tempat wisata di Tambolaka – Foto by Pedomanwisata.com

Berwisata di tempat ini, kamu akan mendapatkan dua destinasi sekaligus yaitu Pantai Ratenggaro yang merupakan perpaduan antara wisata alam dan budaya.

Pantai Ratenggaro memiliki ombak besar dengan long roll, dan sangat cocok untuk mereka yang suka surfing. Sayangnya, tidak ada fasilitas untuk aktivitas yang menantang ini.  Walaupun begitu Pesona pantai dan kearifan lokal Desa Adat Ratenggaro sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Baca Juga ya :

3. Bukit Lendongara

Bukit Lendongara, Tempat wisata di Tambolaka

Bukit Lendongara, Tempat wisata di Tambolaka – Foto by today.line.me

Bukit Lendongara adalah Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya selanjutnya yang wajib kalian kunjungi. Bukit Lendongara berada di Desa Karunni, Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Buat kamu para pengagum keindahan sunset dan sunrise sangat tepat untuk menuju tempat wisata ini.

Jika kamu penikmat sunrise maka datanglah sebelum subuh, sementara jika kamu penyuka sunset, datanglah dua jam sebelum matahari terbenam. Keindahan bukit savana yang berpadu antara warna hijau dan coklat sangat cocok untuk dijadikan tempat “semedi” dari gemerlap kota.

Akses menuju Bukit Lendongara cukup baik, beraspal sepanjang jalan meskipun di beberapa tempat terdapat sedikit kerusakan. Seperti layaknya perjalanan ke bukit, perlu menempuh jalan berliku dan mendaki. Untunglah tidak ada medan yang terlalu berat, baik tanjakan ataupun kelokan ekstrim untuk menuju Bukit Lendongara. Lokasinya pun tidak terlalu jauh. Memulai perjalanan dari Bandara Tambolaka ataupun Kota Tambolaka hanya perlu waktu kurang dari 30 menit.

So Guys….jangan lupa untuk luangkan waktu kesini kalau kamu datang ke Tambolaka, Sumba Barat Daya, dijamin kamu akan puas mengagumi mahakarya Sang Pencipta.

4. Pantai Watu Maladong

Pantai Watu Maladong, Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya

Pantai Watu Maladong, Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya – Foto by travelingyuk.com

Pulau Sumba adalah tempat yang tiada habisnya jika bicara soal pantai. Tengoklah daya magis di Pantai Watu Maladong yang sudah pasti akan memukau setiap wisatawan yang berkunjung ke sini. Pantai Watu Maladong juga menjadi salah satu Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya yang jadi tujuan utama wisatawan yang datang.

Panorama paling menonjol di pantai ini adalah pulau-pulau karang mini yang terpencar dari induknya. Pulau-pulau karang bak hidup dengan tutupan tumbuhan hijau dipuncaknya. Tumbuhan itu adalah tetumbuhan adaptif, bertahan dicelah-celah karang dan memberi warna kehidupan misterius di permukannya.

Pada bagian bawah bongkah batu karang ini terdapat celah-celah kecil, yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Pada celah-celah batu karang inilah para pengunjung dapat menjadikannya sebagai salah satu spot foto terbaik.

5.  Pantai Mandorak, Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya

Pantai Mandorak berada di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.  Pantai ini sangat indah, saat sedang terik, hamparan pasir putih yang diterpa cahaya mentari akan berkilau bagai mutiara serta dijaga oleh dua buah batu karang besar yang menjadi penahan ombak.

Kamu juga dapat berenang, tetapi harus tetap hati-hati karena bisa tersedot jika ombak cukup besar. Menikmati keindahan dari bibir pantainya pun sudah merupakan anugerah.

Pantai Mandorak, Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya

Pantai Mandorak, Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya – Foto by nativeindonesia.com

Menuju kesini, kamu harus menyewa mobil sendiri, dan biaya tiket masuk pantai lumayan mahal yaitu Rp. 50.000/mobil, karena masih dikelola oleh perseorangan. Kalau dari Tambolaka (ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya) ditempuh dengan berkendara 1,5-2 jam. Kalau dari Kampung Adat Ratenggaro hanya +/-30 menit. Yang harus kamu persiapkan adalah bekal makan dan minum.

Persediaan lain yang harus Kamu siapkan saat akan ke sini yakni permen dan coklat. Stok permen dan coklat sendiri diperlukan guna menenangkan anak-anak daerah pantai yang sering mendatangi para pengunjung untuk meminta uang.

6. Air Terju Pabeti Lakera

Jangan salah kawan, di Sumba Barat Daya, tempat wisatanya tidak melulu pantai tapi juga air terjun yang sangat menawan. Namanya Air Terjun Pabeti Lakera. Air Terjun Pabeti Lakera ini menjadi salah satu Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya yang juga tak kalah ngehitsnya.

Air terjun Pabeti Lakera yang berada di Desa Delo kecamatan Wewewa Selatan, perjalanan menuju kesini ditemani seribu bukit dan pohon-pohonnya yang begitu hijau membuat perjalanan semakin indah dinikmati para wisatawan.

Air Terjun Pabeti Lakera, Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya

Air Terjun Pabeti Lakera, Tempat wisata di Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya – Foto by merahputih.com

Pabeti Lakera memiliki empat tingkat air terjun. Di tingkat pertama, keindahan mulai terpancar dengan suguhan air terjun setinggi 6 meter. Di sana kamu bisa langsung mengabadikan momen indah dengan berswafoto sembari mengecap sejuknya air perbukitan.

JIka belum puas, beranjaklah ke Air Terjun Pabeti Lakera tingkat kedua. Jaraknya tak begitu jauh. Kamu cukup berjalan menurun melewati puluhan anak tangga dan pemandangan air terjun setinggi 23 meter akan menyambut kamu.

Di sana, kolam yang besar sangat memungkinkan kamu untuk berenang menikmati hari. Saran dari kami adalah, gunakan sepatu atau sandal gunung yang cocok digunakan di tempat licin. Jika tidak bisa berenang sebaiknya dipinggiran saja, karena ada beberapa bagian kolam yang cukup dalam.

 

 

 

 

 

Leave a Reply