Alam, Daftar Wisata

6 Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma

6 Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma 1

Bendungan Seluma | Foto : sda.pu.go.id

Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma – Jika kalian berkunjung ke Bengkulu, maka tak lengkap rasanya bila tak menjelajah daerah lain yang memiliki tempat wisata yang tak kalah menariknya, seperti Tais Kabupaten Selumma. Menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu, kota yang terletak di pesisir Samudera Hindia ini memiliki berbagai tempat wisata menarik yang tak bisa kalian lewatkan. Beragam tempat wisata di Tais Kabupaten Seluma dapat kalian jumpai dan rasakan pengalaman yang menantang, dan membuat liburan kalian menjadi semakin menyenangkan.

6 Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma

Berikut merupaka 6 pilihan tempat wisata di Tais Kabupaten Selumma yang wajib kalian datangi ketika berkunjung ke daerah ini.

1. Pantai Seluma

Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma

Pantai Seluma | Foto : @pantaiseluma

Dengan letak geografis pada bagian barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat tempat wisata di Tais Kabupaten Selumma tak lepas dari pemandangan laut yang dimilikinya, yaitu Pantai Seluma. Pantai yang berjarak kurang lebih 12 km dari pusat Kota Tais ini merupakan salah satu wisata unggulan di Kabupaten Selumma. Pantai landai dengan pasir putih bersih dan sangat luas menyajikan berbagai spot dengan besar ombak yang bervariasi. Seperti tempat dengan spot ombak yang cukup besar, dapat kalian jadikan sebagai tempat untuk berselancar. Kalian juga dapat  menikmati pemandangan matahari terbenam di pantai ini yang dapat memperlihatkan keindahan Pantai Seluma yang sebenarnya. Lokasi Pantai Seluma berada di Desa Pasar Seluma, Kota Tais, Kabupaten Selumma.

2. Pantai Rawa Indah

Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma

Pantai Rawa Indah | Foto : www.tempatwisata.pro

Selain Pantai Seluma, tempat wisata di Tais Kabupaten Selumma juga memiliki Pantai Rawa Indah yang hanya berjarak 2 km dari Kota Tais. Dengan akses menuju pantai yang mudah dan berada dekat dengan pedesaan, membuat pantai ini menjadi destinasi wisatawan baik lokal atau luar Kabupaten Selumma. Banyak kegiatan yang dapat kalian lakukan di pantai ini, salah satunya dengan memancing dimana terdapat banyak ikan besar menghuni Pantai Rawa Indah ini. Sembari menunggu matahari terbenam, kalian juga bisa bersantai menikmati angin pantai atau pun bermain air pantai yang begitu luas. Pantai Rawa Indah berada di Desa Rawa Indah, Kecamatan Ilir Talo, Kabupaten Selumma.

3. Goa Lubuk Resam

Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma

Goa Lubuk Resam | Foto : jelajahkakiku.com

Salah satu tempat wisata di Tais Kabupaten Selumma yang tak boleh kalian lewatkan ialah Goa Lubuk Resam. Walaupun perjalanan menuju goa ini tergolong tidak mudah, tetapi pemandangan yang diberikan terbayar dengan usaha untuk mencapai lokasi ini. Goa yang berada tepat di sebelah sungai ini sudah berusia ratusan tahun dengan ornament didalamnya yang sudah mengeras. Kalian dapat bermalam di goa ini dengan menggunakan alas tidur saja karena permukan goa yang sudah datar, namun tetap harus waspada karena banyak hewan lain yang juga menjadikan goa sebagai tempat berlindung mereka. Apabila kalian menyukai berpetualang di alam bebas, maka Goa Lubuk Resam bisa masuk ke daftar perjalanan kalian. Lokasi goa ini berada di Desa Lubuk Resam, Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Selumma.

4. Bendungan Seluma

Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma

Bendungan Seluma | Foto : sda.pu.go.id

Tidak hanya tempat wisata pantai dan goa yang kamu jumpai sebagai tempat wisata di Tais Kabupaten Selumma, Bendungan Seluma dapat menjadi tujuan destinasi yang sayang jika dilewatkan. Dibangun pada tahun 1975 – 1980, bendungan ini memiliki areal 7.467 Ha untuk lebarnya yang berfungsi mengairi persawahan penduduk. Karena memiliki areal yang luas serta rindang, menjadikan bendungan ini sebagai ikon Kota Tais. Tidak hanya itu, airnya yang jernih membuat Bendungan Seluma sering dijadikan tempat pemandian alam dan wisatawan juga bisa memancing jika ingin merasakan memancing ikan air tawar. Bendungan yang biasanya ramai ketika menjelang sore hari ini berada di perbatasan antara Desa Lubuk Lintang dan Desa Lubuk Kebur, Kecamatan Seluma Kota, Kabupaten Selumma.

5. Air Terjun Puguk

Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma

Air Terjun Puguk | Foto : @dekyharianto9009

Tempat wisata di Tais Kabupaten Selumma lainnya ialah Air Terjun Puguk. Air terjun ini menjadi semakin menarik untuk didatangi karena aliran deras yang dimilikinya sehingga memenuhi kolam yang cukup luas dibawahnya. Selain itu, pemandangan alam yang ditawarkan oleh air terjun ini begitu menarik dimana air terjun memiliki tingkatan dengan pepohonan yang rindang mengelilingi lokasi, yang dapat membuat liburan kalian terasa lebih menyegarkan. Kalian juga bisa menikmati guyuran alami dari air terjun dengan duduk diundahan yang berada dibawah air terjun. Air Terjun Puguk berlokasi di Desa Puguk, Seluma Utara yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Tais.

6. Air Terjun Kroya

Tempat Wisata di Tais Kabupaten Selumma

Air Terjun Kroya | Foto : @jojo_hutagalung

Kalian juga bisa menikmati air terjun lain sebagai tempat wisata di Tais Kabupaten Selumma yaitu Air Terjun Kroya. Keindahan air terjun yang masih asri dan natural ini bisa membuat kalian betah untuk berlama-lama. Keunikan Air Terjun Kroya ialah termasuk air terjun yang belum tersentuh oleh tangan manusia yang membentuk air terjun menjadi objek wisatawan. Apabila kalian tiba di lokasi ini, kalian akan disambut dengan bunyi gemericik air, suara siamang hutan yang bersahut, serta sensasi keindahan alam yang masih terasa sangat alami, tak ketinggalan juga udara segar yang bisa membuat liburan kalian semakin menyenangkan. Lokasinya berada di Desa Talang Sebaris, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Selumma yang bisa kalian datangi dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Artikel Terkait

Leave a Reply