Kuliner

6 Kuliner dan Makanan Khas Bima Nusa Tenggara Barat

Kahangga, Kue Rambut Jawada, Makanan Khas Bima

Kahangga, Kue Rambut Jawada, Makanan Khas Bima - foto wedaya.rey1024.com

Makanan Khas Bima – ima merupakan salah satu destinasi wisata populer di Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya didatangi wisatawan lokal, ternyata Bima juga diminati wisatawan asing. Keindahan alam menjadi salah satu alasan mengapa Bima menjadi sangat populer. Lokasi Bima yang berada di dekat laut membuat Bima punya keunggulan dari wisata bahari. Termasuk juga kuliner olahan lautnya.

Olahan kuliner yang unik dan khas Bima menjadi salah satu keunggulan saat berwisata kesini. Makanan Bima sangat beragam dan dikelompokkan menjadi empat bagian yaitu kelompok sayuran, kelompok lauk, kelompok sambal, dan kelompok makanan kecil atau kudapan. Ini belum termasuk nasi, loh!

Apa saja sih makanan yang enak ini? Simak untuk tahu lebih lanjut!

1. Uta Palumara Londe (Bandeng Kuah Santan)

Makanan Khas Bima yang pertama adalah Uta Palumara Londe. Dari namanya saja sudah terbayang betapa sedapnya makanan ini. Termasuk dalam golongan lauk, makanan ini berbahan dasar ikan bandeng. Bandeng diberi bumbu bawang merah, bawang putih, cabe, tomat dan kunyit.

Uta Palumara Londe makanan khas bima

Uta Palumara Londe makanan khas bima – foto tribunpontianak

Tak lupa juga disiram dengan kuah santan yang menambah rasa gurih. Ada satu lagi komponen yang membuat aroma khas yaitu daun kemangi. Wah pokoknya, ada perpaduan pedas, asam, dan gurih. Kuliner khas Bima ini bisa dijumpai dibeberapa warung makan khas Bima.

2. Uta Maju Puru (Daging Rusa Bakar)

Uta Maju Puru atau yang biasa disebut Daging Rusa Bakar adalah Makanan Khas Bima selanjutnya yang wajib kalian coba. Makanan kali ini sangat unik dan sulit ditemukan di daerah lain. Bisa dibilang, makanan ini termasuk kuliner yang langka. Hal ini karena bahan dasar yang khusus berupa daging rusa. Ya, hewan yang satu ini dijadikan kuliner lezat di Bima.

Uta Maju Puru, Makanan Khas Bima

Uta Maju Puru, Makanan Khas Bima – foto mbojonet.blogspot

Daging rusa diolah dengan cara di dendeng terlebih dahulu. Kemudian, daging rusa dibakar bersama dengan bumbu rempah sebagai pelengkap dan dibiarkan untuk beberapa saat. Rasa kuliner ini gurih dan lezat sehingga bisa dibilang ini jadi makanan favorit masyarakat Bima.

Baca juga : 6 Kuliner dan Makanan Khas Bajawa Kabupaten Ngada Provinsi Flores

3. Kahangga, Makanan Khas Bima

Kahangga merupakan kuliner khas yang termasuk pada golongan kudapan. Kahangga merupakan kue tradisional yang biasanya disajikan pada acara besar seperti hajatan. Kue ini berbahan dasar tepung beras, telur, garam, dan gula. Secara bentuk fisik kue ini telihat seperti retakan-retakan.

Kahangga, Kue Rambut Jawada, Makanan Khas Bima

Kahangga, Kue Rambut Jawada, Makanan Khas Bima – foto wedaya.rey1024.com

Dalam Bahasa Bima, retakan disebut sebagai kahangga dan itulah asal nama kue ini. Tekstur ini didapatkan saat adonan kue digoreng menggunakan cetakan yang berasal dari batok kelapa yang diberi lubang.

Saat ini kue kahangga sudah mulai berkembang. Tidak hanya ditemukan pada acara hajatan, kini sudah bisa ditemukan dengan mudah di pasar. Hal ini karena kue kahangga sudah lebih populer. Harganya pun murah hanya seribu rupiah untuk satu buahnya. Kuliner khas Bima atau Makanan Khas Bima yang satu ini merupakan menu wajib yang haru skalian coba saat datang ke Bima.

4. Sambal Tota Fo’o

Jika kamu pecinta sambal pasti wajib untuk mencoba makanan ini. Tota Fo’o merupakan olahan makanan yang berupa sambal unik khas Bima. Bahan dasarnya berupa cabai yang dicampur dengan mangga lalu diulek sehingga menjadi sambal.

Sambal Tota Fo’o

Sambal Tota Fo’o – foto steller.co

Tentu saja rasanya merupakan asam pedas yang berasal dari perpaduan mangga dan cabai. Sambal ini rasanya cukup pedas dan bisa bikin ketagihan jika kamu cocok dengan rasanya. Wah, pencinta makanan pedas bisa menguji diri sendiri nih dengan kepedasannya.

5. Bingka Dolu, Makanan Khas Bima yang menggugah selera

Makanan Khas Bima selanjutnya adalah Bingka Dolu. Makanan ini termasuk pada jenis kudapan atau lebih tepatnya kue basah. Keunikan kue ini terlihat dari bentuk dan warnanya yang menarik. Bahan dasar kue adalah tepung terigu, gula, telur, santan, garam, baking powder, dan tak lupa pemberi warna hijau alami yaitu daun pandan.

Bingka Dolu, makanan khas bima

Bingka Dolu, makanan khas bima – foto cookpad.com

Kue ini mudah dimakan karena teksturnya yang lembut. Ada varian lain dari kue ini yang berbahan dasar gula merah. Untuk mendapatkan kue ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mencarinya di pasar tradisional yang banyak menjajakan beragam jenis kue.

6. Uta Sepi Tumis

Satu lagi Makanan Khas Bima yang wajib dicoba adalah Uta Spi Tumis. Kuliner ini menjadi bagian lain dari kuliner laut khas Bima atau kuliner seafood khas Bima. Bahan dasar yang digunakan adalah udang-udang kecil. Udang kemudian ditumis bersama dengan bumbu rempah seperti cabai, asam, dan tomat.

Saat dihidangkan ditambah juga daun kemangi. Rasa makanan ini pedas, jadi cocok bagi kamu yang suka pedas. Makanan ini populer di kalangan masyarakat Bima jadi, tak boleh terlewat untuk dicoba.

Baca juga : 5 Pakaian Adat dari Provinsi Nusa Tenggara Barat

Itulah 5 makanan khas Bima, Nusa Tenggara Barat yang wajib kalian coba. Dari semua makanan itu, mana nih yang paling ingin kamu coba cicipi?

Leave a Reply