Daftar Wisata, Alam, Pantai, Taman

6 Tempat Wisata di Manna Bengkulu Selatan

6 Tempat Wisata di Manna Bengkulu Selatan 1

Pantai Bengkenang - Sumber : Instagram @indahjelita

Manna, merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Kabupaten Bengkulu Selatan sendiri berdiri pada tanggal 8 Maret 1949. Kota Manna merupakan ibukota dari Kabupaten Bengkulu Selatan.

Seperti kebanyakan wilayah lainnya, Kota Manna pun memiliki beberapa tempat wisata yang menarik dan menunggu untuk dikunjungi para turis baik lokal maupun mancanegara.

Namun sebebelumnya, Kota Manna seperti kota mati dikarenakan akses wisatanya banyak, tetapi tidak ada perhatian dari setiap kepala daerah. Hal inipun menjadi alasan pemerintah setempat untuk melakukan penataan kota menjadi lebih indah dan modern.

Berikut merupakan beberapa destinasi wisata Kota Manna yang bisa menjadi pilihan ketika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke kota tersebut:

1. Taman Merdeka Manna

Taman merupakan salah satu pilihan alternatif bagi banyak penduduk untuk menikmati waktu bersantai sejenak karena biasanya berkunjung ke taman tidak memerlukan biaya yang banyak serta pergi ke taman hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Taman Merdeka Manna berlokasi di Kampung Baru.  Lokasinya sangat strategis dan mudah ditemukan karena berada di pusat kota dan letaknya berhadapan langsung dengan kantor DPRD Kota Manna, sehingga bisa di jangkau oleh siapapun.

Selain berfungsi sebagai taman, Taman Merdeka Manna merupakan tempat nongkrong bagi masyarakat setempat. Karena sudah lama hadir, maka dijadikan sebagai referensi utama untuk tempat berkumpul bagi remaja dan keluarga di sore hari hingga malam.

Saat ini Taman Merdeka Manna sudah di tata rapi dan diterangi dengan lampu warna-warni yang di pasang di pohon-pohon. Sehingga sangat indah di lihat ketika malam hari. Sebelumnya beberapa mengatakan kalau Taman Merdeka Manna sedikit menakutkan kalau malam.

Selaku petugas yang berwenang atas ditatanya Taman Merdeka menyatakan bahwa berbagai fasilitas seperti penerangan, tempat wisata, tanaman, dan pondok, telah disediakan di tempat tersebut.

6 Tempat Wisata di Manna Bengkulu Selatan 2

Taman Merdeka Manna – Sumber : harianrakyatbengkulu.com

2. Tebat Rukis

Kawasan Tebat Rukis banyak dikunjungi orang baik itu siang ataupun malam karena sudah terkenal sebagai obyek wisata alternatif di wilayah Manna, Bengkulu Selatan.

Lokasinya berada di jantung kota dan pinggir jalan raya sehingga sangat mudah dijumpai. Tebat Rukis menyajikan ketenangan bagi pengunjungnya. Terlebih lagi lokasinya bersebelahan dengan tempat ibadah, yaitu Masjid Rukis.

Pengunjung yang memiliki hobi memancing, bisa berkungjung ke Tebat Rukis dan menyalurkan hobinya tersebut. Suasana yang tenang dan bisa menyalurkan hobi merupakan kenikmatan yang luar biasa dalam berwisata melepas penat sejenak. Selain itu, Tebat Rukis juga menyajikan spot foto yang menarik.

Di sini, wisatawan akan menemukan jembatan yang di bangun untuk menghubungkan pinggir kolam raksasa dengan sebrangnya. Jembatan inilah yang dijadikan spot foto favorit bagi para pengunjung.

Para masyarakat yang berkunjung pun di jamin tidak akan kelaparan karena banyak yang berjualan kuliner khas Kota Manna di dekat kawasan tersebut.

6 Tempat Wisata di Manna Bengkulu Selatan 3

Tebat Rukis – Sumber : wisatasia.com

3. Pantai Pasar Bawah

Pantai kerap kali dijadikan tempat wisata favorit bagi banyak khalayak dari berbagai kalangan sosial dan umur. Karena di pantai banyak hiburan yang bisa dinikmati. Selain karena bisa bermain air sepuasnya, para pengunjung juga bisa bermain pasir, duduk sambil menikmati sinar matahari, melihat matahari tenggelam, dan mencoba berbagai olahraga air.

