Alam, Daftar Wisata

6 Tempat wisata di Karang Tinggi Bengkulu Tengah

Tempat Wisata di Karang Tinggi

Pantai Sungai Suci, Tempat Wisata di Karang Tinggi - Sumber : backpackerjakarta

6 Tempat wisata di Karang Tinggi Bengkulu Tengah

Bengkulu sudah lama dikenal sebagai habitat bunga Rafflesia arnoldi. Di Bengkulu juga bisa memiliki pesona tempat wisata yang memanjakan mata terlebih di Bengkulu Tengah. Puluhan tempat wisata di Karang Tinggi yang  menarik dan indah. Yuk simak!

1. Taman Liku Sembilan

Tempat Wisata di Karang Tinggi

Taman Liku Sembilan, Tempat Wisata di Karang Tinggi – Sumber : kabarantau

Anda suka berwisata konservasi? Nah, Taman Liku Sembilan bisa Anda jadikan destinasi wisata favorit. Tempat wisata di Karang Tinggi ini memiliki luas kurang lebih 46 hektar. Taman Liku Sembilan ini menjadi jalan penghubung antara Kabupaten Bengkulu dan Kepahiang.

Taman Liku Sembilan sendiri sebenarnya merupakan sebuah hutan tropis yang dilengkapi dengan banyak sekali mata air. Di taman ini bisa menjadi habitat bagi flora dan fauna seperti monyet, harimau, bunga Rafflesia Arnoldi dan binatang endemic lainya.

2. Gunung Bungkuk

Tempat Wisata di Karang Tinggi

Gunung Bungkuk, Tempat Wisata di Karang Tinggi – Sumber : Evaljuni

Gunung Bungkuk atau Tebo Bulet adalah salah satu gunung dan tempat wisata di Karang Tinggi, Bengkulu. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 1.162 meter. Jika Anda penyuka pendakian, gunung ini bisa ditempuh dengan dua rute untuk menuju puncaknya yakni rute berbatu dan rute yang memiliki banyak tumbuhan liar.

Namun, Anda juga harus tetap hati – hati karena medan menuju puncaknya memiliki kemiringan yang cukup ekstrem yakni antara 45 – 50 derajat. Meskipun jalannya ekstrem dan melelahkan namun bagi penyuka climbing tentunya hal ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

3. Bukit Kandis

Tempat Wisata di Karang Tinggi

Bukit Kandis, Tempat Wisata di Karang Tinggi – Sumber : sajaksajakgagal

Tempat wisata di Karang Tinggi lainnya adalah Bukit Kandis yang pernah viral di media sosial. Bukit Kandis terletak di desa Durian Demang, Bengkulu. Masyarakat sepakat menamai bukit ini dengan nama pohon asam yang dulunya tumbuh di daerah ini.

Sayangnya, pohon – pohon asam tersebut menghilang karena adanya eksploitasi tambang bebatuan di wilayah perbukitan ini. Kini, Bukit Kandis mulai menarik perhatian masyarakat Indonesia karena pemandangannya yang asri.

Di area perbukitan ini juga memiliki kolam alami yang airnya sangat segar dan konon kolam ini airnya tak pernah kering meskipun musim kemarau. Menurut kepercayaan masyarakat, kolam alami ini merupakan tempat mandi siluman harimau penunggu Bukit Kandis.

Namun, sumber air Bukit Kandis ini sering dimanfaatkan untuk minum hingga masak para penambang batu saat berada di area bukit ini. Kolam alami ini juga sering dimanfaatkan untuk sumber air masyarakat saat tertimpa kekeringan.

Semakin cantik di kanan dan kiri kolam ini ditumbuhi dengan tumbuhan hijau. Anda juga bebas berkunjung kesini kapan saja karena biaya masuknya gratis. Menarik sekali, kan?

Baca Juga : Pecinta Alam Wajib Berkunjung ke 6 Tempat Wisata di Wanggudu yang Menawan ini!

4. Pantai Sungai Suci

Tempat Wisata di Karang Tinggi

Pantai Sungai Suci, Tempat Wisata di Karang Tinggi – Sumber : backpackerjakarta

Pantai Sungai Suci adalah salah satu tempat wisata di Karang Tinggi yang banyak disinggahi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pengunjung bisa dengan bebas menyaksikan pemandangan laut lepas sembari menikmati angin laut yang menyejukkan.

Tidak sampai disitu, keindahan pantai ini semakn menarik saat sore hari karena suasananya sangat sendu dan indah akan hadirnya matahari tenggelam. Sekedar informasi, tiket masuk ke tempat ini Rp 5.000,- per orang jika Anda menuju ke pantai dengan menyebrangi jembatan gantung.

Pantai ini juga dimanfaatkan sebagai spot pencarian batu alam atau batu akik karena di pantai ini memang banyak ditemukan batu – batu alam yang cantik sebagai mata perhiasan. Terdengar seperti harta karun memang. Nah, Anda tertarik berburu batu akik di Pantai Sungai Suci?

5. Benteng Coa Sako

Tempat Wisata di Karang Tinggi

Benteng Coa Sako, Tempat Wisata di Karang Tinggi – Sumber : bengkuluekspress

Beralih ke Benteng Coa Sako yang merupakan salah satu situs peninggalan bangsa Inggris ketika singgah di Bengkulu. Benteng Coa Sako berlokasi di Desa Tanjung Heran, Kecamatan Taba Penanjung, Bengkulu. Benteng ini ditemukan kembali pada tahun 2000 lalu oleh warga desa.

Namun, benteng ini rupanya masih belum dikelola dengan baik sehingga lokasinya masih sangat alami dan terkadang di area benteng banyak ditumbuhi rumput liar dan ilalang. Saat ini, untuk mengunjungi Benteng Coa Sako masih belum dikenakan tarif masuk karena memang masih belum dikelola dengan baik.

Baca Juga : Dari Pedas Hingga Segar, Inilah 6 Makanan Khas Rantau Prapat Labuhanbatu yang Wajib Anda Cicipi

6. Air Terjun Embun Bidadari

Tempat Wisata di Karang Tinggi

Air Terjun Embun Bidadari, Tempat Wisata di Karang Tinggi – Sumber : trepelin

Bagi Anda penyuka wisata air, Air Terjun Embun bisa Anda kunjungi karena disini tempatnya sangat bagus dijadikan spot foto. Air terjun Embun tepat berada di Desa Panembang, Kecamatan Merigi Kelindang, Bengkulu Tengah.

Ketinggian air terjun ini kurang lebih 20 meter dan airnya sangat bening. Tempat ini akan sangat untuk bermain air setelah menyisir ke dalam hutan. Ya.. air terjun ini memang terletak jauh tersembunyi dalam hutan.

Bagi pengunjung yang tidak tertarik bermain air di bawah air terjun, di tempat ini juga terdapat kolam dengan diameter 5 meter yang bisa digunakan untuk bermain air bersama keluarga.

Sementara itu, perjalanan menuju air terjun ini bisa ditempuh dengan jarak sejauh 36 km. Ketika sudah berada di Desa Bajak I Anda masih harus melanjutkan perjalanan sejauh 9 km menuju desa Penembang. Sesampainya ke desa Penembang, Anda bisa berjalan kaki selama 10 menit menuju area air terjun.

Nah, itulah keenam tempat wisata di Karang Tinggi Bengkulu yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Bengkulu. Anda bisa menyiapkan rencana liburan dari sekarang. Nah, manakah yang akan menjadi tujuan traveling Anda ketika di Bengkulu?

Leave a Reply