Jika berkesempatan mengunjungi kota di selatan Bengkulu ini, Pantai Pasar Bawah merupakan salah satu spot wisata yang bisa didatangi. Lokasi dari pantai sesuai dengan namanya, pantai ini memang terletak di Pasar Bawah, Pasar Manna.

Meskipun tidak memiliki pasir putih, hanya hamparan tumpukan batu, hal tersebut tidak menghilangkan esensi keindahannya.

Pantai Pasar Bawah sering dijadikan tempat singgah bagi masyarakat yang sedang kebetulan melintas di kawasan Bengkulu Selatan. Karena lokasinya yang terbuka dan membentang, menjadikannya tempat yang menarik pengunjung.

Tidak hanya di hari libur dan hari besar, setiap harinya banyak pengunjung yang datang. Apalagi kalau sore banyak pasangan yang menikmati keromantisan tempat ini. Sering juga pengunjung di sore hari datang ke sana untuk menyaksikan sunset yang eksotik.

Jika ingin berkunjung jangan lupa untuk menyiapkan uang tiket masuk sebesar Rp. 10.000

4. Pantai Bengkenang

6 Tempat Wisata di Manna Bengkulu Selatan 4

Pantai Bengkenang – Sumber : Instagram @indahjelita

Masih dengan pantai, Pantai Bengkenang juga tidak kalah bagus dengan Pantai Pasar Bawah. Lokasinya berada di Tanjung Besar. Untuk masuk ke lokasi ini, para pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000

Pemandangan dari pantai ini sangat indah dan cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga. Terlebih lagi di sini banyak spot foto yang menjadikan salah satu tempat wisata favorit pengunjung.

Pantai Bengkenang juga menyajikan fasilitas tempat makan, parkiran yang luas, dan lokasi permainan untuk anak-anak. Banyaknya pohon kelapa yang tertanam di lokasi wisata ini, menjadikan angin banyak berhembus dan menyejukkan suasana.

5. Sungai Manna

Berwisata ke sungai mungkin tidak banyak di jumpai di kota-kota besar yang sudah banyak di bangun gedung-gedung bertingkat. Maka, jika berkesempatan pergi ke Kota Manna mungkin bisa mencoba berkunjung ke Sungai Manna yang menjadi salah satu tujuan wisata pilihan di kota tersebut.

Sungai Manna merupakan sungai yang layak di pakai untuk olahraga arung jeram karena arus yang menantang dan panorama alam yang indah.

Lokasi Sungai Manna terletak di Dusun Air Tenam, Desa Batu Aji, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Tidak hanya sebagai lokasi yang cocok untuk arung jeram, Sungai Manna cocok untuk para pelancong yang ingin melepas penat dari rutinitas karena menyuguhkan pemandangan yang indah.

Wisata Kota Manna

Arung Jeram di Sungai Manna – Sumber : Instagram @pagaralamoutbound

Untuk bisa mencoba arung jeram, pastikan datang antara pukul 09.00-16.00 dan membayar tarif sebesar Rp. 200.000-Rp. 400.000

6. Lubuk Supit

Untuk para wisatawan yang menyukai alam, pastikan datang ke Lubuk Supit yang terletak di Desa Sukarami, Kecamatan Air Nipis, Bengkulu Selatan.

Mencapai tempat ini butuh sedikit rintangan karena harus berjalan kaki dan menembus hutan belantara. Berjalan kaki dari tempat parkir ke Lubuk Supit membutuhkan 1,5 jam. Akan tetapi, pengunjung bisa menyewa ojek motor trail dengan biaya Rp. 100.000/ orang.

Semua itu nantinya akan terbayarkan dengan pemandangan alamnya yang indah, udaranya sejuk, dan airnya yang bersih serta dingin. Air tersebut memnbentuk kolam jernih yang bisa digunakan untuk berenang di alam liar dan terbuka. Airnya mengalir tenang dan jernih, serta berwarna hijau tosca.

6 Tempat Wisata di Manna Bengkulu Selatan 5

Lubuk Supit – Sumber : bengkuluinteraktif.com

Di sini para wisatawan bisa melompat dari ketinggian atau jumping cliff. Tempat untuk melakukan jumping cliff bervariasi, ada berbagai macam ketinggian. Mulai dari ketinggian 2 meter sampai 12 meter dari permukaan air.

Itulah beberapa tempat wisata di Kota Manna, Bengkulu Selatan yang bisa dijadikan referensi bagi yang ingin berkunjung ke sana.

Jika pergi ke Bengkulu jangan lupa untuk mengunjungi juga Tempat Wisata di Mukomuko dan Tempat Wisata di Kaur Bengkulu.

Leave a Reply